Geng Motor di Bandung

Oleh Mulyani

Mulanya kumpul-kumpul sesama pecinta motor, kemudian berubah jadi geng yang beranggotakan puluhan bahkan ratusan orang. Di jalanan, mereka membentuk
gaya hidup yang terkadang menyimpang dari kelaziman demi menancapkan identitas kelompok. Ngetrack, kebut-kebutan, dan tawuran adalah upaya dalam pencarian identitas itu.

KAWASAN Cilaki, Bandung, suatu sore. Matahari mulai menepi. Tak seluruh siluetnya jatuh ke jalanan. Kerimbunan pepohonan menghalanginya. Dalam teduh, tiga remaja terlihat sedang duduk-duduk. Mereka pelajar sekolah menengah atas yang sedang membunuh waktu, menunggu tibanya jadwal bimbingan belajar.

Dari kejauhan, sepeda-sepeda motor menderu-deru. Jumlahnya belasan. Mereka jalan beriringan. Pedalnya dibuat meraung-raung, walau kecepatannya tak lebih kencang dari pembalap paling bego sekalipun.

Mereka melintasi tiga pelajar itu. Mereka, seperti tiga pelajar itu, semuanya berseragam putih abu. Tapi kedua kelompok jelas dari sekolah yang berbeda, dan mungkin tak saling kenal. Sebagian pengendara menyembunyikan seragam putih-abu itu di dalam jaketnya.

Tepat di depan ketiga pelajar, salah satu pengendara motor terjatuh, seperti disengaja. Sontak saja teman-temannya melimpahkan kesalahan kepada tiga pelajar itu. “Maneh budak mana, tong macem-macem ka aing,” bentak salah satu pengendara motor itu. (Kamu anak mana, jangan macam-macam.)

Tiga pelajar tadi tak merespon. Merasa di atas angin, para pengendara itu melampiaskan kebinatangannya. Salah seorang mulai memukul. Dan ketika ketiga pelajar itu tak menunjukkan perlawanan, yang lain makin berani dan mulai ikut memukul. Adegan selanjutnya sudah bisa diduga, pengeroyokan tanpa alasan berlangsung dalam waktu cepat. Dua di antara tiga pelajar itu babak belur.

Antoni Adi Krisna, salah satu pelajar dari SMUN 9 Bandung , dipukuli bertubi-tubi. Darah segar mengalir dari hidungnya.  Pelajar lainnya dari sekolah yang sama, Muri Nugraha, dipaksa untuk menyerahkan barang berharga. Dompet pun melayang. Seorang lagi, Rizal Satria pelajar SMUN 2 Bandung, selamat dari aniaya itu. Ia mengambil langkah seribu.

Usai  beraksi, geng tadi berlalu. Seorang pengendara tak lupa berseru dengan pongah “Aing raja jalanan tong macem-macem ka aing.” (Aku raja jalanan, jangan macam-macam).

Suara knalpot memecah telinga, kemudian sunyi.

“Saya dan pedagang lain melihat kejadian itu, tapi tidak satupun di antara kami yang berani melawan mereka. Jumlahnya terlalu banyak,” Maryati, pemilik kios itu mengatakan kepada saya

Menurut Rita pengelola Daniel Bimbingan Belajar, Antoni Adi Krisna mengalami shock dan tidak ingin ditemui oleh wartawan. Demikian juga dengan orang tuanya yang tak ingin anak-anaknya terus terusan dijadikan bahan pemberitaan. “Ini tempat bimbingan belajar, jadi kami sangat menghormati pripasi pengguna jasa kami,” ujar Rita ketika saya meminta bertemu degan Antoni.

ADA masa-masa tak aman di jalanan Bandung. Geng motor, beranggotakan beberapa orang atau puluhan hingga ratusan, tak jarang bikin cemas.

Ajun Komisaris Besar Polisi Masyudi, Kepala Polisi Resort Bandung Tengah, termasuk yang jengkel atas perilaku mereka. Ia mengancam akan melarang keberadaan geng motor.

Bisa dipahami kalau Masyudi jengkel. Soalnya, menurut Inspektur Polisi Wadi Sa’bani, Kepala Unit Reserse Kriminal Polisi Sektor Bandung Tengah, kasus-kasus kriminal yang melibatkan geng sepeda motor belakangan ini menunjukkan kecenderungan meningkat.

Dalam satu tahun terakhir saja, kata dia, terjadi dua kasus setiap minggunya. Jumlah ini belum termasuk pengaduan dari masyarakat. Jenis kejahatannya beragam, mulai pencurian, tawuran, perampokan dengan kekerasan dan pengrusakan tempat umum.

 “Di
kota lain, aksi brutal para gengster tidak separah di Bandung, bahkan mungkin tidak ada,”ujarnya, menerka-nerka.

Sa’bani yang saya temui di kantornya mengungkapkan perilaku mereka didasari motif yang tak jelas. Bahkan, bukan sekadar kebutuhan ekonomi. Faktanya, banyak dari mereka berasal dari keluarga mampu. “Ada semacam kepuasan jika melakukan aksi melanggar hukum.”

“Kebanyakan dari mereka yang tercatat di kepolisian adalah anggota kelompok XTC.”

Menurut Sa’bani, di antara mereka tak sedikit residivis dalam kasus pencurian kendaraan bermotor.

Ada catatan buat si residivis itu. Salah satunya menimpa perempuan muda bernama Furwanti, 18 tahun. Tengah malam ia lewat di Jalan Laswi. Tiga motor dengan enam orang pengendara, melaju pelan di hadapan Furyanti.

Plat nomor motor mereka ditutupi plastik. Satu dari mereka memepet Furyani dan menempelkan sebilah golok di samping leher Furwanti. Hanya perlu sedikit gerakan untuk menyobek leher itu. Furwanti terkesima dan berhenti.

Dengan sewenang-wenang mereka merampas helm dan kunci kontak, lalu kabur dengan kecepatan tinggi. Belum habis teriakan Furwanti, beberapa polisi mendekati Furwanti kemudian langsung mengejar mereka. Nampaknya polisi telah mengintai mereka dari jauh.

Polisi hanya berhasil menangkap dua tersangka pelaku. Empat orang lainnya lolos.

***

KECENDERUNGAN perilaku mereka mengarah ke kriminal setidaknya telah berlangsung sejak tahun 1990-an lalu, tak lama setelah arena balapan di jalanan di
Bandung dijaga ketat aparat kepolisian. Jalanan yang sering digunakan untuk kebut-kebutan antara lain  kawasan Gasibu di Jalan Diponegoro, kawasan Dago dan Jalan Supratman.    

Arena kebut-kebutan tak lagi terlokalisasi. Mereka menyebar secara sporadis ke jalanan lain yang lolos dari pindaian polisi. Jalanan membawa hawa panas rupanya. Mereka tak sekadar kebut-kebutan, tapi juga tawuran.

Pada 1995, tiga pemuda dikerangkeng di balik penjara, karena terbukti bersalah dalam kasus tawuran antara geng Brigez dengan Binter Mercy. Satu orang anggota Binter Mercy tewas.

Saya berkunjung ke rumah Ilmanul salah satu anggota Brigez yang dinyatakan bersalah oleh pengadilan. Saya mendapat sambutan hangat darinya.  “Saat itu saya tidak tahu ada orang yang terbunuh, saya baru tahu dari koran keesokan harinya,” ujar Ilmanul meceritakan kepada saya.

“Dalam tawuran, kita tidak peduli berapa korban yang terluka atau yang terbunuh, yang penting saat itu bagaimana menyelamatkan diri dan teman-teman,” tambahnya.

Ilmanul dihukum dua  tahun penjara, sedangkan dua orang temannya masing-masing dihukum tiga tahun dan 2,5 tahun penjara. “Waktu itu memang kami bersalah, menggesek-gesekan samurai di depan mereka,” kata Ilmanul.

Yopi,  anggota GBR, mengisahkan tragedi paling mengerikan dalam hidupnya pada tahun 1998, ketika terjadi perang besar-besaran antara GBR dengan XTC yang melibatkan ratusan anggota geng motor di kawasan Dago. Lima orang meninggal dalam tragedi itu. Mereka mengenangnya dalam ungkapan “Dago Menangis.”

Yopi lulusan Universitas Pasundan Bandung  tengah mendirikan lembaga konsultan dalam bidang pangan. Ia memutuskan untuk tidak lagi ikut dalam kegiatan geng motor.

“Teman saya banyak yang meninggal, akibat tawuran dan OD (Over Dosis-red),”ungkapnya.

Wendy Prananda, juga anggota GBR, menyaksikan temannya sendiri kehilangan salah satu telinganya akibat dipotong lawan tawurannya. Tapi peristiwa-peristiwa itu tidak menjadi alasan untuk jera. Wendy menyukai dunia broadcast. Ia menjadi juru kamera di salah satu televisi lokal di Bandung. “Kami seperti keluarga, meski saya sudah jarang gabung, tapi soal kesetiakawanan gak pernah luntur,” kata Wendy ketika saya menemuinya di kantornya.

Tahun itu seolah menjadi titik klimaks aksi brutal mereka. Pertemuan antar geng sering jadi saat yang paling rawan gesekan. Nyawa berguguran dan melahirkan dendam tak berujung.

Samurai, jenis golok berukuran panjang yang biasa digunakan oleh kelompok Ninja di Jepang, menjadi senjata khas mereka. Tidak hanya saat tawuran, senjata ini biasa dipamerkan pada saat konvoi. Samurai dilepas dan ujung runcingnya digesekkan ke jalanan hingga memercikan cahaya api.

Senjata lainnya yang biasa digunakan yakni golok, stik soft ball, bom molotof bahkan senjata api jenis pistol. Tidak tahu pasti siapa yang menggunakan senjata api, namun dari penuturan sebagian anggota geng yang saya temui, semuanya pernah melihat teman satu gengnya menggenggam pistol atau malahan diancam dengan pistol.

Tragedi demi tragedi terus terjadi. Dendam terus berkecamuk, seperti snow ball.

“Tidak perlu ada masalah, pokoknya kalau ketemu, kami saling hajar,” kata Devi Makmur alias Felix, salah satu pentolan XTC. Usianya masih muda belum genap 30 tahun. Saya menemuinya di sebuah café tenda di Jalan Dipatiukur.

Kejadian paling hangat Agustus 2006 ketika  Brigez sedang konvoi ke daerah Garut. Tiba-tiba XTC melempari mereka dengan batu. Terjadi kejar-kejaran, lalu tawuran. Satu unit rumah dan mobil milik warga hancur.

“Permasalahan dengan XTC tidak akan pernah berakhir sampai kapan pun. Kami tidak pernah mewarisi dendam ini, tapi generasi selanjutnya akan tahu dengan sendirinya,” ujar Ilmanul kepada saya.

***


PERLU dibedakan antara geng motor dengan Club Motor. Geng motor adalah kumpulan orang-orang pecinta motor yang doyan kebut-kebutan, tanpa membedakan jenis motor yang dikendarai. Sedangkan Club Motor biasanya mengusung merek tertentu atau spesifikasi jenis motor tertentu dengan perangkat organisasi formal, seperti HDC (Harley Davidson Club), Scooter (kelompok pecinta Vesva), kelompok Honda, kelompok Suzuki, Tiger, Mio.

Ada juga Brotherhood kelompok pecinta motor besar tua.

Tapi kalau soal aksi jalanan, semuanya sama saja. Kebanyakan sama-sama merasa jadi raja jalanan, tak mau didahului, apalagi disalip oleh pengendara lain.

Ada empat geng motor yang paling besar di Bandung yakni Moonraker , Grab on Road (GBR), Exalt to Coitus (XTC) dan Brigade Seven (Brigez). Keempat geng itu sama- sama eksis dan memiliki anggota di atas 1000 orang. Kini mereka mulai menjalar ke daerah- daerah pinggiran Jawa Barat, seperti Tasikmalaya, Garut, Sukabumi, Ciamis, Cirebon dan Subang.

Kita mulai saja dengan Moonraker. Inilah konon ruh dari semua geng motor di Bandung. Moonraker lahir pada tahun 1978. Sel-sel komunitas ini, dirajut oleh tujuh orang pemuda yang sama-sama hobi balap.

Nama “Moonraker” diambil dari salah satu judul film James Bond yang kondang ketika itu. Awalnya mereka mengusung bendera berwarna putih-biru-merah dengan gambar palu arit di tengahnya. Namun, karena pemerintah Indonesia saat itu melarang ideologi tertentu yang identik komunisme (yang bersimbolkan palu arit), mereka lalu mengganti bendera kebanggaannya dengan warna merah-putih-biru, bergambar kelelawar. Gambar  ini mereka adopsi dari lambang “Hell Angel”, sebuah kelompok motor di Amerika Serikat.

Kelompok ini konsisten dengan sistem keorganisasiannya. Setiap tahun ada penggantian kepengurusan dan membuat program-program kerja. Struktur Organisasinya terdiri atas Divisi Balap, Panglima Perang (Paper), dan Tim SWAT atau regu penyelamat.

 “Panglima Perang” mungkin terdengar unik dalam sebuah organisasi pencinta motor. Istilah ini biasanya digunakan oleh lembaga keamanan atau kelompok bersenjata.

Di Moonraker sendiri,  Panglima Perang bertugas mengkoordinir anggota pada saat terjadi tawuran, atau sebagai pembuat keputusan pada saat terjadi bentrok dengan kelompok lain. Jika ada keputusan perang, informasi menyebar ke seluruh anggota paling lama dalam waktu 24 jam.

Bagi para pembangkang yang melanggar tata tertib organisasi, sudah disiapkan tempat yang mereka sebut dengan nama “Sel 13,” semacam mahkamah pengadilan.

Tempat ini paling dihindari oleh semua anggota. Jangan mengharap sebuah proses hukum layaknya sebuah lembaga pengadilan. Di sini para pembangkang itu akan mendapat penyiksaan dari senior-seniornya.

Kategori pelanggaran itu antara lain memakai dan mengedarkan narkoba, bertindak melanggar hukum dan menjalin hubungan kasih dengan sesama anggota Moonraker.  

Pengikut Moonraker semakin lama, terus membengkak. Kini tercatat anggotanya mencapai 1.400 orang, tersebar di berbagai wilayah.

Menurut Dandy Alfandy, salah satu pentolan Moonraker, sejak awal kelompok ini berorientasi pada balapan. Konflik dengan geng XTC (musuh terbesar Moonraker) pertama kali dipicu saat berlangsung kompetisi Road Race piala Djarum Super tahun 90-an. Persoalannya sepele saja, hanya senggol-menyenggol di arena balapan, entah siapa yang memulai.

Puncaknya, terjadi tawuran besar-besaran antara ke dua geng ini pada tahun 1999. Satu orang meninggal dunia pada peristiwa itu. Hingga kini dendam sejarah itu masih mengendap dari generasi ke generasi. ”Pernah ada upaya damai, tapi percuma saja. Sekali musuh tetap musuh,” ujar Dandy.  Saya berbincang dengan pemuda Dandy di kantornya.
Kini Ia membuka usaha penyedia jasa travel.

XTC punya anggota lebih banyak dari Moonraker. Siapa mereka? XTC atau Exalt To Coitus lahir pada tahun 1982 oleh 7 orang pemuda.Belakangan nama itu diganti menjadi Exalt To Creativity, karena nama semula agak berbau porno. 

Mereka membawa bendera berwarna paling atas putih-biru muda-biru Tua. Di tengahnya ada gambar lebah yang melambangkan solidaritas antar anggota. Bila salah satu di antara mereka ada yang diserang, maka yang lainnya akan membela.

Mereka kini mendirikan Sexy Road Indonesia, kumpulan gengster XTC se-Indonesia yang berpusat di Bandung, untuk memfasilitasi anggotanya yang sudah melebihi 10.000 orang.

Tak hanya Moonraker sebenarnya. Brigez dan GBR, juga menyatakan permusuhannya terhadap XTC. Brigez yang paling antipati terhadap geng yang satu ini. Asal muasal terjadinya permusuhan tidak jelas sampai sekarang. Namun, baik XTC maupun Brigez menyatakan perang satu sama lain hingga saat ini.

“Setiap gengster ingin menjadi yang nomor satu, kenyataannya kami memang yang paling banyak anggotanya,” ujar Ari Rinaldi, salah satu anggota XTC mencoba menjawab alasan mengapa XTC banyak dimusuhi oleh geng lain. Ari Rinaldi tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjajaran Bandung.

Pasukan ini juga memiliki Koordinator Perang, untuk mempermudah koordinasi jika terjadi tawuran atau pada saat akan melakukan perbutan wilayah. Perebutan wilayah  termasuk upaya dalam rangka memperluas daerah kekuasan dan meningkatkan prestise dikalangan gengster. Menurut Felix, penyerangan biasanya dilakukan diam-diam ke basis-basis lawan.

Anggota XTC, banyak anak-anak  dari lingkungan TNI atau Polisi. Tak heran, jika terjadi perang senjata api banyak beredar.   

“Kami punya koneksi dengan pihak kepolisian, jadi kalau ada urusan dengan polisi cepat selesai,” ujar Felix meyakinkan saya.

Saya menemui Luki, generasi kedua geng lebah ini di sebuah café di Bandung. Ia seorang Sarjana Hukum dan kini bekerja di salah satu lembaga formal. Tak diduga Luki dikawal oleh lebih dari 6 orang teman satu gengnya dan saya berada di tengah-tengah mereka. Mereka bersikap sopan dan menunjukkan keinginannya berbagi cerita dengan saya. Saat itu saya seperti berada dalam acara talkshow, karena harus membagi kesempatan semua untuk bercerita. Bahkan saya sempat mendapat tawaran untuk menjadi ketua geng, wuaduh

“Kami ini kumpulan anak-anak nakal makanya masuk geng motor, kalo mau jadi anak baik-baik lebih baik masuk pesantren saja,” ujar Iskandar, laki-laki paruh baya. “Kerjaan kami ya hura-hura, bersenang-senang,” tambahnya.

Lalu, mengapa geng motor identik dengan kekerasan?

“Itu karena aparat  yang menciptakan. Mereka sering main gebuk sembarangan. Kami memang sering merampas motor milik geng lain saat bentrok, istilahnya rampasan perang. Tapi motor itu langsung kami bakar, tidak dijual atau dimiliki oleh salah satu dari kami,” kata Iskandar.

“Mungkin bagi polisi tindakan itu termasuk kriminal, tapi menurut kami bukan,”tambahnya.

Iskandar termasuk pentolan XTC, ia juga ketua sebuah lembaga yang bergerak di bidang penyediaan jasa pengamanan, Bodyguard Security Service (BOSS). Markas BOSS dulu sering dijadikan tempat nongkrong anak-anak XTC.

Dalam pertemuan itu, ketua XTC Avi Vabio akrab dipanggil Pepi, juga ada. Usianya jauh lebih muda. Ia ternyata salah satu karyawan bank berplat merah di Jawa Barat.  Ia tak banyak banyak bicara, bahkan pertanyaan-pertanyaan yang saya lontarkan kepadanya justru banyak dijawab oleh Luki.

Saya memutuskan menemui Pepi lagi. Kami bertemu di tempat yang sama keesokan harinya. Pepi membawa tiga orang kawannya. Dadan salah seorang di antaranya mengatakan bahwa telah terjadi selisih paham di atara anggota XTC sendiri. “Ada kelompok yang berusaha memanfaatkan massa XTC untuk kepentingan politik. Padahal harapan kami, ada ruang untuk berkreatifitas,” ujarnya. Malam itu Dadan membawa anak laki-lakinya yang masih berusia sekitar 2 tahun.

Pepi mengaku sering diajak berunjukrasa dengan iming-iming uang. “Kami bahkan pernah terlibat dalam tim sukses Aa Tarmana, kandidat Walikota Bandung, tapi kalah,” kata Pepi.

“Beberapa partai politik pernah meminta massa dalam jumlah tertentu untuk kampanye. Pada pemilu 2004, partai Demokrat juga meminta massa. Biasanya kami dibayar per kepala, ya lumayan lah..”

Beberapa hari lalu mereka juga mengirim 200 motor pada perayaan ulang tahun Partai Demokrasi Pembaruan di Lapangan Gasibu Bandung.

Tidak menutup kemungkinan pada kampanye-kampanye atau unjukrasa itu bertemu dengan geng motor lain. Tapi kalau dalam urusan ini, mereka memilih damai.

Pertengahan 2003, XTC melakukan penyerangan sensasional. Mereka menyerang kantor Kepolisian Wilayah Kota Besar (Polwiltabes)
Bandung. Semua anggotanya tumpah ruah mengepung kantor Polwiltabes. Mereka kecewa karena tidak diberi izin pada saat mau mengadakan bakti sosial, akibat ada kesalahpahaman antara poilsi dengan panitia.

Polisi tak bisa berbuat banyak menghadapi ribuan
massa yang memadati Jalan Merdeka sepanjang kurang lebih 3 Kilo Meter. Beberapa orang yang dituduh provokator ditahan di kantor Polwiltabes
Bandung. 

“Kalau gak ada XTC ya gak rame, gak akan terjadi perang,” Iskandar menambahkan. Tapi ia menitip pesan untuk para aparat:  “tolong rangkul kami, masa GAM dengan RI saja bisa berdamai?”

TAHUN 1980-an juga ditandai kelahiran Brigez dan GBR.

Brigez lahir di SMUN 7 Bandung,  sesuai dengan namanya Brigade Seven. Sejak masih embrio pada tahun 80-an geng ini merupakan rival terberat XTC. Awal terbentuknya tak lebih dari hanya sekadar kumpul-kumpul biasa. “Kami hanya ingin bebas menjalankan motor, tidak pakai helm, tidak pakai lampu apalagi rambu-rambu,” kata Ilmanul, salah satu pendiri Brigez.

Dulu geng ini hanya beranggotakan tidak lebih dari 50 motor. Kini pengikutnya mencapai ribuan motor dan tersebar di berbagai daerah di Jawa Barat. Sistem pengorganisasiannya tidak jelas. Tidak ada pengurus, hanya ada ketua yang bertugas mengkoordinir saja.

Warna bendera negara Irak tanpa huruf Arab di tengahnya, menjadi lambang identitas kelompok ini dengan kelelawar hitam sebagai simbolnya.

Nama Brigez  acapkali diplesetkan menjadi Brigade setan atau Brigade Senja, karena mereka sering nongkrong bersamaan dengan kepulangan sang surya.

Berbeda dengan XTC, Brigez identik dengan sikap anti birokrasi. Mereka menolak bersimbiosis dengan lembaga plat merah atau ormas bentukan kelompok politik tertentu. Menurut Ilmanul, lamaran dari Ormas Pemuda Pancasila untuk bergabung, ditolaknya mentah-mentah. Kalau pun ada anggotanya yang menjadi kader partai, itu lebih bersifat individu dan tidak membawa bendera Brigez.

Bersamaan dengan Brigez, muncul pula Grab on Road (GBR). Yang berbeda, geng ini dilahirkan di lingkungan SMPN 2 Bandung. Mereka tak rikuh kebut-kebutan, sekalipun banyak yang belum pegang surat ijin mengemudi.

Kelompok ini mengidentifikasi diri dengan segala sesuatu berbau Jerman, paling tidak warna benderanya hitam-merah-kuning (urutan dari atas ke bawah).

Meski lahir di SMPN 2 Bandung, anggota GBR beragam. Bukan hanya siswa atau alumni sekoah itu saja, tapi kalangan umum lain.

Saya menemui Supiana, Pebina Urusan Kesiswaan SMPN 2 Bandung. Ia menolak sekolahnya diidentikan dengan  geng. “Tidak ada fakta bahwa GBR berdiri di SMPN 2,” ujarnya. Namun ia membenarkan halaman sekolahnya dijadikan tempat bergerombol pada sekitar tahun 80-an.

WENDY Pranandha, anggota geng GBR, mengatakan keinginannya masuk geng karena pengaruh lingkungan. “Saya terpaksa masuk geng karena 80 persen siswa SMP 2 saat itu anggota geng GBR, selain ingin coba-coba.”

Dari Wendy dan beberapa anggota lain, saya punya kesan bibit anggota geng sepeda motor di Bandung dipupuk mulai usia belasan tahun, bahkan itu tadi, sejak mereka duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP).  Banyak sekolah-sekolah menjadi basis mereka.  Seperti SMUN 7 terkenal sebagai sarangnya Brigez, SMU BPI sarangnya XTC dan SMP 2 tempat lahirnya GBR.

Labelisasi geng motor terhadap sekolah tertentu mempengaruhi  pilihan para calon siswa ketika menentukan sekolah mana yang akan mereka pilih. Siswa yang sudah memiliki keterikatan dengan geng tertentu semasa duduk di SMP, akan memilih SMU yang merupakan basis geng asalnya.

Sedangkan siswa yang netral justru akan menghindari sekolah-sekolah yang identik dengan geng. Bisa juga karena kehawatiran orang tua sehingga dimasukkan ke sekolah yang lebih bersih dari geng. Meski demikian banyak  siswa dan orang tuanya yang tidak terpengaruh dengan isu ini.

Pihak sekolah SMUN 7 Bandung, tempat bersarangnya  Brigez, dulu kewalahan menghadapi mereka. Setiap hari ada saja ulah mereka,  mulai malak (meminta uang dengan paksa) teman-teman sekolahnya, hingga mengancam para guru. Uang diistilahkan oleh mereka dengan sebutan “sumsum.”   

Wakil Kepala Sekolah SMUN 7 Bandung Sucipto, pernah diajak berkelahi oleh para anggota geng. Sucipto memang getol memerangi mereka.Ban motornya sering kedapatan bocor atau namanya menjadi mozaik di tembok-tembok sekolah dengan tulisan kasar dan mengejek.

Pada 1999, SMUN 7 melakukan pembersihan terhadap gengster. Spanduk-spanduk anti geng, pembersihan tembok-tembok dari coretan “Brigez” dilakukan dalam tempo singkat. Lalu pihak sekolah memutuskan untuk mengeluarkan siswa yang terlibat geng.

Meski demikian, setiap tahun ada saja bibit Brigez yang tumbuh.

Dilarang di sekolah, mereka mengeruhkan jalanan. Di jantung kota, di pasar-pasar, di daerah pertokoan, jembatan, di gedung sekolah, gedung pemerintahan, taman kota, dimana-mana di kawasan Bandung pasti terdapat coret-coretan. Medianya bisa tembok, papan, batu, seng atau apapun yang bisa menjadi media tulis.

Sekilas, coretan-coretan itu tidak bermakna apa-apa. Kalau diperhatikan coretan-coretan itu bertuliskan nama-nama geng motor. Yang paling banyak ditemui adalah tulisan Brigez, XTC, M2R dan GBR . Bukan hanya di kota Bandung, di daerah-daerah pinggiran pun, banyak beredar tulisan-tulisan semacam itu.

Sepertinya memang sepele. Tapi dari coretan itu bisa terjadi pertumpahan darah. Tulisan nama geng di tembok di wilayah tertentu, menandakan wilayah kekuasaan geng itu. Tulisan nama geng juga berarti kebanggaan bagi geng tersebut.

Masalah muncul jika dalam sebuah dinding terdapat nama salah satu geng, tapi kemudian ada yang mencoret dan diganti dengan nama geng lain. Ini adalah salah satu pemicu terjadinya tawuran antar geng.  “Kalau ke luar kota, kami pasti menyempatkan mencoret dinding, itu menandakan bahwa kami pernah ke tempat itu dan itu adalah kebanggaan,” kata Ilmanul

Bagi para geng coret-coret dinding itu memicu adrenalin. Mereka harus berhadapan dengan aparat keamanan pada saat beraksi. Lebih dari itu mereka  harus berhadapan dengan geng lain yang menguasai wilayah setempat.

MASUK ke dalam komunitas ini tidak cuma-cuma. Calon anggota Moonraker, misalkan, tak jarang diwajibkan mengendarai motor tanpa rem dari Lembang hingga Jalan Setibudhi Bandung. Jaraknya sekitar 15 kilometer.

Kalau tidak disuruh ngebut tanpa rem, anak baru dipaksa berkelahi dengan seniornya.

Pendeknya, mereka tampil pada panggung kehidupan sosial dengan menawarkan model-model kekerasan. Diakui atau tidak, itulah pola yang terbentuk melalui berbagai gerakan yang mereka tampilkan. Tindakan kekerasan seperti  kebutuhan spritual untuk membentuk identitas kelompoknya.

 “Tindakan melanggar hukum memang ada, hanya agar orang lain tahu bahwa kami ada,” kata Ilmanul, anggota Brigez itu.  Ia kini berusia 27 tahun dan kini berwiraswasta. “Kalau soal membuka jalan dan memukul spion mobil orang, itu biasa dan sering dilakukan pada saat konvoi. Ada juga  yang mencuri, tapi uangnya digunakan rame-rame untuk pergi keluar kota atau konvoi,” tambahnya.

Setiap geng memang tidak membenarkan tindakan itu, tapi ada tradisi yang tidak tertulis dan dipahami secara kolektif  bahwa tindakan itu adalah bagian dari kehidupan jalanan. Apalagi jika yang melakukannya anggota baru yang masih berusia belasan tahun. Mereka “mewajarkannya” sebagai salah satu upaya mencari jati diri.

Yopi, anggota GBR berusia 25 tahun, punya pengalaman yang membuat jantungnya bertabuh. Pada suatu malam di Jalan Cihampelas, dia bersama seorang temannya menghadang dan mengancam seorang pengendara motor. Setelah berhasil mematahkan keberanian orang itu, ia dan temannya justru bingung mau melakukan apa. Akhirnya keduanya sepakat untuk mengambil uang secukupnya dari dompet korban, lalu kabur sekencang-kencangnya.

“Deg-degan, tapi puas karena gak tertangkap polisi,” kenang Yopi seraya tersenyum lebar.

Ada juga inisiasi yang lain. Untuk menjadi anggota senior, misalkan. Ia tidak cukup dengan berapa lama dia bergabung di geng itu, tapi butuh pembuktian bahwa orang itu berani melakukan hal yang paling beresiko sekalipun. Semakin tinggi resiko yang dia ambil, semakin tinggi pula penghormatan atas dirinya

Senior adalah kedudukan penting bagi geng. Seorang senior mempunyai keleluasaan dalam hal apapun. Ia juga mempunyai hak menentukan keputusan terhadap para junior. Kedudukan senior bahkan lebih tinggi di atas ketua geng. Senior bisa memutuskan salah atau benar dan menghukum junior dengan caranya sendiri.

Wendy Pranandha, anggota GBR, mengatakan peran senior amat menentukan. Sekali saja ada anggota yunior tidak kelihatan kumpul wajib  setiap malam minggu, si senior akan menghajar sesuka hatinya, tak peduli  alasan apapun.

Kekerasan seolah mewakili spirit mereka. Mungkin juga mereka menganggap itu pilihan 
gaya hidup. [end]

About these ads

128 Comments (+add yours?)

  1. Ericbdg
    Sep 17, 2007 @ 16:19:38

    Wah, terima kasih atas ditulisnya artikel inih, saya memang lagi nyari-nyari iseng tentang geng motor di bandung, buat riset iseng untuk cerpen.
    Terima kasih ya.

    Reply

  2. dimas
    Sep 19, 2007 @ 06:28:48

    yupsssss
    kalo menurut gw xtc emang segala2nya dikota bandung,,,dulu gw juga termasuk barudak xtc,,solidaritas kami lebih ketat jadi jgan pernah hilanh xtc

    Reply

  3. moja
    Oct 02, 2007 @ 08:44:09

    memeng gakan abis ceritanya.,.,.,. pasti turun menurun.,.,. kadang di atas kadang di bawah.,.,.,.,., tapi jatidiri !!!!! hargadiri !!!! yg memaksakami untuk kembali turun ke jalan kami lebah bila kami di usik kami bertindak. sebaliknya untuk kami yg berada di daerah cimahi sudah mulai dengan istilah ” dia jual kita beli”

    Reply

  4. The PepZ
    Oct 06, 2007 @ 15:51:12

    Ass Wr Wb…..

    To all Sexy Road members….jgan percaya dengan segala hasutan-hasutan yang penting tetap bersatu untuk perubahan menuju perbaikan.Genkster juga manusia punya rasa punya hati,buktikan bahwa kita bisa berubah!!!!ulah raribut wae,urang duduluran euy!jgn peduli dgan nama buruk yg penting ada kemauan berbuat kebaikan.
    Himbauan ini khusus untuk yang merasa anak XTC…!!!

    Reply

  5. bima
    Oct 21, 2007 @ 09:26:08

    Menurut saya terkadang geng bertindak semaunya sendiri,dimana orang yg tidak tau menahu menjadi sasaran. apakah itu benar jawabanya pasti tidak.
    Apakah untuk menjaga harga diri harus bertindak brutal tentu tidak. intinya saya tidak setuju dengan adanya geng apaun alasanya.

    polda metro jaya

    Reply

  6. Michele
    Oct 21, 2007 @ 11:49:02

    Yang namanya Geng itu adalah kelompok anak nakal, dimanapun geng tidak ada yg benar. maunya menang sendiri, sok jago dan over acting, maksudnya biar di pandang sebagai jagoan. Tapi pada dasarnya beraninya cuma kerubutan tidak berani sendirian alias PENGECUT.
    Geng adalah gerombolan anak PENGECUTTTT.

    orang yang tidak tau menau kadang di siksa. dasar orang tolol.

    Reply

  7. Pasundan@899
    Oct 23, 2007 @ 04:40:49

    Saya merasakan apa yang rekan-rekan di bandung rasakan, tapi alangkah baiknya apabila kita berusaha untuk menjadi lebih baik, menghargai sesama, dan memberikan yang terbaik bagi tanah priangan, BRAVO PERSIB…. punten upami tos seueur carita. wassalam. Wr.Wb

    Reply

  8. Pasundan@899
    Oct 23, 2007 @ 04:46:35

    Assalamu Alaikum Wr.Wb
    Salam semuanya untuk para bikers di Bandung, marilah kita berbuat sesuatu untuk Bandung tercinta melalui media yang tidak melanggar hukum, kita hormati sesama, kita bangun Bandung menjadi kota yang GEMAH, RIPAH, REPEH, RAPIH menjadi ikon jawa barat. BRAVO PERSIB…..

    Reply

  9. Joe
    Oct 23, 2007 @ 08:01:13

    Interesting to read, saya kagum cara penulisan Teh Mulyani Hasan ini, kalo di visualisasikan sebagai documentary video or mungkin kalo di film in..menarik banget Geng motor ini, once again great article your wrote.. (0_0)…

    Salam

    Joe

    Reply

  10. X-MARVEL-TC (XTC CIREBON)
    Oct 24, 2007 @ 06:56:34

    salam XTC SEXY ROAD…….

    menurut gw sich geng terbesar di indonesia adlh XTC buktinya,jmlhnya angotanya dah nyampee 10000 lebih sedangkan “MOONREKER” masih skitar lebih lebih kurang 5000,”GRAB ON ROAD” masih skitar lebih kurang 6000.”BRIGADE TO SEVEN” masih skitar lebih kurang 5000…
    makanya gw ambil k simpulan klu XTC adlh geng ter besar d indonesia…
    gw jg salah satu anggota “XTC SEXY ROAD” solidaritasnya amat kuat ‘n sangat stiakawan…

    salam XTC SEXY ROAD…

    Reply

  11. CyberColombuzz
    Oct 24, 2007 @ 08:28:36

    Artikel yang bagus… Mengangkat topik yang kadang ada tapi sering dilupakan. Sekarang gini aja deh, daripada buat geng-gengan mendingan buat komunitas buat memajukan bangsa ini supaya gak terus-menerus terpuruk. Geng motor hanya akan menambah beban kerja aparat dalam mewujudkan kota yang tenteram. Image Bandung Paris van Java akan tercoreng dengan adanya geng motor yang cenderung tidak tertib dengan komunitasnya. Mana polisi pada diem aja… Duh… lieur ah. Daripada buat geng motor mendingan tuh motor dijual trus beli kasur yang empuk trus tidur deh… Gitu aja kok cepot eh… repot… :D

    Reply

  12. deta
    Oct 24, 2007 @ 08:45:34

    Untuk para anggota geng motor yang sering berbuat zolim, yang sering berbuat kekerasan, insyaflah kalian sebelum ajal menjemput. Karena SAKARATUL MAUT itu sungguh sakit…300 KALI SABETAN PEDANG….belum lagi SIKSAAN KUBUR yang sangat pedih….Nauzubillahi min dzalik….
    PINTU TOBAT MASIH TERBUKA selama ruh masih ada didalam tubuh, dan selama malaikat maut belum menjemput…. Insya Allah… Amin…

    Reply

  13. Prabu Siliwangi
    Oct 25, 2007 @ 05:41:27

    GENG TAI ANJING….
    XTC, GBR, M2R, BRIGEZ…
    TAI KABEH…
    BUBAR AJALAH… GAK ADA GUNANYA KALIAN IDUP.
    HANYA MENYUSAHKAN ORANG LAIN AJA…

    Reply

  14. hoho
    Oct 25, 2007 @ 09:52:51

    geuningan kieu ? kumaha kolotna ?

    Reply

  15. mako
    Oct 26, 2007 @ 06:16:00

    “Tindakan melanggar hukum memang ada, hanya agar orang lain tahu bahwa kami ada,” kata Ilmanul, anggota Brigez itu. Ia kini berusia 27 tahun dan kini berwiraswasta. “Kalau soal membuka jalan dan memukul spion mobil orang, itu biasa dan sering dilakukan pada saat konvoi. Ada juga yang mencuri, tapi uangnya digunakan rame-rame untuk pergi keluar kota atau konvoi,”

    Yopi, anggota GBR berusia 25 tahun, punya pengalaman yang membuat jantungnya bertabuh. Pada suatu malam di Jalan Cihampelas, dia bersama seorang temannya menghadang dan mengancam seorang pengendara motor. Setelah berhasil mematahkan keberanian orang itu, ia dan temannya justru bingung mau melakukan apa. Akhirnya keduanya sepakat untuk mengambil uang secukupnya dari dompet korban, lalu kabur sekencang-kencangnya.

    “Deg-degan, tapi puas karena gak tertangkap polisi,” kenang Yopi seraya tersenyum lebar.

    note :

    moga moga bukan mencuri uang atau memalak uang saat tengah malam padahal tu uang buat biaya obat atau rumah sakit anaknya yang ada di RS. (kasian seperti itu). padahal uang itu dari hasil ngutang sana sini.

    ingat.. saat ini masih kuat masih hebat, tp tunggu nanti jk sudah tua … liat anak atau istri kalian jika ternyata hal yang pernah kalian lakukan di masa lalu terulang kepada orang orang yang kalian cintai ?

    duh ya Allah. Umat mu .. Ciptaan Mu .. Berbuat Mungkar Di Muka Bumi.

    Ya Allah .. tolong percepat Kiamat Besar, agar mereka tau siapa yang sebenarnya RAJA di muka bumi ini.

    Reply

  16. ryo
    Oct 26, 2007 @ 07:34:45

    gue inginnya hidup tanpa gengster

    Reply

  17. ryo
    Oct 26, 2007 @ 07:58:12

    izin download yah, buat bahan obrolan dan diskusi bareng temen

    Reply

  18. deta
    Oct 29, 2007 @ 08:26:21

    Saya setuju dengan komentar 14 (mako). RAJA DI MUKA BUMI INI hanyalah ALLAH SWT. ALLAHU AKBAR!! ALLAHU AKBAR!!

    Reply

  19. Rex
    Oct 31, 2007 @ 07:12:17

    Udah bozen idup yach yg namanya genk motor…!!!
    Kalo bozen idup jangan sakiti & ganggu orang laen,sakiti dirimu sendiri..Apa rasanya?Seperti itulah yg dirasakan orang2 yg pernah kau aniaya..Dasar Sampah,Anjink,Asu,Babi,Bangsat,Sialan,Goblok,Tolol,Tambuk,sekotor-kotornya kotoran & segala laknat untuk mereka yg tidah punya otak mengganggu ketenangan masyarakat..

    Kepada penulis tolong disertakan dokumentasi berupa foto mereka biar semua orang tau ciri2 mereka dan dapat menghindari mereka..!!!!

    Rex

    Reply

  20. vy
    Nov 04, 2007 @ 05:50:17

    dah lahh gag usah ada gank motor…
    gag penting bangett sihh !!!
    gara2 kalian para xtc ,,nama sekolah saya ancurrrrrrrrrrrrrr…

    Reply

  21. vy
    Nov 04, 2007 @ 05:51:56

    dah lahh gag usah ada gank motor…
    gag penting bangett sihh !!!
    gara2 kalian para xtc ,,nama sekolah saya ancurrrrrrrrrrrrrr…
    brengsek smwaa !!!!!!!!

    Reply

  22. BasmiGengMotor
    Nov 07, 2007 @ 02:01:54

    Buat pihak-pihak yang ingin melacak keberadaan XTC, Brigez, Moonraker, dan GBR, silahkan lacak di situs freindster. Banyak begundal2 geng motor pasang aksi disitu. Mungkin datanya bisa dilacak oleh pihak aparat (bisa bekerja sama dengan pengelola warnet atau ISP), terdapat pula foto2 mereka yang dapat digunakan untuk identifikasi. Buat pihak sekolah bisa juga mencari tahu apakah ada siswanya yang terlibat geng motor melalui pencarian di situs tersebut. Beberapa link yang dapat digunakan untuk melacak:

    http://profiles.friendster.com/43959342

    http://www.friendster.com/usersearch.php?page=0&usearch=Grab+on+Road&country=ID&location=&distance=

    http://www.friendster.com/usersearch.php?page=0&usearch=Moonraker&country=ID&location=&distance=

    http://www.friendster.com/usersearch.php?page=0&usearch=Brigez&country=ID&location=&distance=

    http://www.friendster.com/usersearch.php?page=0&usearch=XTC&country=ID&location=&distance=

    Reply

  23. ferdoku
    Nov 07, 2007 @ 09:24:22

    kereeeeeeeeeeeeeen dan lengkap …trims atas artikelnya…

    Reply

  24. PHB
    Nov 07, 2007 @ 09:34:52

    Para anggota geng motor seperti yg diceritakan diatas adalah sebuak kegagalan produk pendidikan di INdonesia. mereka adalah orang2 bodoh dan sukses menggambarkan low-educated citizen di indonesia. Mereka tidak sadar, mereka mungkin bisa lari dari hukum, tapi mereka tidak bisa bersembunyi dari hukum di liang kubur. Semoga mereka diberi jalan yg terang menuju kebenaran dan kebajikan.saya kasihan sama mereka, banyak yg mereka kecewakan, termasuk didalamnya ibu mereka.
    Teman2, sadarlah sebelum terlambat.

    Reply

  25. Prabu Siliwangi
    Nov 07, 2007 @ 11:12:27

    XTC= eX Tukang Catut
    GBR= Goblok Bego Ripuh
    BRIGEZ= Bring kaditukadieu Gelo Ziah
    M2R=Memek Randa

    HAHAHAHAHHAA
    IRAHA ATUH KALIAN PADA GARELUT DEUI…
    SOK AH DIANTOS LALAKONA…
    MEH TEREH PARAEH…
    MEH BANDUNG GENAH TUMANINAH….

    Reply

  26. pihak netralisir
    Nov 07, 2007 @ 11:15:10

    anak2 geng, kalian masa depan mau jadi apa.. emang bangga ya nanti nyerita ke anak istri “Bapak dulu pernah disambet samurai loh,” atau “digebukin sama senior ampe ee di celana loh” atau pula “pernah digebukin ampe korong bapa nongol loh”.. Sadarlah kalian adalah korban2 manusia radikal influensif yang ga bertanggungjawab.. Apa positifnya selain solidaritas kalian itu? Apa bangganya? Di mata masyarakat kalian hanya sampah yang mengganggu publik.. Sok2an jagoan apalagi senior2 tai kalian itu..

    saya sangat mengapresiasi anak2 mantan gangster (yang nyaris mati pastinya) yang udah keluar dr gangster tsb.. saya bangga sama kalian. kalian pasti udah belajar banyak hingga insyaf..

    HEH SIA ANJING!!
    Dasar kumpulan orang pengecut,, beraninya cuma keroyokan..
    Dasar kumpulan orang miskin,, g mampu..
    Yang tadinya orang miskin biasa,, pas masuk geng taunya jadi orang miskin bedebah..
    KAMPUNGAN!!

    MASUK GANGSTER BONUS TIKET MASUK NERAKA!! HELL YEAH!!

    makasih mbak yang udah nulis artikel ini sbg bahan tugas saya..

    Reply

  27. gangster itu ee biawak
    Nov 07, 2007 @ 11:16:45

    Udah tau miskin malah nyusahin orangtua..

    Reply

  28. Prabu Siliwangi
    Nov 08, 2007 @ 11:35:41

    SAYA USUL, UNTUK MEMBENTUK SATUAN PENGAMANAN WARGA UNTUK MELAWAN GENG MOTOR….
    10RIBU MEMBER XTC
    5RB GRB
    7RB M2R
    6RB BGZ

    VS

    2 JUTA WARGA BANDUNG

    HAYU….
    KITA CINCANG GENG KAMPUNGAN ITU…

    Reply

  29. gengmotorhater
    Nov 09, 2007 @ 08:31:00

    KA SAKABEH ANGGOTA GENG MOTOR, sing geura paraeh lah sia teh goblok!! SING GANCANG ASUP NARAKA SIAH! MAMPUS!! MAMPUS!! MAMPUS!!

    SEXY ROAD?? KAMPUNGAN! SEXY ROAD MAH GANTI KU SETAN ROAD!!

    Reply

  30. Alphonse
    Nov 09, 2007 @ 11:37:47

    @Prabu Siliwangi

    setuju bos, polisi udah kewalahan saatnya warga bandung membantu. Kalo hukum KUHP ga berlaku masih ada hukum alam…

    Reply

  31. Dee
    Nov 11, 2007 @ 08:09:23

    Artikel yang bagus,…

    gue bisa nilai kalo anak motor Bandung yang braninya rame rame, reseh dan onar bikin gue makin nggak percaya Bandung itu kota yang aman untuk jalan2 dan nightlife,…

    Shit to all the troublemakers!

    Salam manis ka cewek BDG yang geulis tp gak pada prawan lagi,..

    Dee – Duri – Riau

    Reply

  32. by moonraker
    Nov 12, 2007 @ 03:32:14

    moonraker adalaH kumpulan anak2 bikers yang hidup nya mandiri MOONRAKER gak pernah bikin ulah,klw gak diganggu,,,
    SAIIAHHHHH SELAKu ANGGOTA MOONRAKER MEMBERI TAU AGAR JANGAN MENGGANGGU PARA ANGGOTA MOONRAKER,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    SALAM MOONRAKER,,,,,,,,

    Reply

  33. Prabu Siliwangi
    Nov 12, 2007 @ 10:04:13

    32 by moonraker

    >moonraker adalaH kumpulan anak2 bikers yang hidup nya >mandiri MOONRAKER gak pernah bikin ulah,klw gak >diganggu,,,
    >SAIIAHHHHH SELAKu ANGGOTA MOONRAKER MEMBERI TAU >AGAR JANGAN MENGGANGGU PARA ANGGOTA >MOONRAKER,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    >SALAM MOONRAKER,,,,,,

    TAI ANJING SIAH KEHED….
    GEUS PUGUH SAMODEL GENG SIA ANU MAEHAN JEUNG MALAK JELEMA NU TEU BOGA SALAH….

    ULAH LOBA CATUR KEHED…
    DIDOAKEUN SING TEREH PAEH…

    Reply

  34. hate geng motor
    Nov 16, 2007 @ 15:50:23

    xtc,m2r,bgz,gbr kalo gak mau di benci sama masyarakat mending tobat dan kalo masi mau punya klub ganti nama aja jadi klub motor al-ikhlas atau klub halalan toyyibah,, biar gak berbuat yang aneh-aneh!!!

    Reply

  35. TM
    Nov 17, 2007 @ 01:49:52

    Dahlah bagi para anggota gengster jangan lakukan kriminal
    lebih baik melakukan yang positif za,kay club motor yang naik .

    Reply

  36. TM
    Nov 20, 2007 @ 01:33:27

    XTC sebenarnya tidak pernah melakukan anarkis seperti apa yang telah ada dimedia masa,itu hanya propokator za yang melakukan perbuatan seperti itu.

    Kami tidak pernah menggangu genk lain selain anggota lain mengganggu kita.seperti lebah kalau dinggagu akan menyerang kita.XTCpun begitu.

    berkibarlah XTC

    SALAM XTC…………………………………………………..(Exal To Coitus)

    Sexy Road.

    Reply

  37. salem
    Nov 20, 2007 @ 15:09:45

    salam kenal dari semarang. tong raribut ea atuh,tulungan batur

    Reply

  38. dede suherman
    Nov 20, 2007 @ 15:12:33

    sok lah kuamang didoaken sing jadi jlma soleh n bisa nabebenah negri sendiri. jangan turuti ego diri. heeeeh

    Reply

  39. uncle jam
    Nov 22, 2007 @ 12:08:01

    Adakah motif lain dibalik fenomena geng motor di Bandung ini yang mbak lihat, selain sebagai gejala psikologi (eksistensi diri remaja) dan sosial (kriminalitas)?

    thank’s
    uncle jam

    Reply

  40. muthie!!
    Nov 22, 2007 @ 18:11:05

    Saya suka gaya penceritaannya,, investigative report yah??
    Pemberitaan yg berimbang. Jurnalistik bgt. G bosen bacanya
    Bravisimo,,
    Dan buat para anggota geng motor:
    Saya tau kalian bukan orang tolol, pencarian jati diri bukan hal yg bisa disalahin krn prosesnya emang g pernah gampang.
    Tapi harga diri? harga kalian murah bgt yah, bisa d saya beli nyawa salah satu dr kalian dgn isiin bensin Rp.25 rb, minuman murahan Rp50rb, plus salah satu jenis cimeng yg harganya segituan. lunas! nyawa masing2 dr kalian bisa terjual dgn harga kurang dr 100rb aj. Cuma mahalan dikit dr harga cewe di gang Dolly bwt 1 malem.
    Solidaritas? Solidaritas adalah melindungi teman-teman kalian. Tp dgn ikut perang mulu, bikin ribut, bikin dendam, suatu saat kalian bakal liat tmn kalian mati sia-sia, gara2 kalian jg.Itu y, yg disebut solidaritas…oh…baru tw…
    Sexy?gw cewe, dan mewakili mojang Bandung lainnya: kalian cuma sgrombolan cumi2 di mata cewe2 Bandung. Mungkin lbh baik kalian msk restoran seafood, biar jd cumi asam manis yg psti lbh berguna bwt 6000org di dunia yg mati tiap harinya krn kelaparan
    Karma itu pasti ada bro,, dan mengingat udh bnyk bgt org yg mengutuk kalian, kayanya dtgny g bkl lama lg d. Mungkin tgl tunggu sore ini bwt liat bpk kalian dikafanin krn tanpa alesan jls diserang ma geng motor lain?atw pontang-panting cr biaya pengobatan krn tgn adek kalian msti diamputasi gr2 kesabet samurai? Wayahna……..

    Reply

  41. .....cenyyy
    Nov 30, 2007 @ 12:37:08

    ihhh…..jngn dehh.. ketularan

    Reply

  42. Bangeran
    Jan 04, 2008 @ 17:40:08

    Gengster di Bandung itu gak seperti gengster profesional Ndrangheta, MAfia, dsb.. Walaupun tidak menutup kemungkinan akan berkembang seperti itu.. Geng2 itu cuman kumpulan orang2 yg ingin EKSIS namun kesempatan terbatas.. Mereka termarjinalkan oleh keterbatasan kemampuan, ekonomi, strata sosial, kurang perhatian.. Hanya korban sistim negara yang abai terhadap rakyatnya, pendidikan yang mahal,tontonan tidak sehat, kualitas hidup yang menurun, tidak adanya panutan, tidak ada nasionalisme, dan banyak contoh orang kebal hukum di Indonesia yang bisa jadi inspirasi.. Bahkan orangtua pun tidak bisa jadi idola.. Lantas anak2 itu mau apa? Apa yg bisa mereka banggakan? Andai kata mereka bisa cerita suatu prestasi yg bisa mereka peroleh di keluarga, sekolah, masyarakat, atau kebahagiaan diajak orang tua pelesir ke Bali, Singapura, dll tentunya gak begini..

    Orang Indonesia jerat jerit kalo sudah ngerasa kebakar.. Polisi bertindak kalo sudah ada korban.. Penculik tertangkap kalo sudah ada perintah presiden.. Lieur…!

    Cik atuh teteh Mulyani, bikin tulisan yang bisa memotivasi genk mengambilalih tugas perangkat hukum kita yg memang super loyo dan banyak yg sontoloyo BUAT MEMBERANTAS KORUPSI!! Kalo denger XTC, BGZ, GBR, M2R menyeret pedang dan menebas tuh penjahat2 BLBI, anggota2 DPR yg ngabisin duit rakyat, illegal logging, polisi/hakim/jaksa yg korup.. Hmmm lega lah hatiku… Hidup Genk…!

    *Bangeran*
    (Old fucker never dies.. Only fuck away…)

    Reply

  43. MOONRAKEER K
    Jan 08, 2008 @ 03:42:56

    MoonnakeR K>P>A>D

    MoonrakeR tidaklah memasyarakat seperti XTC dll,dan membuka cabang dmn2!M2R adalah murni sekumpulan anak2 motor asli,tidak semata mengatasnamakan GENK untuk kebrutalan&tdk bersifat radikal.melainkan menjalin kesosialan dan menyalurkan bakat yang positif bagi yang poenya bakat

    saiiiaHhhhhhhh,,,,,,,,,,,,
    selakU anGgota MOONRAKER,,,,,,,,,,,
    memberi tau,,,,,,

    TUk GENK lain yang iJIt sM mOONRAKER,,,,,
    wanina tonk tukangEuN waE,,,,
    sarEuNg ngabOngohaN,,,,,

    Reply

  44. iE yAMaZAki
    Jan 08, 2008 @ 14:29:26

    gw seneng2 aja,ampe g ngaruh bwt gw.klo geng motor itu ada or g ada,.

    yg penting bwt gw,g ngerugiin 1 ama laen ny ajah,.
    klo semua bs hidup berdampingan tanpa kerusuhan,kn enak tuh.ya g,.

    Reply

  45. dolLMeN
    Jan 08, 2008 @ 14:41:01

    geng mOtoR, Apaan sih?

    salam mnyet bwt smua’y geng mtor……

    ribut-ribut, geugeulutan, malak-malak, mksd’y apa sih?
    mw ngjgo crt’y tuh?
    brani’y cm kroykan cba kl sndri2 psyi ga kan brani y….
    mendngan cpet brtbat dech kalian, udah bnyk tnda2 mw kiamat kalian pengen masuk NERAKA y?

    pko na mah eling weh ka sadayana ok…
    peace ahhhhhhhhh……

    Reply

  46. kokolot
    Jan 14, 2008 @ 12:49:44

    Sorii telat reply..

    Sekarang Bandung dah tegas.
    Geng motor berkeliaran tembak di tempat..!!!
    Beraninya sekarang pada di pinggiran Bandung doank..!!

    Reply

  47. Cupu
    Feb 06, 2008 @ 13:56:57

    apa kalian pernah berfikir kalo seandainya kejadian2 kriminal yg disebabkan ulah para ”gangster” menimpa keluarga anda ? orang tua anda ? adik anda ? kakak anda ? atau kalau sudah berkeluarga menimpa kepada anak anda,istri anda ?

    Naudzubillahhimindzaliq !!! segeralah bertobat ! limpahkan kekesalan,amarah atau energi kalian yg berlimpah lebih ke jalur2 yg positif,senang ngebut ? bisa mengajukan diri ke bengkel2 modifikasi. senang berkelahi ? ajukan diri anda untuk masuk ke bidang bela diri,lebih bermanfaat kan? betul ?

    saya mempunyai bengkel modifikasi di daerah kopo Immanuel, Rays motor menerima dengan tangan terbuka anda2 yg pernah berkecimpung didunia ”gangster” untuk kami salurkan bakat anda di ajang2 yg resmi.
    atau anda suka berkelahi ? saya juga membuka seni beladiri BOXER di daerah citarip, saya dengan sangat2 terbuka akan membimbing, bukan mengajari,anda2 untuk hidup lebih bermanfaat untuk diri sendiri khususnya maupun untuk orang lain pada umumnya .

    sekali lagi, saya pribadi akan sangat2 terbuka untuk membina/membimbing ade2 skalian untuk meluruskan jalan hidup anda, AMIEN . . .

    panggil saya, bang toyib . . .

    Reply

  48. cute
    Feb 13, 2008 @ 12:59:48

    klu dpikir” seh emang geng motor ntu kren.tapi g sekeren orang soleh.geng motor emang ditakutin, tapi g se-ditakutinnya allah.
    knapa seh klyand (para geng motor) gagh mikir ? emang enak apa dikroyokh tanpa sebab?asal kliyandh twu adja, masyarakat jadi resah tuh bukan keren, tavi GEBIRES. GEBIRS ntu artinya Geng BIang RESe.seandainya kliyandh mikir pake otak, pasti istilah “GENG MOTOR” tu g akant bermakna negativ.ya aqw se stuju” aja geng motor ntu ada.tapi geng motor yang sering banget ngadain bakti sosial, sering minta sumbangan bwt fakir miskin, atw serrrriiiiiiiiiiinnggg bgt kerja bakti NGEBERSIHIN SEMWA WILAYAH KOTA BANDUNG, CIMAHI, N PKOKNYA SMUA WILAYAH JAWABARAT.

    Reply

  49. luky
    Feb 16, 2008 @ 13:16:18

    pendidikan agama st ini amat pntg agr anak tdk terjerumus pada geng tsb…………………………………………………..oke

    Reply

  50. Mas Bos
    Feb 20, 2008 @ 09:01:55

    Geng motor????
    Aq ga dongK

    Reply

  51. Bandungman
    Feb 26, 2008 @ 10:19:54

    Akar permasalahannya kompleks, rumit. Ada masalah sosial, budaya, pendidikan, ekonomi dan hukum di situ. Mungkin seperti korupsi yg gak pernah selesai, malah terus bertambah. Atau seperti fenomena Front Pembela Islam dan Forum Betawi Rempug.
    Menurut saya, penilaian terhadap Geng Motor harus lebih bijak. Mereka merupakan produk dari sebuah sistem yang gagal, atau setidaknya cacat, disertai kondisi lingkungan yang ‘memaksa’ mereka melakukan hal-hal yang tidak pantas tersebut.
    Betul bahwa perlu segera dilakukan tindakan oleh aparat hukum untuk mengurangi tindakan mereka yang mengganggu ketertiban dan ketenangan masyarakat secara luas. Namun saya yakin, tindakan represif tanpa upaya-upaya persuasif dan edukatif, dalam sebuah kerangka kerja yang sistemik, tidak akan pernah menyelesaikan masalah ini. Satu hal juga yang perlu kita cermati, mereka adalah umumnya anak-anak muda yang memiliki energi berlebih. Bukankah kita sangat beruntung bila energi berlebih tersebut dapat dikonversikan untuk kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat banyak.
    HIDUP PERSIB!

    Reply

  52. BANDROL_CRB
    Mar 05, 2008 @ 16:08:23

    SEKARANG XTC SEXY ROAD SDNG DALAM TAHAP PELEBARAN SAYAP……KHUSUSNYA DI JAWA TENGAH

    UNTUK AWAL YANG BAIK KINI SAYA BERHASIL MMBAWA 50 MTOR,SBAGAI GENG MTOR PERTAMA DI PURWOKERTO DAN JATENG

    DAN JOGJA PUN UDAH ADa!!!!!!

    POKONYA HIDUP XTC purwokerto

    HIDUP LAH!!!!!!!

    Reply

  53. MOOMOO
    Mar 13, 2008 @ 14:22:11

    BRIGEZ IS DEATH

    FROM

    MCBC

    Reply

  54. X^nonk^TC
    Mar 19, 2008 @ 05:25:25

    aink anak xtc cimahi yg m’ndukung kegiatan pa ja yg dilakuin nak” XTC se-JABAR”

    pokonamah hidup xtc……………………………..

    Reply

  55. anwar
    Mar 20, 2008 @ 02:24:16

    thank’s artikelnya, saya lagi nyari2 data geng motor ne buat penelitian kecil2an, kalo ada referensi laen bisa dong dibagi sama saya…

    Reply

  56. Animaxter~Club~Bandunh
    Mar 24, 2008 @ 08:19:15

    wah…. makasih ya,tentang artikel geng motor soalnya
    wa da tugas ni.. makasih ya…..
    kekeke…
    saya juga selaku ANGGOTA
    ANIMAXTER~CLUB~BANDUNG

    MENGUCAPKAN

    T E R I M A K A S I H

    Reply

  57. respati
    Mar 24, 2008 @ 14:08:02

    Pusiiing geng2an!!!jadi anak amnis aja deh dirumah sambil jualan pulsa, kan dapet duit???ga repotin ortu lageee….horeeee…..

    Reply

  58. ttfctasik
    Apr 12, 2008 @ 18:54:04

    slm bwt para bikers indonesia dr kami TTFC tasik tiger fans club……………….

    tasikmalaya…

    Reply

  59. ttfctasik
    Apr 12, 2008 @ 18:55:23

    08009…………………

    teguh…………..ttfc_tasik@yahoo.com….

    tiger spirit indonesia yuh…………

    Reply

  60. RIDER Teguh
    Apr 12, 2008 @ 18:56:47

    liat FS gwa y………

    Reply

  61. Ronni a.k.a Ucok
    Apr 16, 2008 @ 06:37:29

    Salam buat semuanya.

    Terima kasih atas tulisannya, sehingga mendatangkan respon yg cukup menarik, meski hanya sebuah blog yang mungkin tidak terlalu banyak orang memperhatikan.

    Dari semua kilasan dan tangapan-tanggapan yang muncul, baik tanggapan positif dan negatif, masing-masing masih memunculkan ego masing-masing. Dalam hal ini semua bisa dianggap benar dan semua bisa dianggap salah, karena penyampaian hal baik dengan pernyataan yang kasar, dan ada pernyataan rusuh yang cukup fulgar. Semua ini cuma retorika sekilas dari sebuah perjalanan kehidupan anak muda yang serba ingin paling “wah”, suatu hal yang lumrah meskipun dalam penyampaian dan reaksi yang “salah” kaprah.

    Banyak hal negatif yang telah kita dengar dari adanya beberapa “Gangster”, tapi kebanyakan orang hanya menilai saja, tanpa mau mengambil hikmah dan hal positif dari keberadaan “Gangster”. Kita bisa ambil contoh satu hal seperti rasa solidaritas antar sesama anggota “Gangster”, kalau saja masyarakat punya rasa solidaritas atas masyarakat yang lain tentunya akan menimbulkan keharmonisan. tentunya masyarakat jangan mengambil bentuk solidaritas yang negatifnya.

    Dalam kehidupan “Gangster” ada satu hal yang mungkin saya bisa ambil, pembentukan mental yang kuat dalam menghadapi apapun, ini bisa saya praktekan dalam kehidupan sekarang dimana persaingan usaha dan persaingan kerja semakin keras, dalam hal ini saya bukan dalam artian mental untuk bersaing kasar, tetapi mental ketika banyak tekanan dan perdebatan, mental kita lebih bisa menerima, karena kita pernah merasakan posisi tekanan paling keras dan sakit sekalipun.

    Jadi untuk sekarang, kita hanya bisa menyaksikan dan mengurut dada atas perkembangan tindak kekerasan “Gangster”, karena memang tidak banyak yang kita bisa lakukan kalau hanya dengan berkomentar dan memberi nasihat. Biarlah semuanya berjalan, karena semuanya ada “masanya”.

    *Salam buat:
    - Keluarga Besar GBR angkatan 90an
    - Keluarga Besar Brigez angkatan 90an
    - Keluarga Besar Moonraker angkatan90an
    - Keluarga Besar XTC angkatan 90an

    NB: saya pernah konflik dengan BRIGEZ, M2R dan XTC di medio 90an, tetapi akhirnya saya jadi berteman dengan mereka meskipun saya pernah dilukai dan melukai mereka.

    Doa Buat:
    “Alm Endang a.k.a Boke”, “Alm Komat”, “Alm Rajen”, “Alm Dodi”, “Alm Adi a.k.a Jenong”, “Alm Anton a.k.a Hugo”, dan semua teman saya yang telah “Almarhum”.

    ” Semoga Bisa Bertemu pada akhirnya di Alam Surga atas ijin ALLAH SWT. Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin.”

    Reply

  62. dick_covo_m'hy
    Apr 26, 2008 @ 13:30:16

    _______6666666666666_________
    ______66666_________66666______
    ____666_6______________6666____
    ___666__666_________666___666__
    _666_____6666____666666____666_
    666_______6__66666__66______666
    66________66_66666__6________66
    66________666____6666________66
    66______6666______66666______66
    66____66___66_____6____666___66
    66_6666666666666666666666666_66
    666_________66___6___________66
    _666_________6__66_________666_
    __666________6666_________666__
    ____666_______666_______666____
    ______66666____6_____6666______
    _________6666666666666_________
    fuckkkkkkkkkkkkkkkkkkk “brigez,gbr,m2r”
    kalian smua anjingggggkkkkkkkk

    Reply

  63. kuro
    Apr 27, 2008 @ 11:33:45

    geus atuh tong ribut wae..
    mun hayang gelut mah ka ring tinju weh..
    nenggeulan batur sapuas na moal dibacok..asik tah..
    tibatan nenggeulan batur di jalanan nambah kutukan ka maneh sorangan..

    harga diri naon jiga kitu mah,,jiga anjing..
    harga diri banderol rokok..
    sabatang diisep, 5 menit geus beak..

    udah atuh klo mau nyari harga diri teh lewat jalur laen..
    ga usah ampe teror orang bandung segala..
    da kalian mah gakan dapet penghargaan dari masyarakat..
    dari mulut mayoritas orang bandung kalian cuma dapet kutukan..
    bro,kutukan mah bukan maen2.
    ga peduli klo yang ngutuknya juga bedosa,,asal yang penting udah ngutuk orang..
    dan gw bilang aja,,kutukan teh osok manjur..

    yu ah..
    gw ngomong gini karena gw juga biker..
    dan ga ada yang ngelebihin rasa bangga gw kpada solidaritas biker..

    hidup solidaritas tanpa teror, mari kita saling mengacungkan jempol saat bertemu di tengah touring..

    .:|take a trip with CB 400 VTEC|:.

    Reply

  64. mya
    May 14, 2008 @ 08:14:08

    Hai untuk semua genkster Bandung……. Kalian adalah generasi muda yang dibebani sejuta harapan orang tua. Inget ga, betapa lucu nya kalian waktu kecil, ngegemesin….Tapi sekarang kalian malah bikin orang gemes juga sih, gemez pengen mukulin. Apa yang kalian cari, memang anak muda pengen eksistensinya diakui. TApi bukan gt caranya. Bukan nasehat yang perlu untuk anak2 seperti kalian, tapi pengertian danpendekatan. Kalian cuma korban obsesi senior2 yangkalian tuhankan. Tunjukin donk kalo kalian memang punya sesuatu yang bisa dibanggain. Bukan malak, rampok, tawuran, bunuh orang dan tindak kejahatan lain….. KAlian cm jadi bandit2 kecil yang ngegemesin polisi.
    Saya jg seneng motor dan suka kebut2an. TApi , jgn mpe ganggu orang apalgi bkn nyawa melayang….KAlo aja salah satu dari kalian adalah pacar saya, ga akan diputusin ko…..tobat aja! kalian tuh orang2 kurang kasih sayang. JAlanan ga akan ngasih apa2 selain debu dan kotoran. MUngkin kesenangan . TApi semu……
    BUAT SMUA TEMEN2 GENGSTER……..CPT DEH PADA PUNYA PACAR BIAR ADA KERJAAN KALO MALEM MINGGU, NGAPELIN KE GT. DARI PADA KELUYURAN GA JELAS TENGAH MALEM. KAYA KALONG AJA…..
    MASIH ADA HARAPAN UNTUK ORANG YANG MAU BERUSAHA, KALIAN PASTI BISA JADI ORANG LEBIH BAIK TANPA …….JADI SETAN JALANAN. DAN SATU IJININ AQ YA BUAT JADIIN KALIAN SKRIPSI KU……..THANK’S

    Makasih artikelnya, isinya lengkap banget. Boleh down load ya buat bahan skripsi.

    Reply

  65. Epieh T2R / Teroris ( epieh Sachi )
    May 30, 2008 @ 05:17:54

    Untuk teman2 yg anggota geng
    Janganlah anda melukai orang2 yg tidak bersalah hanya ingin dibilang jagoan atau utk senioritas diantara teman2 atau juga utk identitas diri kasihan mereka yg tidak tahu apa2 coba bayangkan bila itu terjadi pada keluarga anda. anda boleh berkumpul atau berantem tp secara jantanlah satu lawan satu atau melukai org yg bener bersalah kepada anda.
    Saya sama seperti anda2 juga saya adalah salah satu dari 3 org pendiri dari geng T2R Bandung thn 1980 an berbasis di smp 2 bdg tp sepak terjang kami bukan di bandung saja tp di jkt, smg dan kota2 lainnya (mgkn sebagian dari geng motor mengenal T2R bahkan ada desas desus M2R adalah turunan dari T2R) kami bukan geng motor atau mobil tp kami campur (mobil & motor) anggota kami tidak ratusan / ribuan tp cukup banyak pada saat itu.
    kenapa saya bisa menasehati anda2 krn skg umur saya sdh 42 thn saat ini yg ada hny rasa penyesalan yg dalam serta sangat malu sekali (nanti anda jg akan merasakan seperti saya) saya pd saat itu hampir setiap hari mabuk (alkohol tp yg sering obat2an) sering melukai org, menusuk, memukul, bhkn membunuh (tp kasus ini tdk terungkap polisi) saya tidak pernah takut sama siapapun pd saat itu (mgkn jg pengaruh dari obat) bhkn sampai kasus terbesar saya (karena sampai dimuat dikoran2 terutama di koran2 terbitan bandung serta majalah tempo thn 83 November) adalah kasus perampokan dengan senjata api ini yg membuat saya terpukul krn tidak ada niat utk itu tp media memvonis begitu ya memang itu yg terjadi, sampai 3 atau 4 kali saya keluar masuk penjara dgn kasus yg berbeda beda.
    Sekarang saya hanya tinggal penyesalan, setiap bertemu teman org2 yg tahu tentang saya, saya merasa jd kecil / minder didepan mereka semua (tidak seperti saat itu yg menjadi suatu kebanggaan) untuk menghadiri acara alumni sekolah saja dengan berat rasanya utk menghadirinya, hidup saya sekarang jd serba penakut (paranoid) maka dari itu janganlah melukai/menyakiti orglain bila ada teman yg berantem jadilah anda ditengahnya (pendamai) maka anda jadi bertambah teman dan anda akan lebih dihargai dari sang jagoan / senioritas … percayalah..bisa anda buktikan
    hanya itu ungkapan saya.

    Salam damai utk geng motor

    Reply

  66. Khaom
    May 31, 2008 @ 07:44:40

    To : All Sexy Road Indonesia

    Untuk sekarang dan kedepannya, mari kita saling bantu untuk membangun nama baik yang bisa di hargai oleh semua kalangan, baik dari aparat maupun masyarakat itu sendiri.

    Viva XTC..

    Reply

  67. JHG!
    Jun 04, 2008 @ 09:02:29

    VIVA LA SEXY ROAD!!

    ayo bangkit kawan!!!

    best regards,

    JHG! (THE HATEGOD FAMILY)

    Reply

  68. ruben bageur
    Jun 10, 2008 @ 03:12:28

    semua orang lemah ga ad yang kuat,gada presiden,mentri negara,polisi,gubrnur,apalagi ini geng motor yang menyebutnya raja jalanan,tai anjing goblog,sok berantaslah sampah masyarakat kitu mah,tong sieun,urang kudu sieun ka allah swt.ngaberantas nu kitu trus urang meninggal karena dibantai ku gang motor karena urang nentang,sama jeung mati sahid brow,SALAM KEDAMAIAN

    Reply

  69. lorenzo
    Jun 20, 2008 @ 12:07:44

    diantara geng motor itu mungkin ada keluarga kita, maka bagi warga yang bandung dan sekitarnya yang merasa punya keluarga terlibat gang motor secepatnya dinasehati jangan sampe masuk kedalam geng motor yang ga sesuai dengan bendera mereka
    lebah itu memberi manfaat bukan memberi mudhorot… harusnya diganti jangan lebah tapi lalat hijau aja yang suka nemplok di tai yang kuning kecoklatan.

    dasar geng motor PENGECUT, KALO BRANI JANGAN KEROYOKAN SATU LAWAN SATU! KALIAN SEPERTI ANJING BUDUG!!!
    dulu saya warga bandung asli lahir dibandung
    sekarang saya sudah pindah kebekasi kalo sampe ada di komplek saya yang masuk geng motor (XTC,GBR,M2R,BRIGEZ) lawan saya dulu satu per satu ga pengecut kaya kalian….
    I PROMISE…

    Reply

  70. lorenzo
    Jun 20, 2008 @ 12:20:44

    kalian menodai kota kelahiran saya (BANDUNG TERCINTA), kalian menodai club motor

    kalian sampah …

    kalian harus dibakar, dimusnahkan, menjijikkan,….

    urang bandung hayu urang sarerea duruk ta jalma runtah teh…

    tong ngajedog wae…

    bisi urang katepaan kupanyakit ….

    bisa saja nanti anak atau keluarga kita masuk kedalam geng motor WASPADALAH!!!
    Saya sudah sweeping warga saya, untuk para RT lakukan juga seperti yang saya lakukan. biar warga tenang…

    kalo kedapatan langsung proses secara kekeluargaan kalo ga mau juga proses secara hukum rimba.

    Reply

  71. XTC_CRB
    Jul 18, 2008 @ 11:19:35

    JAYALAH SELALU eXalt To Coituz

    Reply

  72. indra
    Jul 20, 2008 @ 14:34:15

    boleh minta foto kejadian tentang kekerasan di kalangan anak geng di bandung…?

    Reply

  73. indra
    Jul 20, 2008 @ 14:36:02

    jadikan kota bandung yang cinta damai jangan ada kekerasan lagi! ! !

    siph geboy ach…?

    Reply

  74. mulyanihasan
    Jul 21, 2008 @ 07:23:16

    saya gak punya foto foto itu

    Reply

  75. IRON'X GBR
    Aug 17, 2008 @ 04:02:53

    Hallo to everyone….

    By regards to all of gengster motor cycle in indonesia special in bandung jawa barat there’s that one (GBR,XTC,M2R,BRIGEZ),world is already proceed!!!whether all of you still want to stay at there!!!?i now that memories is can’t be lost till forever!!!but who that one still actives on own gengster right know’i thing all of you can change’s your images to civil and our government!!still have chance to change’s everything before the day is end.

    Apa yang saya saksikan di layar televisi kita di beberapa bulan yang lewat’dan saya menyaksikan itu tidak di negara sendiri melainkan saya ada di luar indonesia’dalam hati kecil saya wooooowwwww gengster bandung semakin menjadi,tetapi saya ada singgungan dari teman negara lain yg menyimpulkan bahwa pemuda indonesia masih sembrawut…gak semua ya,gua juga dulu sembrawut…

    Note:

    Please thing again…..thing again……. this life is hard.

    Mencoba memasukan saran dari orang lain ke diri sendiri emang sulit,tapi bila and bisa menempuh itu semua…You will be feel peaceful to everyone.

    My Best Regards To:Grab On Road,Exalt to creativity,Moonrakeer,Brigade Seven>>>Damaikan Kota Kembang>>>>Full Regards>>>Brother Hood.

    Kinds Regards

    IRON’X GBR

    Reply

  76. adam
    Sep 22, 2008 @ 00:52:43

    kemarin tgl 21 saya dan teman saya di jambret oleh anggota geng brigez 1 orang, dy bilang namanya cobra, plat nomor kendaraannya D 2856 FE, ciri-cirinya berambut mohawk berwarna hijau, dy mengambil 3 hp dan uang sejumlah 64000.
    kepada aparat kepolisian mohon segera di tindak lanjuti agar tdk meresahkan warga. sering beroprasi di daerah dago di sekolah-sekolah .
    kepada masyarakat khususnya pelajar harap hati-hati .
    cara beroprasi dengan berpura-pura manyebutkan bahwa adiknya di pukuli/di rampas oleh anak sekolah. lalu anak yg di tuduh tersebut dibawa keliling-keliling,setelah itu diturunkan di tempat sepi dan dia meminta barang yg di miliki oleh anak yg di tuduh tersebut sebagai jaminan dan di suruh menunggu, tetapi dy tidak datang juga

    Reply

  77. doni
    Oct 08, 2008 @ 21:01:49

    gue setuju bgt,gue dulu pernah gbg dengan xtc cianjur pada tahun 1995 waktu,itu kita masih bermusuhan dg gang motor GMR,waktu itu hidup gue merasa sempit,pergi kesana takut,kesini pun takut,hidup lah berdamai haiiiii para gang motor yang ga ada otak, ga ada guna nya ko bermusuhan dg orang,sekarang ko ga menyesal tapi lho pikir apakah ga rugi buang waktu untuk hal yang ga bener.lebih baik lho cari kerja yang betul daripada lho buat onar di jalan raya,kalo gue lihat gang motor di banadung gue akan mampusin lho.gue tabrak lho pake mobil gae,ato lho mau,ktemu dg gue.gue doni,sekarang gue di pajajaran bandung,gue ada dendam dg gang motor xtc bandung adik gue di ganggu dg ko xtc babi gua masih main motor tapi gue berjalan di jalan yang betul bukan balapan liar seperti lho,anjing

    Reply

  78. doni
    Oct 08, 2008 @ 21:11:45

    inyyaflah jgn jamret orang lagi yah

    Reply

  79. ega
    Oct 15, 2008 @ 16:01:53

    ga da salah nya kalian bentuk gang motor tapi untuk seni,seperti gang motor clasic.vesva,harley davidson,bukan balapan liar.selain merugikan diri sendiri,juga merugi org lain,org mau keluar pun takut
    coba lho pade pikir,berapa banyak bensin yg lho buang sekali lho balapan,dan berapa biaya kalo lho masuk rumah sakit,dan apa yg lho dapat dari semua yang lho buat sekarang ini
    jawaban nya,,,,,,,,,,? lho pade hanya dapat kebencian dari masyarakat,dan juga lho hanya dapat kerugian yang gede,baik lho ikut jalan yag betul,lho masuk anggota imi,bakat lho pade ke salurin,itu aja saran gue,maaf kalo saram gue membuat lho ke singgung,gue hanya prihatin dg keaadaan bandung sekarang,terima kasih

    Reply

  80. dogeruz
    Oct 19, 2008 @ 05:39:51

    hanya 1 : kembalilah ke jalan yang lurus saja (Tuhan YME)
    menentramkan hidup dan jiwa,jangan nyawa terbuang percuma seperti ee’…
    apakah kalian manusia ee’,tentu bukan kan??

    Reply

  81. baron
    Nov 27, 2008 @ 17:23:59

    Sorry nyela dikit gw anak GMR cianjur menurut gw yang namanya don lu salah don. gw anak2 GMR ga pernah bikin ribut bikin onar sebelum ada yang nyolek anak gmr jdi menurut gw tuh cabut perkataan lo tadi anak GMR ga pernah ada sangkut pautnya dengan anak XTC…….

    Reply

  82. nda
    Dec 07, 2008 @ 13:19:55

    sebenernya anggota genk gak da guna nya . . .
    jadi jeung naon asup nu karitu????

    Reply

  83. IRON"X GBR
    Dec 20, 2008 @ 06:39:41

    Hi to all you there….

    Just be back to our self about this life?!do you want get peaceful to everyone or chaotic to everybody!!!!?no anyone is perfect in the world comparatively me,but who can thoughtful about this life there that one will become achievement people.REMEMBER THAT…

    Best Regards

    IRON”X

    Reply

  84. bonycoitus
    Jan 07, 2009 @ 15:51:29

    BONY T B’ONES – BUITENZORG XTC

    Salam Coitus,

    Kepada samua XTC’ers di semua beserta seluruh anggota geng lainnya (Fuck U All), dan peace for public.

    “Menurut gue ; yang menjadi penebab timbulnya persaingan, di kalangan GBR, Moon Riker,Brigez, etc. dengan kami XTC adalah dikarenakan pola pikir, pola gaul, pola hidup lo semua yang pada keblineger, kenapa?”

    gaya hidup lo pengen kaya Yakuza
    tapi otak lo sama kaya gue; hanya sebatas kura-kura.

    hidup lo yang hura-hura, disaat lo aja binung kaya gue;
    buat ngisi premium di motor butut lo smua sama gue .

    mending lo berkaca sama FBR, Forkabi, atau Pemuda Pancasila yang potongan Ormas, tapi bbersifat gangster “SOFT LOUD BUT HARD POWER” ; ga perlu lo pada / gue jadi jagoan tapi perut lo / gue tetep pada keroncongan gara-gara tokipan.

    Ga perlu lo pada / gue ngaku gangster;kalo urusan tambel perut aja lo pada / gue di XTC masih pada kesulitan.

    Saran gue buat kita semua :

    “Mending lo buat geng lo pada jadi jaringan bisnis MLM/Biro penyalur tenaga kerja buat anggota geng lo pada/Lo sewain penis-penis dan vagina-vagina anggota lo pada secara terorganisir: BIAR LO SEMUA /GUE GA JADI SETUMPUKAN SAMPAH BUSUK YANG DIBUNGKUS DALAM SEKOTAK PARCEL MEWAH”.

    Tapi kalau lo memang pada punya OTAK, pasti lo semua tau apa yang mesti lo lakukan walaupun lo semua pada perang sama gue di XTC, setidaknya karena 1 alasan logis;
    Mungkin karena ada selembar uang buat lo beli beras atau susu buat anak sama istri lo pada. buakan gara-gara pilokan gembel 3 yang udah 3 Tahun di pengkolan kebantai lalu lo ngamuk seperti biji testis lo baru ditendang.

    GBR, Moon Riker, Brigez, XTC, etc bukanlah sebuah agama yang mesti dengan sebuah keimanan batin dan darah lahir, namun pantas untuk saling diperjuangkan.

    apabila ada yang merasa sakit hati dengan comment gue ini, maka ;

    “GUE MOHON MAAF KEPADA SEMUANYA, DAN SELAMAT BERJUANG”.

    Salam Coitus,

    ***********************************************
    ***********************************************
    xxxx xxxxxxx ttttttttttttttttttttt ccccccccc
    xxxx xxxxxxx ttttttttttttttttttttt cccccccccccc
    xxxx xxxxxxx tttttt cccc ccccc
    xxxxxxxxxxx tttttt cccc
    xxxxxxxxxx tttttt cccc
    xxxx xxxxxx tttttt cccc ccccc
    xxxx xxxxxx tttttt cccccccccccc
    xxxx xxxxxx tttttt ccccccccc

    ***********************************************
    ***********************************************
    HAPPY BIRTHDAY of the 27th THE INDONESIAN XTC SEXY ROAD TO ALL COIT’ers.

    From :

    - BONY, C-BEE, NOGIE, MALIE, DaDONE, AB’out, Ir.ONE, and Djabrix

    Hot Regrads,

    BONY T B’1s BUTENZORG

    Reply

  85. teamsector32
    Jan 09, 2009 @ 12:15:57

    sexy roaders

    doa saya untuk kalian masyarakat….
    janganlah pandang kami selalu dari yang buruknya…
    bwat masyarakat yang slalu benci kami…
    kami mohon maaf…
    tapi kami tak butuh dihina..
    kami butuh dirangkul oleh kalian semua..
    karena kami masih punya arti dan nurani…

    bantu kami untuk berubah ke arah yang lebih baik….
    jangan bantu kami untuk semakin kotor dengan cacian kalian…

    thnkx.. moga doaku didengar kalian… amien

    Reply

  86. code
    Jan 13, 2009 @ 12:46:04

    Betul!!!
    Lindungi lingkungan kita dari Geng Motor!!

    Reply

  87. DIKI SMPN 2 BANDUNG
    Jan 19, 2009 @ 06:46:56

    woiii anjingggggggggggggggggggggg … maranehhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh goblokkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk !!!

    sia gegengsteran wae anjing . marukana abus nu kitu gaul … dieu gelut jeung aing ! …….

    jang maraneh nu gengster aing teu sieun ka maneh ! mun aya nyali ulah maen rempukannn anjingg …

    ku aing di dagoan pas malem mingguan . di DAGO … gancang goblok !!

    By : DIKA SMPN 2 BANDUNG

    Reply

  88. teamsector32
    Jan 20, 2009 @ 09:44:52

    hidup xtc sampai mati…………
    salam hangat untuk kakakku Kang Odank
    smoga kita bertemu kembali di tempat yang lebih baik amien

    xtc cimahi crew
    by Alvin Sexy Road

    Reply

  89. bar gak's
    Jan 23, 2009 @ 09:11:05

    hancur kan smua para gengeters atau geng motor…
    gara itu semua teman teman ku ikut2 tan….

    jdi aq mohon pada pak polosi agar segera hentikan geng motor itu…

    Reply

  90. bar gak's
    Jan 23, 2009 @ 09:18:53

    anjink buat nak geng motor bandung…

    pokoknah R4pp3R GAk’S selalu d ataz….

    Reply

  91. poeythesexy
    Feb 07, 2009 @ 10:39:26

    eh yg g tau geng motor diem aja lah jangan nyapnyap aja

    Reply

  92. thesexy
    Feb 07, 2009 @ 10:46:12

    ga usah ngmng mcm2 tntg genk mtr,kalo mu ngmng mcm2 dpn anak genk nya aja,jangan di dunia maya……..
    knp lo dulu pernah dijajah ank geng yah? ampe dendam ngmng ga karuan, pokona mah budak genk mah teu karampungan,justru anak genk solidaritas na tiggi….

    salam xtc

    Reply

  93. x-ipeh-tc
    Feb 10, 2009 @ 11:57:42

    salam sexyroad
    cik atuh kabeh ge boga kakurangan boga kaleuwihan !!!
    da didieu mah ai aya nu goreng saeutik meni laleubay.. ai aya nu hade mah moal kacaritakeun… aink budak xtc ngarasa araink teh asa di pojokeun.. sok atuh mun bisa mah tong dipojokeun.. da nu ngarana geng go manusia ! boga hate !!
    bener teu lur ??

    hidup xtc !!!
    salam bwt semua sexyroader !!
    salam oge kanggo : nova,kolot,black,bokir sareung gegedug sadaya…

    Reply

  94. ibnoe
    Feb 26, 2009 @ 08:36:12

    yang jelas sih, pada kampungan nih anak. …asli kampungan.
    gak ada bagusnya.

    Reply

  95. teamsector32
    Mar 06, 2009 @ 18:39:27

    slalu jaya xtc kami
    yang tak pernah lelah habisi malam dengan jalanan
    ditemani raungan motor
    dipayungi pekatnya malam
    karena kami satu
    hangati jiwa
    dengan persaudaraan dari hati

    xtc cimahi
    vintz sexy road’erz

    Reply

  96. frank schultz
    Mar 08, 2009 @ 14:10:13

    ah pokoknya mah itu yang namanya geng2ngan bantai abis aja sampe ke akarnya…! tanem lagi ideologi nasionalis pancasila! biar mereka gak lawan orangtua…!

    siapa yang bilang gak kampungan! wong orang kampong aja gak suka malak orang kok! bahkan orang kampong lebih menghormati 1 sama laen!

    lo brenainya keroyoklan… beranionya lawan orang sedikitan…

    gua pernah dirampok hape gua… padahal gua mau jalan ke sekolah gua… gua niat baek mau belajar eh si fu*cked his mother dateng bawa motor 2 an… malak dia! bawa lari hape gua (kayaknya mau dipake malem mingguan ) kan sial juga tuh!

    cik atuh geng motor teh… dibikin organisasi yang bener2 MENGHARUMKAN Nama kota bandung!!!!

    gak sadarkah kalian! coba tanya masyarakat tentang image genk motor…. baikkah? atau burukk!!! apanya yang solidaritas…. dengan membunuh kah? ingat siapa kalian…! mungkin

    SAAT MUDA KALIAN RAJA JALANAN…..

    INGAT SAAT UDZUR… RAmBUT PUtih menjelang ajal

    DAn iNGAT SAAT DI LIANG KUBUR!!! kalian bakal liat siapa “raja” yang sebenernya…..!!!!!

    Reply

  97. frank schultz
    Mar 08, 2009 @ 14:12:01

    GUA DIRAMPOK DI DAERAH CWR!!! (tahulah anak geng mana disini!!!!)

    Reply

  98. ZOEN
    Mar 08, 2009 @ 16:17:18

    GBZ BANDUNG OUTLAW ORGANIZATION. dari thn 88 kami exist sbg geng tertindas,but now you are all no more than a coward. buat 4 genggong besar, jangan jadi pengecut.lawan kami jika ada keberanian.

    Reply

  99. Frank Schultz
    Mar 09, 2009 @ 05:29:20

    OI!!! aing rek nanya ka para gangster…! naon hal positip nu geus di gawaean ku silaing!

    bandingkeun jeung kagorengan silaing! mana nu paling loba…!

    Reply

  100. M2R TASIK ZEVretz
    Mar 13, 2009 @ 11:31:28

    bwt M2R se’indns ieu ZEVretz ti taziek,q cma mu blang peace bwt k smw geng di indnsa,tp yng sya tw dri smwa geng hnya geng mtor xtc yng brengsex,nu anzing,nu rarese.cba masyarakat lyat geng mtor m2r pa pernah bwt onar…???gk prnh kn,and jga m2r mah bkan geng mtor,tpi trmsk IMI [IKATAN MTOR INDONESIA]jd m2r mah balager,gk mungkin bwt onar.klw raribut itu mah cma ng bela diri aj,soalny geng mtor lain yg ska menggangu dluan,ya wjar dong klw kta ng bela diri.
    tp jjr yh q jga gak bgtu stuju ama geng mtor,tp q mah lbih ke cari perlindungan,so low skrng gk msuk ke geng mtor mlah q jd takut…soalny gk pnya perlindugan.
    slam damai dari anak2 TAZIEK.

    Reply

  101. M2R TASIK ZEVretz
    Mar 16, 2009 @ 12:49:57

    ka budak M2R sadyana,ie sarng M2R TAZIEK mnta di adD ke “zevretzm2r@yahoo.com”ngrah gampil kontk.OK..!!

    Reply

  102. deri
    Mar 26, 2009 @ 07:18:18

    biar pun anggot moonraker lebih sedikit
    dari gangster lainya

    tapi

    wanieun

    Reply

  103. kaka
    Apr 07, 2009 @ 08:30:58

    mending jakarta deh… gak ada geng motor… ada juga geng mobil… lbih keren dikit.. dan kalau ke mall gak pke helm.. dodol bgt seh.. cinta bgt sm helm..

    Reply

  104. kaka
    Apr 07, 2009 @ 09:11:37

    hidup helm.. hidup persaudaraan.. hidup loyalitas.. meqi

    Reply

  105. tedy
    Apr 14, 2009 @ 13:21:43

    Hidup Brigez MERAH DARAH KU PUTIH TULANG KU HITAM DUNIA KU..

    XTC, M2R. KAYA TAI FUCK,

    Reply

  106. tedy
    Apr 14, 2009 @ 13:23:39

    XTC tukang nYERED, kos Tai. pECUNDANG, NGEWE WEH Sia kadINYA, HIV TAH HAKAN,

    Reply

  107. X_by_TC
    Apr 30, 2009 @ 04:57:26

    Salam sexy road cikarang….
    Kill brigez,gbr,m2r…..

    Reply

  108. fbri
    May 04, 2009 @ 15:06:51

    duh bGs jg cerpen’a…..bsa mnambah ilmu pngetahuan saya dalam dunia gangster.sy jadi lebih jauh wawasan’a stelah mendengar isu isu tntang gang isu” tsb bda dgn crita trsbt…oke bgt info’a…thank

    Reply

  109. REMON
    May 14, 2009 @ 01:59:21

    XTC ANJINKKKKKKKKKKKKKKKK

    MONKEY GOBLONK SPARING JENG AING DAGOAN DI RO

    Reply

  110. wahyu
    May 14, 2009 @ 03:37:58

    mbak mulyani, saya ratri mahasiswa psikologi. sedang menyusun proposal skipsi tentang geng motor. apa mbak bisa dihubungi dan ditemui mbak?

    nomer saya 081394825432
    terima kasih ya mbak sebelumnya

    Reply

  111. wahyu
    May 14, 2009 @ 03:38:45

    atau bisa menghubungi saya melalui email
    vegara_ubaya@yahoo.com

    Reply

  112. abach
    May 20, 2009 @ 03:02:38

    urg2 gz cape2 ngabersihan d sekitarn alun2 tazix,,naha ari maraneh goblox pizan malah di curat-coret dui??laina eta nu di sebut nantang??

    x_17_tc

    lam to all XTC SEJATI !!!

    Reply

  113. BENGIS
    May 20, 2009 @ 04:41:12

    tapi aya oge Club motor di bandun anu ngajago kumaha aing polontong di jalan kumaha tah eta kan sarua jeng genk teu.

    tapi aya oge club anu dewasa
    tapi genk oge te kabeh rusak malah aya oge nu ngarti ngahargaan sasami biker cing sok pikiran jadi kumaha beda cluib jeng genk…..mun cek saya mah anu ngaco nyien onar,polontong di jalan kumaha aing ata mah abus na genk nya

    Reply

  114. BENGIS
    May 20, 2009 @ 05:47:04

    tapi aya oge Club motor di bandung anu ngajago kumaha aing polontong di jalan kumaha tah eta kan sarua jeng genk teu.

    tapi aya oge club anu dewasa
    tapi genk oge te kabeh rusak malah aya oge nu ngarti ngahargaan sasami biker cing sok pikiran jadi kumaha beda cluib jeng genk…..mun cek saya mah anu ngaco nyien onar,polontong di jalan kumaha aing ata mah abus na genk nya

    Reply

  115. tripleXXX
    Jun 04, 2009 @ 04:21:17

    klo sbagai warga biasa pasti sangat tergangu
    usul aja nih, tembak aja di tempat, atau culik satu persatu
    untuk POLISI, harus tegas tembak aja

    Reply

  116. Fukss
    Jun 23, 2009 @ 04:10:02

    BROW ?
    LO GENG ?
    LO PENGUASA JALANAN ?

    DENGAN KROYOKAN BSA TERJADII SOLIDARITAS ?

    TAIK KACRUT BRO !

    YANNG ADA PENGECUT !

    COBA DI SURUH 1 LWN 1,LAOTTTT

    APALAGI TUH PALING JIJIK GW LIAT ANAK2 SMP/SMA BADANNYA KECIL-KECIL

    TP SO SO SOANN ANAK GENGSTER,NGOMONG NYA TINGGI

    GA NYADAR DIRI APA TU YA?

    DI TALAPUNG W MOKAD !!

    SO ?

    GUNA NyA APA COBA GENGSTER ?
    HARGA DIRI ? JATI DIRI ? ALAH, JATI DIRI HAYAM !

    MENDING JUGA MIKIRIN KE DEPAN GMANA?

    LEBIH ENJOy HIDUP SEJAHTERA PENGHASILAN OKE
    IBADAH

    HIDUP DI BUMI GA ADA APA2 NYA DI BANDINGIN DI AKHERAT NTAR !!

    LO NGEBUT , MAUT JEMPUT !

    Reply

  117. rie graber
    Jun 29, 2009 @ 17:31:31

    garandeng lah, ngaca heula eta beungeut jiga bujur hayam . benerkeun heula bebengeutan nyaneh satacan jogol jeung aing !!!

    Reply

  118. rey felix tasik
    Jul 01, 2009 @ 07:02:18

    felix nu aink…
    brigez nothing…
    xtc anjink…

    Reply

  119. aa
    Jul 17, 2009 @ 15:34:55

    AA baheula keur tahun 81 an keur sma. Saya mau mendongeng keur barudak geng M2R jeung Brigez. baheula aa tukang momotoran lain geng gengan tapi babalapan skill (keahlian) atraksi-atraksi motor tepi ka ngutakngatik mesin tepi ka loba kenalan dijalan. tah ari cepot (make astrea 83)teh masih keneh smp jeung si baron (super Cup) jeung ? (adi babaturan) tukang naronton atraksi utamana si deni akey (rx king) si eta mah jagoan make motorna ari si deni jeung sy + babaturan mah geus sma. eta budak cepot jeung baron balageur sopan pisan nyebutna ka saya ge aa mun keur menta seuneu keur udud.

    Ari babalapan ti lembang turun teh rem dijabut bari baju kancingna dibuka uji kawani eta oge babaturan nu ngomongna bari tumpangan duit. baheula mah jarang nu garelut mun aya ge tara make pakarang (alat) paling peurep tapi eunggeusna tara dendam.

    Ari usilna sok ngaheureyan polisi diudag – udag polisi tepi ka daerah emen polisina beakeun bensin amun beunang sok digebugan ku polisi.

    Tah barudak ayeuna aa geus umur 42 tahun ari baheula teu radikal tara ngaganggu nu sejen.

    Ari Brigez teh asa-asa na mah ngaran perkumpulan pencinta alam club saya Brigez= Brigade Zapu nu ngadopsi Brigade Zenit ditentara, Brigade Zeppelin (Jerman) ah jigana mah adi babaturan saya da geus lulus teh asup ka sma 7 moal (disebutkeun ngarana).

    tah kitu barudak sing ulah balangor teuing komo urusan jeung pidana.

    Reply

  120. fajar
    Aug 11, 2009 @ 07:18:36

    geng motor gug berguna!!!

    dah ajj kalian yang masuk geng kluar ajj!!

    masuk ke komunitas grafiti biar lebih kreatip

    braga tempat kumpul kami

    anti gangstar you mother fucker fool!!!!!!!!!!!!!!!1

    Reply

  121. fajar
    Aug 11, 2009 @ 07:19:37

    kami sekolah di pasundan 1

    Reply

  122. budi
    Aug 11, 2009 @ 07:22:05

    gue salut ke anak2 pasundan 1 yang belajar grafiti

    salam anak grafiti kota bandung

    Reply

  123. genk anti anarkis
    Aug 18, 2009 @ 13:47:43

    sory lur kasadayana…
    da teu sadaya genk motor anarkis ya keneh genk nu bener jiga urang,,urang magh tara nyieun masalah kecuali itu nu nyieun masalah ka urang…
    urang nyieun nu bener,,….
    urang magh genk motor na ge ngayakeun kagiatan nu bener..
    nya nu salah sahijina ge tah koz ayeuna bulan puasa mun bade buka masihan snack ka unggal polisi nu di pos…
    jadi tonk ngahina genk motor lah da ya nu bener………

    Reply

  124. vixcow
    Sep 16, 2009 @ 07:44:51

    ga semua yg di beritakn oleh media tentang xtc itu benar,,contohnya kejadian penyerangn ke polwiltabes,itu sebenarnya bukan penyerangan justru salah 1 rekan kami mobilnya hancur oleh genk yg lain dan kami membuat laporan akan kejadian tersebut,,,tp yang di tangkap adalah pihak xtc selaku pelapor,,,dan perlu di catat pada hari itu kami sedang mengadakakn BAKSOS kepada kaum duafa,,,,,tp ketika kami sedang membagikan aksi kami di bubarkan oleh pihak berwajib dan kami di tangkapi,,,saya salah satu org yang tertangkap,,,,kami waktu itu diam tidak melakukan perlawanan,,,,, dikarenakan banyak anggota kami yang di tangkap maka pada waktu itu rekan 2 dan para senior memutuskan untuk datang ke polwltabes untuk meluruskan masalah,,,dan pada akhirnya kami hanya di berikan pengarahan dan di tahan selama 1x 24 jam,,,,,,
    jadi tidak benar kalau kami menyerang polwiltabes,,,,,
    tolong masa XTC sudah sangat banyak sekali baik dari kalangan bawah sampai kalangan atas,,,,mungkin kalo pihak pemerintah mau merangkul dan memberikan hal2 yg positif saya kira kami pun akan sangat dengan terbuka untuk bekerja sama dalam menjaga kota bandung pada khususnya dan jawa brat pada umumnya ,,,,,
    XTC g akan pernah hilang karena regenerasi yg baik ,,,,,
    mudah2an image XTC bisa berubah dan di terima masyarakat kalau masyarakat dan pemerintah itu sendiri mau melihat bagaimana anak2 xtc yang sebenarnya,,,kalau masalah perang dengan gangster yang lain itu lebih di sebabkan karena kalau kita g bantai mereka maka mereka yang akan bantai kita ,,,,,,
    jadi lebih ke bentuk pertahanan hidup aja,,,
    makasih,,,,,,

    vixcow chembar,,,,

    Reply

  125. adon
    Nov 04, 2009 @ 15:35:21

    hi all..
    thanks buat tulisan ini yang cukup menginspirasi.. terutama buat mba mulyani hasan
    saya dhona,, dalam rencana untuk bikin tulisan tentang geng motor di bandung,, berencana pengen tau hal2 yang ga diketahui masyarakat tentang geng motor,, hal2 kaya yang diceritain vixcow kembar yang saya incer.. saya percaya, geng motor juga punya hal positif yang kalo diangkat bisa sedikit menggeser pandangan orang yang sudah kadung negatif,, punya cerita seputar geng motor? atau mau jadi rekan sharing masalah geng motor,, email saya ya..
    adonjugamanusia@yahoo.com
    thanks,,

    Reply

  126. mahasiswa bandung
    Dec 06, 2009 @ 15:00:36

    kepada penulis,,

    saya mahasiswa jurnalistik di Lota Bandung. saya pun pernah bersekolah kala remaja di kota kembang ini, karenanya saya merasa fenomena geng motor ini memang kental auranya dengan kehidupan kami di Kota Bandung. untungnya saya belum pernah tergabung dalam geng motor apapun. dan belum ada keinginan pula untuk itu. hehe..

    rasanya memang saat itu, ada perasaan bahwa “kayaknya saya gak keren kalo gak tergabung dalam geng motor”, bahkan tak sedikit anak sma dan smp saat itu yang merengek2x meminta dibelikan motor pada orangtuanya, tak sedikit pun yang kabur dari rumah karena permintaannya tak dikabulkan.
    rendahnya pengaruh orang tua di masa labil remaja, minimnya perhatian pasca anak mereka memiliki sepeda motor, sangat memicu perkembangan virus geng motor ini.

    sedikit permintaan. izinkan saya menggunakan tulisan anda sebagai referensi dan rujukan untuk laporan tajuk rencana saya.

    ***

    dan untuk para pengkomentar. marilah kita tunjukkan rasa dan pertunjukkan sifat kita sebagai manusia dewasa, berilah apresiasi terhadap isi tulisan. pahami apa yang ingin disampaikan penulis, berikan penilaian terhadap akurasi data, atau bahkan validasi data berdasarkan pengetahuan anda. dan bukanlah menghujat satu sama lain seolah menganggap tulisan ini adalah ring di dunia maya bagi anda.

    salam bandung yang makin memanas.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: