Geng Motor di Bandung

Oleh Mulyani Hasan

Playboy Indonesia

Mulanya kumpul-kumpul sesama pecinta motor, kemudian berubah jadi geng yang beranggotakan puluhan bahkan ratusan orang. Di jalanan, mereka membentuk
gaya hidup yang terkadang menyimpang dari kelaziman demi menancapkan identitas kelompok. Ngetrack, kebut-kebutan, dan tawuran adalah upaya dalam pencarian identitas itu.

KAWASAN Cilaki, Bandung, suatu sore. Matahari mulai menepi. Tak seluruh siluetnya jatuh ke jalanan. Kerimbunan pepohonan menghalanginya. Dalam teduh, tiga remaja terlihat sedang duduk-duduk. Mereka pelajar sekolah menengah atas yang sedang membunuh waktu, menunggu tibanya jadwal bimbingan belajar. Dari kejauhan, sepeda-sepeda motor menderu-deru. Jumlahnya belasan. Mereka jalan beriringan. Pedalnya dibuat meraung-raung, walau kecepatannya tak lebih kencang dari pembalap paling bego sekalipun.

Mereka melintasi tiga pelajar itu. Mereka, seperti tiga pelajar itu, semuanya berseragam putih abu. Tapi kedua kelompok jelas dari sekolah yang berbeda, dan mungkin tak saling kenal. Sebagian pengendara menyembunyikan seragam putih-abu itu di dalam jaketnya. Tepat di depan ketiga pelajar, salah satu pengendara motor terjatuh, seperti disengaja. Sontak saja teman-temannya melimpahkan kesalahan kepada tiga pelajar itu. “Maneh budak mana, tong macem-macem ka aing,” bentak salah satu pengendara motor itu. (Kamu anak mana, jangan macam-macam.)

Tiga pelajar tadi tak merespon. Merasa di atas angin, para pengendara itu melampiaskan kebinatangannya. Salah seorang mulai memukul. Dan ketika ketiga pelajar itu tak menunjukkan perlawanan, yang lain makin berani dan mulai ikut memukul. Adegan selanjutnya sudah bisa diduga, pengeroyokan tanpa alasan berlangsung dalam waktu cepat. Dua di antara tiga pelajar itu babak belur. Antoni Adi Krisna, salah satu pelajar dari SMUN 9 Bandung , dipukuli bertubi-tubi. Darah segar mengalir dari hidungnya. Pelajar lainnya dari sekolah yang sama, Muri Nugraha, dipaksa untuk menyerahkan barang berharga. Dompet pun melayang. Seorang lagi, Rizal Satria pelajar SMUN 2 Bandung, selamat dari aniaya itu. Ia mengambil langkah seribu.

Usai beraksi, geng tadi berlalu. Seorang pengendara tak lupa berseru dengan pongah “Aing raja jalanan tong macem-macem ka aing.” (Aku raja jalanan, jangan macam-macam). Suara knalpot memecah telinga, kemudian sunyi.

“Saya dan pedagang lain melihat kejadian itu, tapi tidak satupun di antara kami yang berani melawan mereka. Jumlahnya terlalu banyak,” Maryati, pemilik kios itu mengatakan kepada sayaMenurut Rita pengelola Daniel Bimbingan Belajar, Antoni Adi Krisna mengalami shock dan tidak ingin ditemui oleh wartawan. Demikian juga dengan orang tuanya yang tak ingin anak-anaknya terus terusan dijadikan bahan pemberitaan. “Ini tempat bimbingan belajar, jadi kami sangat menghormati pripasi pengguna jasa kami,” ujar Rita ketika saya meminta bertemu degan Antoni.

ADA masa-masa tak aman di jalanan Bandung. Geng motor, beranggotakan beberapa orang atau puluhan hingga ratusan, tak jarang bikin cemas. Ajun Komisaris Besar Polisi Masyudi, Kepala Polisi Resort Bandung Tengah, termasuk yang jengkel atas perilaku mereka. Ia mengancam akan melarang keberadaan geng motor.

Bisa dipahami kalau Masyudi jengkel. Soalnya, menurut Inspektur Polisi Wadi Sa’bani, Kepala Unit Reserse Kriminal Polisi Sektor Bandung Tengah, kasus-kasus kriminal yang melibatkan geng sepeda motor belakangan ini menunjukkan kecenderungan meningkat. Dalam satu tahun terakhir saja, kata dia, terjadi dua kasus setiap minggunya. Jumlah ini belum termasuk pengaduan dari masyarakat. Jenis kejahatannya beragam, mulai pencurian, tawuran, perampokan dengan kekerasan dan pengrusakan tempat umum.

“Di
kota lain, aksi brutal para gengster tidak separah di Bandung, bahkan mungkin tidak ada,”ujarnya, menerka-nerka.
Sa’bani yang saya temui di kantornya mengungkapkan perilaku mereka didasari motif yang tak jelas. Bahkan, bukan sekadar kebutuhan ekonomi. Faktanya, banyak dari mereka berasal dari keluarga mampu. “Ada semacam kepuasan jika melakukan aksi melanggar hukum.”

“Kebanyakan dari mereka yang tercatat di kepolisian adalah anggota kelompok XTC.” Menurut Sa’bani, di antara mereka tak sedikit residivis dalam kasus pencurian kendaraan bermotor.

Ada catatan buat si residivis itu. Salah satunya menimpa perempuan muda bernama Furwanti, 18 tahun. Tengah malam ia lewat di Jalan Laswi. Tiga motor dengan enam orang pengendara, melaju pelan di hadapan Furyanti. Plat nomor motor mereka ditutupi plastik. Satu dari mereka memepet Furyani dan menempelkan sebilah golok di samping leher Furwanti. Hanya perlu sedikit gerakan untuk menyobek leher itu. Furwanti terkesima dan berhenti.

Dengan sewenang-wenang mereka merampas helm dan kunci kontak, lalu kabur dengan kecepatan tinggi. Belum habis teriakan Furwanti, beberapa polisi mendekati Furwanti kemudian langsung mengejar mereka. Nampaknya polisi telah mengintai mereka dari jauh. Polisi hanya berhasil menangkap dua tersangka pelaku. Empat orang lainnya lolos.

***

KECENDERUNGAN perilaku mereka mengarah ke kriminal setidaknya telah berlangsung sejak tahun 1990-an lalu, tak lama setelah arena balapan di jalanan di
Bandung dijaga ketat aparat kepolisian. Jalanan yang sering digunakan untuk kebut-kebutan antara lain kawasan Gasibu di Jalan Diponegoro, kawasan Dago dan Jalan Supratman.

Arena kebut-kebutan tak lagi terlokalisasi. Mereka menyebar secara sporadis ke jalanan lain yang lolos dari pindaian polisi. Jalanan membawa hawa panas rupanya. Mereka tak sekadar kebut-kebutan, tapi juga tawuran. Pada 1995, tiga pemuda dikerangkeng di balik penjara, karena terbukti bersalah dalam kasus tawuran antara geng Brigez dengan Binter Mercy. Satu orang anggota Binter Mercy tewas.

Saya berkunjung ke rumah Ilmanul salah satu anggota Brigez yang dinyatakan bersalah oleh pengadilan. Saya mendapat sambutan hangat darinya. “Saat itu saya tidak tahu ada orang yang terbunuh, saya baru tahu dari koran keesokan harinya,” ujar Ilmanul meceritakan kepada saya. “Dalam tawuran, kita tidak peduli berapa korban yang terluka atau yang terbunuh, yang penting saat itu bagaimana menyelamatkan diri dan teman-teman,” tambahnya.

Ilmanul dihukum dua tahun penjara, sedangkan dua orang temannya masing-masing dihukum tiga tahun dan 2,5 tahun penjara. “Waktu itu memang kami bersalah, menggesek-gesekan samurai di depan mereka,” kata Ilmanul. Yopi, anggota GBR, mengisahkan tragedi paling mengerikan dalam hidupnya pada tahun 1998, ketika terjadi perang besar-besaran antara GBR dengan XTC yang melibatkan ratusan anggota geng motor di kawasan Dago. Lima orang meninggal dalam tragedi itu. Mereka mengenangnya dalam ungkapan “Dago Menangis.”

Yopi lulusan Universitas Pasundan Bandung tengah mendirikan lembaga konsultan dalam bidang pangan. Ia memutuskan untuk tidak lagi ikut dalam kegiatan geng motor.“Teman saya banyak yang meninggal, akibat tawuran dan OD (Over Dosis-red),”ungkapnya. Wendy Prananda, juga anggota GBR, menyaksikan temannya sendiri kehilangan salah satu telinganya akibat dipotong lawan tawurannya. Tapi peristiwa-peristiwa itu tidak menjadi alasan untuk jera. Wendy menyukai dunia broadcast. Ia menjadi juru kamera di salah satu televisi lokal di Bandung. “Kami seperti keluarga, meski saya sudah jarang gabung, tapi soal kesetiakawanan gak pernah luntur,” kata Wendy ketika saya menemuinya di kantornya.

Tahun itu seolah menjadi titik klimaks aksi brutal mereka. Pertemuan antar geng sering jadi saat yang paling rawan gesekan. Nyawa berguguran dan melahirkan dendam tak berujung. Samurai, jenis golok berukuran panjang yang biasa digunakan oleh kelompok Ninja di Jepang, menjadi senjata khas mereka. Tidak hanya saat tawuran, senjata ini biasa dipamerkan pada saat konvoi. Samurai dilepas dan ujung runcingnya digesekkan ke jalanan hingga memercikan cahaya api.

Senjata lainnya yang biasa digunakan yakni golok, stik soft ball, bom molotof bahkan senjata api jenis pistol. Tidak tahu pasti siapa yang menggunakan senjata api, namun dari penuturan sebagian anggota geng yang saya temui, semuanya pernah melihat teman satu gengnya menggenggam pistol atau malahan diancam dengan pistol. Tragedi demi tragedi terus terjadi. Dendam terus berkecamuk, seperti snow ball.

“Tidak perlu ada masalah, pokoknya kalau ketemu, kami saling hajar,” kata Devi Makmur alias Felix, salah satu pentolan XTC. Usianya masih muda belum genap 30 tahun. Saya menemuinya di sebuah café tenda di Jalan Dipatiukur.

Kejadian paling hangat Agustus 2006 ketika Brigez sedang konvoi ke daerah Garut. Tiba-tiba XTC melempari mereka dengan batu. Terjadi kejar-kejaran, lalu tawuran. Satu unit rumah dan mobil milik warga hancur. “Permasalahan dengan XTC tidak akan pernah berakhir sampai kapan pun. Kami tidak pernah mewarisi dendam ini, tapi generasi selanjutnya akan tahu dengan sendirinya,” ujar Ilmanul kepada saya.

***
PERLU dibedakan antara geng motor dengan Club Motor. Geng motor adalah kumpulan orang-orang pecinta motor yang doyan kebut-kebutan, tanpa membedakan jenis motor yang dikendarai. Sedangkan Club Motor biasanya mengusung merek tertentu atau spesifikasi jenis motor tertentu dengan perangkat organisasi formal, seperti HDC (Harley Davidson Club), Scooter (kelompok pecinta Vesva), kelompok Honda, kelompok Suzuki, Tiger, Mio.

Ada juga Brotherhood kelompok pecinta motor besar tua. Tapi kalau soal aksi jalanan, semuanya sama saja. Kebanyakan sama-sama merasa jadi raja jalanan, tak mau didahului, apalagi disalip oleh pengendara lain.

Ada empat geng motor yang paling besar di Bandung yakni Moonraker , Grab on Road (GBR), Exalt to Coitus (XTC) dan Brigade Seven (Brigez). Keempat geng itu sama- sama eksis dan memiliki anggota di atas 1000 orang. Kini mereka mulai menjalar ke daerah- daerah pinggiran Jawa Barat, seperti Tasikmalaya, Garut, Sukabumi, Ciamis, Cirebon dan Subang. Kita mulai saja dengan Moonraker. Inilah konon ruh dari semua geng motor di Bandung. Moonraker lahir pada tahun 1978. Sel-sel komunitas ini, dirajut oleh tujuh orang pemuda yang sama-sama hobi balap.

Nama “Moonraker” diambil dari salah satu judul film James Bond yang kondang ketika itu. Awalnya mereka mengusung bendera berwarna putih-biru-merah dengan gambar palu arit di tengahnya. Namun, karena pemerintah Indonesia saat itu melarang ideologi tertentu yang identik komunisme (yang bersimbolkan palu arit), mereka lalu mengganti bendera kebanggaannya dengan warna merah-putih-biru, bergambar kelelawar. Gambar ini mereka adopsi dari lambang “Hell Angel”, sebuah kelompok motor di Amerika Serikat. Kelompok ini konsisten dengan sistem keorganisasiannya. Setiap tahun ada penggantian kepengurusan dan membuat program-program kerja. Struktur Organisasinya terdiri atas Divisi Balap, Panglima Perang (Paper), dan Tim SWAT atau regu penyelamat.

“Panglima Perang” mungkin terdengar unik dalam sebuah organisasi pencinta motor. Istilah ini biasanya digunakan oleh lembaga keamanan atau kelompok bersenjata. Di Moonraker sendiri, Panglima Perang bertugas mengkoordinir anggota pada saat terjadi tawuran, atau sebagai pembuat keputusan pada saat terjadi bentrok dengan kelompok lain. Jika ada keputusan perang, informasi menyebar ke seluruh anggota paling lama dalam waktu 24 jam.

Bagi para pembangkang yang melanggar tata tertib organisasi, sudah disiapkan tempat yang mereka sebut dengan nama “Sel 13,” semacam mahkamah pengadilan. Tempat ini paling dihindari oleh semua anggota. Jangan mengharap sebuah proses hukum layaknya sebuah lembaga pengadilan. Di sini para pembangkang itu akan mendapat penyiksaan dari senior-seniornya.

Kategori pelanggaran itu antara lain memakai dan mengedarkan narkoba, bertindak melanggar hukum dan menjalin hubungan kasih dengan sesama anggota Moonraker. Pengikut Moonraker semakin lama, terus membengkak. Kini tercatat anggotanya mencapai 1.400 orang, tersebar di berbagai wilayah.

Menurut Dandy Alfandy, salah satu pentolan Moonraker, sejak awal kelompok ini berorientasi pada balapan. Konflik dengan geng XTC (musuh terbesar Moonraker) pertama kali dipicu saat berlangsung kompetisi Road Race piala Djarum Super tahun 90-an. Persoalannya sepele saja, hanya senggol-menyenggol di arena balapan, entah siapa yang memulai. Puncaknya, terjadi tawuran besar-besaran antara ke dua geng ini pada tahun 1999. Satu orang meninggal dunia pada peristiwa itu. Hingga kini dendam sejarah itu masih mengendap dari generasi ke generasi. ”Pernah ada upaya damai, tapi percuma saja. Sekali musuh tetap musuh,” ujar Dandy. Saya berbincang dengan pemuda Dandy di kantornya.
Kini Ia membuka usaha penyedia jasa travel.

XTC punya anggota lebih banyak dari Moonraker. Siapa mereka? XTC atau Exalt To Coitus lahir pada tahun 1982 oleh 7 orang pemuda.Belakangan nama itu diganti menjadi Exalt To Creativity, karena nama semula agak berbau porno. Mereka membawa bendera berwarna paling atas putih-biru muda-biru Tua. Di tengahnya ada gambar lebah yang melambangkan solidaritas antar anggota. Bila salah satu di antara mereka ada yang diserang, maka yang lainnya akan membela.

Mereka kini mendirikan Sexy Road Indonesia, kumpulan gengster XTC se-Indonesia yang berpusat di Bandung, untuk memfasilitasi anggotanya yang sudah melebihi 10.000 orang. Tak hanya Moonraker sebenarnya. Brigez dan GBR, juga menyatakan permusuhannya terhadap XTC. Brigez yang paling antipati terhadap geng yang satu ini. Asal muasal terjadinya permusuhan tidak jelas sampai sekarang. Namun, baik XTC maupun Brigez menyatakan perang satu sama lain hingga saat ini.

“Setiap gengster ingin menjadi yang nomor satu, kenyataannya kami memang yang paling banyak anggotanya,” ujar Ari Rinaldi, salah satu anggota XTC mencoba menjawab alasan mengapa XTC banyak dimusuhi oleh geng lain. Ari Rinaldi tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjajaran Bandung. Pasukan ini juga memiliki Koordinator Perang, untuk mempermudah koordinasi jika terjadi tawuran atau pada saat akan melakukan perbutan wilayah. Perebutan wilayah termasuk upaya dalam rangka memperluas daerah kekuasan dan meningkatkan prestise dikalangan gengster. Menurut Felix, penyerangan biasanya dilakukan diam-diam ke basis-basis lawan.

Anggota XTC, banyak anak-anak dari lingkungan TNI atau Polisi. Tak heran, jika terjadi perang senjata api banyak beredar. “Kami punya koneksi dengan pihak kepolisian, jadi kalau ada urusan dengan polisi cepat selesai,” ujar Felix meyakinkan saya.

Saya menemui Luki, generasi kedua geng lebah ini di sebuah café di Bandung. Ia seorang Sarjana Hukum dan kini bekerja di salah satu lembaga formal. Tak diduga Luki dikawal oleh lebih dari 6 orang teman satu gengnya dan saya berada di tengah-tengah mereka. Mereka bersikap sopan dan menunjukkan keinginannya berbagi cerita dengan saya. Saat itu saya seperti berada dalam acara talkshow, karena harus membagi kesempatan semua untuk bercerita. Bahkan saya sempat mendapat tawaran untuk menjadi ketua geng, wuaduh “Kami ini kumpulan anak-anak nakal makanya masuk geng motor, kalo mau jadi anak baik-baik lebih baik masuk pesantren saja,” ujar Iskandar, laki-laki paruh baya. “Kerjaan kami ya hura-hura, bersenang-senang,” tambahnya.

Lalu, mengapa geng motor identik dengan kekerasan?“Itu karena aparat yang menciptakan. Mereka sering main gebuk sembarangan. Kami memang sering merampas motor milik geng lain saat bentrok, istilahnya rampasan perang. Tapi motor itu langsung kami bakar, tidak dijual atau dimiliki oleh salah satu dari kami,” kata Iskandar. “Mungkin bagi polisi tindakan itu termasuk kriminal, tapi menurut kami bukan,”tambahnya.

Iskandar termasuk pentolan XTC, ia juga ketua sebuah lembaga yang bergerak di bidang penyediaan jasa pengamanan, Bodyguard Security Service (BOSS). Markas BOSS dulu sering dijadikan tempat nongkrong anak-anak XTC. Dalam pertemuan itu, ketua XTC Avi Vabio akrab dipanggil Pepi, juga ada. Usianya jauh lebih muda. Ia ternyata salah satu karyawan bank berplat merah di Jawa Barat. Ia tak banyak banyak bicara, bahkan pertanyaan-pertanyaan yang saya lontarkan kepadanya justru banyak dijawab oleh Luki.

Saya memutuskan menemui Pepi lagi. Kami bertemu di tempat yang sama keesokan harinya. Pepi membawa tiga orang kawannya. Dadan salah seorang di antaranya mengatakan bahwa telah terjadi selisih paham di atara anggota XTC sendiri. “Ada kelompok yang berusaha memanfaatkan massa XTC untuk kepentingan politik. Padahal harapan kami, ada ruang untuk berkreatifitas,” ujarnya. Malam itu Dadan membawa anak laki-lakinya yang masih berusia sekitar 2 tahun. Pepi mengaku sering diajak berunjukrasa dengan iming-iming uang. “Kami bahkan pernah terlibat dalam tim sukses Aa Tarmana, kandidat Walikota Bandung, tapi kalah,” kata Pepi. “Beberapa partai politik pernah meminta massa dalam jumlah tertentu untuk kampanye. Pada pemilu 2004, partai Demokrat juga meminta massa. Biasanya kami dibayar per kepala, ya lumayan lah..”Beberapa hari lalu mereka juga mengirim 200 motor pada perayaan ulang tahun Partai Demokrasi Pembaruan di Lapangan Gasibu Bandung.

Tidak menutup kemungkinan pada kampanye-kampanye atau unjukrasa itu bertemu dengan geng motor lain. Tapi kalau dalam urusan ini, mereka memilih damai.

Pertengahan 2003, XTC melakukan penyerangan sensasional. Mereka menyerang kantor Kepolisian Wilayah Kota Besar (Polwiltabes)
Bandung. Semua anggotanya tumpah ruah mengepung kantor Polwiltabes. Mereka kecewa karena tidak diberi izin pada saat mau mengadakan bakti sosial, akibat ada kesalahpahaman antara poilsi dengan panitia.
Polisi tak bisa berbuat banyak menghadapi ribuan
massa yang memadati Jalan Merdeka sepanjang kurang lebih 3 Kilo Meter. Beberapa orang yang dituduh provokator ditahan di kantor Polwiltabes
Bandung.

“Kalau gak ada XTC ya gak rame, gak akan terjadi perang,” Iskandar menambahkan. Tapi ia menitip pesan untuk para aparat: “tolong rangkul kami, masa GAM dengan RI saja bisa berdamai?”

TAHUN 1980-an juga ditandai kelahiran Brigez dan GBR.

Brigez lahir di SMUN 7 Bandung, sesuai dengan namanya Brigade Seven. Sejak masih embrio pada tahun 80-an geng ini merupakan rival terberat XTC. Awal terbentuknya tak lebih dari hanya sekadar kumpul-kumpul biasa. “Kami hanya ingin bebas menjalankan motor, tidak pakai helm, tidak pakai lampu apalagi rambu-rambu,” kata Ilmanul, salah satu pendiri Brigez. Dulu geng ini hanya beranggotakan tidak lebih dari 50 motor. Kini pengikutnya mencapai ribuan motor dan tersebar di berbagai daerah di Jawa Barat. Sistem pengorganisasiannya tidak jelas. Tidak ada pengurus, hanya ada ketua yang bertugas mengkoordinir saja.

Warna bendera negara Irak tanpa huruf Arab di tengahnya, menjadi lambang identitas kelompok ini dengan kelelawar hitam sebagai simbolnya. Nama Brigez acapkali diplesetkan menjadi Brigade setan atau Brigade Senja, karena mereka sering nongkrong bersamaan dengan kepulangan sang surya.

Berbeda dengan XTC, Brigez identik dengan sikap anti birokrasi. Mereka menolak bersimbiosis dengan lembaga plat merah atau ormas bentukan kelompok politik tertentu. Menurut Ilmanul, lamaran dari Ormas Pemuda Pancasila untuk bergabung, ditolaknya mentah-mentah. Kalau pun ada anggotanya yang menjadi kader partai, itu lebih bersifat individu dan tidak membawa bendera Brigez. Bersamaan dengan Brigez, muncul pula Grab on Road (GBR). Yang berbeda, geng ini dilahirkan di lingkungan SMPN 2 Bandung. Mereka tak rikuh kebut-kebutan, sekalipun banyak yang belum pegang surat ijin mengemudi.

Kelompok ini mengidentifikasi diri dengan segala sesuatu berbau Jerman, paling tidak warna benderanya hitam-merah-kuning (urutan dari atas ke bawah). Meski lahir di SMPN 2 Bandung, anggota GBR beragam. Bukan hanya siswa atau alumni sekoah itu saja, tapi kalangan umum lain.

Saya menemui Supiana, Pebina Urusan Kesiswaan SMPN 2 Bandung. Ia menolak sekolahnya diidentikan dengan geng. “Tidak ada fakta bahwa GBR berdiri di SMPN 2,” ujarnya. Namun ia membenarkan halaman sekolahnya dijadikan tempat bergerombol pada sekitar tahun 80-an.

WENDY Pranandha, anggota geng GBR, mengatakan keinginannya masuk geng karena pengaruh lingkungan. “Saya terpaksa masuk geng karena 80 persen siswa SMP 2 saat itu anggota geng GBR, selain ingin coba-coba.”

Dari Wendy dan beberapa anggota lain, saya punya kesan bibit anggota geng sepeda motor di Bandung dipupuk mulai usia belasan tahun, bahkan itu tadi, sejak mereka duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Banyak sekolah-sekolah menjadi basis mereka. Seperti SMUN 7 terkenal sebagai sarangnya Brigez, SMU BPI sarangnya XTC dan SMP 2 tempat lahirnya GBR. Labelisasi geng motor terhadap sekolah tertentu mempengaruhi pilihan para calon siswa ketika menentukan sekolah mana yang akan mereka pilih. Siswa yang sudah memiliki keterikatan dengan geng tertentu semasa duduk di SMP, akan memilih SMU yang merupakan basis geng asalnya.

Sedangkan siswa yang netral justru akan menghindari sekolah-sekolah yang identik dengan geng. Bisa juga karena kehawatiran orang tua sehingga dimasukkan ke sekolah yang lebih bersih dari geng. Meski demikian banyak siswa dan orang tuanya yang tidak terpengaruh dengan isu ini. Pihak sekolah SMUN 7 Bandung, tempat bersarangnya Brigez, dulu kewalahan menghadapi mereka. Setiap hari ada saja ulah mereka, mulai malak (meminta uang dengan paksa) teman-teman sekolahnya, hingga mengancam para guru. Uang diistilahkan oleh mereka dengan sebutan “sumsum.”

Wakil Kepala Sekolah SMUN 7 Bandung Sucipto, pernah diajak berkelahi oleh para anggota geng. Sucipto memang getol memerangi mereka.Ban motornya sering kedapatan bocor atau namanya menjadi mozaik di tembok-tembok sekolah dengan tulisan kasar dan mengejek. Pada 1999, SMUN 7 melakukan pembersihan terhadap gengster. Spanduk-spanduk anti geng, pembersihan tembok-tembok dari coretan “Brigez” dilakukan dalam tempo singkat. Lalu pihak sekolah memutuskan untuk mengeluarkan siswa yang terlibat geng.

Meski demikian, setiap tahun ada saja bibit Brigez yang tumbuh. Dilarang di sekolah, mereka mengeruhkan jalanan. Di jantung kota, di pasar-pasar, di daerah pertokoan, jembatan, di gedung sekolah, gedung pemerintahan, taman kota, dimana-mana di kawasan Bandung pasti terdapat coret-coretan. Medianya bisa tembok, papan, batu, seng atau apapun yang bisa menjadi media tulis.

Sekilas, coretan-coretan itu tidak bermakna apa-apa. Kalau diperhatikan coretan-coretan itu bertuliskan nama-nama geng motor. Yang paling banyak ditemui adalah tulisan Brigez, XTC, M2R dan GBR . Bukan hanya di kota Bandung, di daerah-daerah pinggiran pun, banyak beredar tulisan-tulisan semacam itu. Sepertinya memang sepele. Tapi dari coretan itu bisa terjadi pertumpahan darah. Tulisan nama geng di tembok di wilayah tertentu, menandakan wilayah kekuasaan geng itu. Tulisan nama geng juga berarti kebanggaan bagi geng tersebut.

Masalah muncul jika dalam sebuah dinding terdapat nama salah satu geng, tapi kemudian ada yang mencoret dan diganti dengan nama geng lain. Ini adalah salah satu pemicu terjadinya tawuran antar geng. “Kalau ke luar kota, kami pasti menyempatkan mencoret dinding, itu menandakan bahwa kami pernah ke tempat itu dan itu adalah kebanggaan,” kata Ilmanul Bagi para geng coret-coret dinding itu memicu adrenalin. Mereka harus berhadapan dengan aparat keamanan pada saat beraksi. Lebih dari itu mereka harus berhadapan dengan geng lain yang menguasai wilayah setempat.

MASUK ke dalam komunitas ini tidak cuma-cuma. Calon anggota Moonraker, misalkan, tak jarang diwajibkan mengendarai motor tanpa rem dari Lembang hingga Jalan Setibudhi Bandung. Jaraknya sekitar 15 kilometer.

Kalau tidak disuruh ngebut tanpa rem, anak baru dipaksa berkelahi dengan seniornya. Pendeknya, mereka tampil pada panggung kehidupan sosial dengan menawarkan model-model kekerasan. Diakui atau tidak, itulah pola yang terbentuk melalui berbagai gerakan yang mereka tampilkan. Tindakan kekerasan seperti kebutuhan spritual untuk membentuk identitas kelompoknya.

“Tindakan melanggar hukum memang ada, hanya agar orang lain tahu bahwa kami ada,” kata Ilmanul, anggota Brigez itu. Ia kini berusia 27 tahun dan kini berwiraswasta. “Kalau soal membuka jalan dan memukul spion mobil orang, itu biasa dan sering dilakukan pada saat konvoi. Ada juga yang mencuri, tapi uangnya digunakan rame-rame untuk pergi keluar kota atau konvoi,” tambahnya. Setiap geng memang tidak membenarkan tindakan itu, tapi ada tradisi yang tidak tertulis dan dipahami secara kolektif bahwa tindakan itu adalah bagian dari kehidupan jalanan. Apalagi jika yang melakukannya anggota baru yang masih berusia belasan tahun. Mereka “mewajarkannya” sebagai salah satu upaya mencari jati diri.

Yopi, anggota GBR berusia 25 tahun, punya pengalaman yang membuat jantungnya bertabuh. Pada suatu malam di Jalan Cihampelas, dia bersama seorang temannya menghadang dan mengancam seorang pengendara motor. Setelah berhasil mematahkan keberanian orang itu, ia dan temannya justru bingung mau melakukan apa. Akhirnya keduanya sepakat untuk mengambil uang secukupnya dari dompet korban, lalu kabur sekencang-kencangnya. “Deg-degan, tapi puas karena gak tertangkap polisi,” kenang Yopi seraya tersenyum lebar.

Ada juga inisiasi yang lain. Untuk menjadi anggota senior, misalkan. Ia tidak cukup dengan berapa lama dia bergabung di geng itu, tapi butuh pembuktian bahwa orang itu berani melakukan hal yang paling beresiko sekalipun. Semakin tinggi resiko yang dia ambil, semakin tinggi pula penghormatan atas dirinya Senior adalah kedudukan penting bagi geng. Seorang senior mempunyai keleluasaan dalam hal apapun. Ia juga mempunyai hak menentukan keputusan terhadap para junior. Kedudukan senior bahkan lebih tinggi di atas ketua geng. Senior bisa memutuskan salah atau benar dan menghukum junior dengan caranya sendiri.

Wendy Pranandha, anggota GBR, mengatakan peran senior amat menentukan. Sekali saja ada anggota yunior tidak kelihatan kumpul wajib setiap malam minggu, si senior akan menghajar sesuka hatinya, tak peduli alasan apapun. Kekerasan seolah mewakili spirit mereka. Mungkin juga mereka menganggap itu pilihan
gaya hidup. [end]

222 Comments (+add yours?)

  1. AM
    Jun 26, 2007 @ 12:31:49

    Tulisan yg menarik pasti lahir dari reporting yang ok. Spt tulisan ini. …… Ah, geng motor di Bandung ini, meski kadang menakutkan, tak mengurangi rasa ingin untuk kembali ke kota Kembang.

    Reply

  2. KARDUN NIH !!!
    Jul 24, 2007 @ 13:16:57

    AHHH BARUDAK GENG KAYA EK TE CE (XTC) BRIGEZ MOONRAKER DLL CUMA BERANI KROYOKAN DOANK TAPI KLO 1 BY 1 MAH KAGA BERANI…..KLO KALIAN EMANG BRANI DATENG AJA KE DAERAH KEMAYORAN CARI AJA JIGUR DIA ITU ANAK NYA BEGO TAPI PUNYA KENYALIAN YANG SANGAT BESAR…. PREMAN BEROTOT AJA DI GEBUGIN SAMPE BOCOR KEPALANYA….

    SO GANG MOTOR KAYAK BEGITUAN CUMA BERANI KROYOKAN DOANK !!!!

    WTF

    PEACE,LOVE,AND GAUL :P
    SALAM BUAT DARSO

    Reply

  3. sahat erwin simandjunthack
    Jul 24, 2007 @ 13:20:11

    bagi para pengguna sepeda motor untuk memakai helm nya agar tidak terjadi hal-hal yg tidak diinginkan

    klo bisa bendera brigez diganti ama bendera arab :P

    Reply

  4. hijar
    Aug 04, 2007 @ 16:05:07

    laporan MH saya suka, selalu saya ikutin. bagus banget tuh….

    Reply

  5. rizqal
    Aug 09, 2007 @ 04:45:33

    PS : XTC keren…

    Reply

  6. looselens
    Aug 10, 2007 @ 13:54:44

    are we getting dumb and dumber? we are.

    Reply

  7. mulyanihasan
    Aug 11, 2007 @ 06:51:09

    wuah ternyata para gengster memberi respon.

    terimakasih…

    Reply

  8. Dion Alias O`chan
    Aug 12, 2007 @ 20:22:37

    XTC…..XTC….XTC
    Coitus Jo
    apa gak bingung
    nambah hari banyak yang cuman ngaku” XTC
    padahal lom tentu dia bener” punya jiwa XTC

    XTC Sexy Road
    Base Kesambi Cirebon
    O`chan

    Reply

  9. Dion Alias O`chan
    Aug 12, 2007 @ 20:24:29

    nah lho….nah loh
    mana nih anak” bandung kangen euy
    kapan yah bisa teblang bareng lagi
    kita bantai tuh yg pegang di barat
    tuparev emang pos mantab

    Salam Putih Biru Biru
    COITUS JO

    Reply

  10. donny akbar
    Aug 17, 2007 @ 15:46:44

    salam buat anak anak XTC di indonesia khususnya di kota kembang BANDUNG,apalagi buat TEAM KEMBAR BANDUNG….gimana nich perkembangannya?gimana nih buat akang akang senior,apalagi buat PEPI…masih exist nih sampe skrnk?tapi bagus euy biar tambah banyak anggotanya …pilih panglima perang yang Siiip..tapi kalo bisa lebih bawa anggota qta ke yg lebih positif lagi,ga usah ribut melulu…itu jg kalo bisa …tapi kalo emang musuh2 qta jual mah qta wajib beli itu mah pasti ,iya ngga ??khususnya team kembar do’akan slalu saudara2 qta yg telah pulang ke rahmatullah,buat alm.agus kencu,alm.dadang cakle,alm.ari unchal semoga amal ibadahnya diterima Alloh swt. amin
    khusus buat aji ewod,semangat euy ..ulah putus harapan ,kalo udah keluar nanti ga usah neko neko lagi,otreh…btw,urang reunian yuk>>>di 2009th…wait me ,ok

    salam XTC,

    -popot-

    Reply

  11. donie popot
    Aug 17, 2007 @ 16:13:01

    buat si KARDUN,anggota XTC tuch kalo banyakan emang berani tapi lebih berani lagi kalo “ijen” alias one by one ,justru yg diharapin tuh yg kayak gitu apalagi qta emang punya basic toek “ijen”…eee btw,kardun tau ijen ngga?kalo blom tao cari tau ama popot,pasti ntar di kasih tau …maapin ya kardun,abisnya kardun ngomentarinnya not good for me..he2x
    kardun,meski popot udah lama “OFF” di XTC tapi jiwanya tetep “jiwa ijen” XTC sejati..

    nuhun,

    popot xtc

    Reply

  12. P-ronk
    Aug 20, 2007 @ 07:34:21

    Sebenernya ga ad yng mesti ngoceh kaya banci aja.
    yang penting ini hidup y kita jalanin aja nich hidup.burn rubber not your soul.
    bwat anak BRIGEZ yang makin erat persaudaraannya.bantai musuhmu sampai titik darah terakhir
    salam bwat XTC yang banyak omong doank,kalian ga pantas ada dijalanan.
    BRIGEZ ayo maju.aku pendukungmu bwat brigez se indonesia.soorry gw lg sibuk dulu,
    blum bisa bantai musuh kita.P-ronk in here. just Brigez the leader on the road

    Reply

  13. they
    Aug 20, 2007 @ 07:47:09

    bwat anak BrigeZ selamat atas keberhasilan bhakti sosialnya y
    tentunya salam bwat brigez se INDONESIA
    wah kakaku p-ronK kemana aja nich.2 bulan ngilang.
    tp pasti lo balik ngasih kejutankan bwat musuh kita,
    dimanapun lo.BrigeZ tetep punya Lo.

    Reply

  14. mulyanihasan
    Aug 21, 2007 @ 10:35:28

    Kepada para gengster yang membaca blog saya, terimakasih atas kunjungannya. Tapi saya perlu tegaskan, bahwa tugas saya sebagai jurnalis untuk menyodorkan fakta, dan memberi ruang yang sama untuk semua pihak yang berkaitan.

    Saya harap, artikel ini justru menjadi titik temu untuk perdamaian. Tak ada enaknya bertikai.

    Mohon maaf, saya tidak bisa memuat komentar-komentar yang cenderung provokatif dalam blog saya.

    Thx

    yani

    Reply

  15. insane designer
    Aug 26, 2007 @ 15:48:01

    hai..
    gw salah satu pentolan Grab On Road Buah Batu skitar tahun 99-2002, gw cm pengen ksh masukan kebetulan gw juga lagi neliti fenomena gangster Bandung..
    kebetulan gw pernah coba yg namanya XTC, BBC zaman dulu bukan yg skrng, dan berteman dengan pentolan Brigez sampe Ketua Brigez 7 yg lulus SMA 7 thn 2002..
    dari 4 gangster besar di Bandung, gw bisa ksh tau GBR paling bersih..
    karena dalam melaksanakan aksinya, GBR lebih elite dan eksklusif karena GBR punya sense exclusivity lebih tinggi dibanding 3 gangster laing yang bisa dikatakan lebih banyak anggota dengan Status Social Economy B to C (low economy)..
    gw beberapa kl ngelakuin aksi perang, tp jujur itu semua karena eksistensi organisasi bukan semata-mata nafsu kriminal yang tinggi..
    sebagai seorang pribadi sosial gw pernah ditawarin jd sekretaris PP oleh tangan kanan Ferry “Togel”, tp gw tolak krn pada saat itu gw lg nyiapin rencana studi ke Aussie..
    cuma berbagi info ‘n kebetulan gw lg research fenomena ini..

    Reply

  16. abey_cwr
    Sep 02, 2007 @ 05:59:31

    halo brow ..
    saya anak xtc chiewastra ..
    saya cmn mau ngomong buat p-ronk brigez ..
    ceuk saha xtc teu pantes di jalanan ..
    buktina eklip margacinta ancurna kusaha ..
    tah gegedug sia bang retno paeh na ku saha ..
    mikir atuh jow ..brigez mach mariskin ..eweh duitan ..

    Reply

  17. abey_cwr
    Sep 02, 2007 @ 06:03:22

    bwt km anak2 xtc ..
    mari bersama2 qta hancurkan musuh qta apalagi yang namanya brigez ..
    kibarkan putih biru muda biru tua di bandung ..
    sok atuh bwt anak2 xtc selaen chiwastra datang ka cwr sakalian silahturahmi ..diantoz

    c_abey_wr

    Reply

  18. moe
    Sep 03, 2007 @ 15:00:22

    good article, is very interesting if we discuss about the bad phenomenon growth in my lovely city, thank you ! the article give me another opinion motorcycle gangster in bandung, caused before i read this aricle i just have information only from my brother and my self experience.
    He told me about the all heroes experience when join with once of the club in 1979(M@R), age of my brother 45 right now.
    I m very proud to my old bro, that’s why in my generation i follow him to join with once of club motor cycle (XTC) in bandung.
    i’37 age old right now,
    For mulayanihasan please not just talk with the young generation for your source. make balanced article with the success story from the member of “Genk” (like U say)

    Reply

  19. Bie_baragadzuls
    Sep 05, 2007 @ 05:18:52

    Salam boeat anak sexy road se-indonesia
    ngaran urang Bie
    sok atuh jalan deui
    tong loba dedengean ti batur
    masalah maot mah urusan ALLAH SWT

    ieunamah be your self weh lah
    ceuk urang hade nya hade
    rec barudak anu netral ka XTC

    lamunrek ngolingan
    add yahoo mass urang
    Bie_baragadzuls@yahoo.com

    Reply

  20. WAR LORDS
    Sep 21, 2007 @ 04:03:25

    hy

    mo kasih kesan dan pesan aza!!
    apa yg membedakan GBR dan Genk lainya?
    seperti yg tlah dikemukakan oleh sdr insane designer bahwa GBR itu Elite memang benar, GBR adalah komunitas yg Flexible dan Exclusive

    GBR ada karena adanya ikatan pertemanan yg erat bahkan persaudaraan, oleh karena itu prinsip GBR adalah
    SOLIDARITY OF POWERS, angota GBR itu sudah terkenal GANTENG2, KEREn , BORJUIS, karena latar belakang mereka adalah Jebolan SMPN 2 BDG yg notabene adalah Sekolah menengah pertama terfavorit di bdg oleh karena itu anggota GBR kebanyakan adalalah manusia terpelajar itulah sebenarnya yg menjadikan GBR ekslusive

    flexible ? di waktu sekarang khususnya di Bandung Tidak ada yg namanya perekrutan ataupun Istilah OSPEK GBR, Skr para remaja mengidolakan dan sukarela menjadi anggota komunitas ini karena Kebesaran nama GBR serta Ekslusifitasnya! terserah mereka mo gabung ato cabut!! ga ada masalah, yg penting pertemanan dan persaudaraan diantara Graber selalu terjalin, itulah purpose kami di GBR, kuantitas bagi kami adalah bukan masalah, yang penting adalah KUALITAS itulah yg membedakan GBR dengan Genk lainya!!

    GBR terbagi dalam 2 wilayah besar yaitu
    BANDUNG dan KUNINGAN
    di kuningan management GBR lebih terarah dan terurus
    disana menjadi anggota GBR adalah kebanggaan yg hebat.
    dikota ini GBR menjadi ORMAS terbesar, mungkin bagi seorang anggota genk hanya di kota ini lah bisa bebas mengekspresikan sebagai gangster tanpa takut berurusan dengan aparat hukum maupun Geng lainya, karena di kuningan hanya ada satu Gangster yaitu GBR, GBR di kota ini menyatu dalam masyarakatnya sehingga pandangan masyarakat disini positif terhadap keberadaan GBR.
    oleh karena itu kami GBR bandung sangat merindukan untuk touring mengunjungi saudara2 GBR kami disana, dan kami selau disambut Hangat!! we love u GBR N GLR kng !!!

    GLR? adalah GBR bagi kaum Hawa yg anggotanya adalah Mojang kuningan yg terkenal akan kecantikannya, dan diantara mereka kebanyakan study, kuliah di bandung diantaranay di UNPAD, UNPAS, UNISBA dan UNIV WIDYATAMA, sok atuh tah barudak GBR bdg cari mereka? hehehehe

    sekilas GBR dicikutra?
    gw members Grab On Road area cikutra

    ————- SOLIDARITY OF POWERS—————

    Reply

  21. sun_mm
    Sep 24, 2007 @ 21:13:22

    halo brow ..
    saya anak brigez sulaksana..
    saya cmn mau ngomong buat abey xtc..
    he euh dah budak brigez di eklip can siap ….
    terus kumaha tah anu perang di jalan saturnus saha anu menang.. barudak aing brigez..

    sok atuh nyerang ka dieu ka sulaksana di dagoan kubarudak aing…..

    kumaha joey kamana wae atuh karek kaciri deui….

    hidup brigez lah stay alive forever

    Reply

  22. A.Iwan
    Sep 25, 2007 @ 13:24:18

    Gimana kabarnya anak2 Sekzy Road,…. Jalan bersama kalian rasanya jalanan terlalu sekzy, semua berbaur menjadi satu, tiada perbedaan kelas sosial, tiada perbedaan jenjang pendidikan, tidak pernah membicarakan perbedaan ras, agama, ….rasanya kita sebaya saja,…
    serasa nikmat dalam keadaan lapang maupun sempit…
    Alasan itu mungkin yang menjadikan XTC seperti tempat berkumpulnya para broken home merasa memiliki keluarga utuh, para teraniaya dibela, dan tentu saja, XTC menjadi tempat para pemberani,, di jalanan maupun pemberani dalam mengarungi kehidupan ini.
    Kami generasi XTC tidak membedakan antara yunior dan senior, Biar keberaniannya di peperangan menentukan di strata mana dia akan berada.

    Aku adalah Biru
    Aku adalah biru di dalam merah
    Walaupun aku adalah biru di dalam merah
    Warna biruku tidak akan pernah memerah
    Aku tetaplah biru
    Karena walau bagaimanapun biru tidak akan pernah sama dengan merah.
    Walaupun aku adalah biru di dalam merah
    Aku tidak akan memerah
    Aku akan semakin membiru
    Karena aku adalah biru di dalam merah
    Aku ingin kembali kepada biru
    Biru tempat asalku

    Salam rindu buat para Exalters…
    dari A.Iwan Chikaso di Tokyo, JAPAN.
    Terima kasih untuk Jurnalis Mulyani Hasan.

    Reply

  23. tedi yusnanda n
    Sep 27, 2007 @ 18:57:04

    good report…salute!

    Reply

  24. aa gym
    Sep 29, 2007 @ 14:48:30

    silahkan para geng motor untuk berekspresi, karena sekarang zaman modern dan zaman serba kebebasan. tapi satu hal yang perlu ditanamkan dari dalam hati para gengster di Bandung, jangan sampai aksi kalian merugikan masyarakat lain atau pengguna jalan lain. karena mereka pihak yang tidak berdosa…

    hormatilah mereka sebagaimana mereka menghormati kebebasan anda semua….

    Reply

  25. MASBON XTC
    Oct 03, 2007 @ 23:00:20

    BRAVO XTC SEXY ROAD..
    ‘Seperti lambangnya LEBAH dia adalah pemberani.. Satu orang sangat diperhitungkan apalagi banyak, dia mempunyai kekompakan, mereka ingin menjadi orang berguna, tapi jangan diganggu, mengusik mereka adalah malapetaka..’
    @Masbon XTC

    Reply

  26. MASBON XTC
    Oct 03, 2007 @ 23:08:44

    Salam kompak untuk sahabatku Mulyani Hasan..

    Reply

  27. sireum adu 666
    Oct 06, 2007 @ 10:37:56

    exalt to coituz bukan pembunuh melainkan club yang disegani.salam
    we are from bandung 40394 xtc unit 01 cikazo

    Reply

  28. ajay
    Oct 06, 2007 @ 18:50:32

    aink mah lieur kabeh geng babaturan, jadi kumaha?
    i love u to all gangters. your a brave one.

    Reply

  29. ocha
    Oct 15, 2007 @ 06:00:07

    salam bwt nak2 xtc bandung

    Reply

  30. ocha
    Oct 15, 2007 @ 06:02:15

    kabeh mah baturan kabeh….lamun daek mah tah polisi lamun wani……..heehehehhehehehe….^^

    Reply

  31. AC
    Oct 21, 2007 @ 10:19:08

    Mudah2an anggota gangster2 itu segera bertobat, menurut saya memupuk persaudaraan itu baik tp jgn sampai menuju kriminal apalagi mencelakakan orang yg tidak berdosa.

    Apakah kalian punya hati nurani hai para gangster motor? Mengapa kalian tidak belajar dengan baik untuk membangun bandung atau bahkan indonesia? Org lain dan negara lain berlomba2 untuk maju, ini kok mundur terus?

    Reply

  32. alan satria
    Oct 22, 2007 @ 05:48:07

    Ada sih yang bisa mempersatukan semuanya…
    PERSIB.

    Reply

  33. Shiro
    Oct 22, 2007 @ 06:30:12

    Tos ulah ribut wae damai kabeh lah urang mah lieur ribut wae maraneh teh urang hayang bandung tertib “gemah ripah loh jinawi” bandung bersih tertib ok

    ok

    Shiro

    Reply

  34. budi
    Oct 23, 2007 @ 07:26:59

    Tks ya saudarku MH…
    Liputan anda luar biasa

    Reply

  35. deta
    Oct 24, 2007 @ 08:43:46

    Untuk para anggota geng motor yang sering berbuat zolim, yang sering berbuat kekerasan, insyaflah kalian sebelum ajal menjemput. Karena SAKARATUL MAUT itu sungguh sakit…300 KALI SABETAN PEDANG….belum lagi SIKSAAN KUBUR yang sangat pedih….Nauzubillahi min dzalik….
    PINTU TOBAT MASIH TERBUKA selama ruh masih ada didalam tubuh, dan selama malaikat maut belum menjemput…. Insya Allah… Amin…

    Reply

  36. peace for all
    Oct 24, 2007 @ 09:40:04

    good report …
    Buat para gengster … tobat euy … mati saat perang … yakin narakana eta mah. Gak usah berharap yang lain !!

    Reply

  37. Prabu Siliwangi
    Oct 25, 2007 @ 10:22:48

    Adeknya pentolan XTC bandung, bung Pepi tewas gara2 kebanyakan gaul dengan sampah2 XTC….gmn bung Pep?
    Masih gak pengen tobat?

    Reply

  38. tompel
    Oct 25, 2007 @ 18:03:19

    good article…terus terang saya ngeri bacanya…

    Hidup Persib….!

    Reply

  39. dio astro
    Oct 26, 2007 @ 04:19:07

    liputan yang menarik…good job!

    Reply

  40. monsterikan
    Oct 27, 2007 @ 10:52:24

    geng motor emang serem. padahal banyak loh klub-klub motor yang cinta damai tapi knapa pada milih yang seram2 yah. ih tatut!

    Reply

  41. Bimasakti
    Oct 28, 2007 @ 09:16:01

    Dear all,

    Kepada geng semua saja, Untuk menunjukan jati diri tidak perlu harus ikut geng, Karena dalam geng cenderung berbuat anarkis dan merugigak orang lain. Perlu di ketahui Geng mayoritas beraninya hanya keroyokan tidak berani 1 lawan 1. yang artinya bahwa orang tersebut adalah pengecut.

    Pesan kepada Gengster, Berfikirlah jauh kedepan jangan hanya melakukan kepuasan sendiri atau kelompok yang cenderung negatif dan anarkis.

    Reply

  42. RM2k
    Oct 29, 2007 @ 06:44:47

    mas selamat artikel yang sangat berarti munkindengan adanya ini pandangan mereka jadi berubah

    RM2K selalu membekas dalam ingatan

    Reply

  43. PUZT N VIEQ
    Oct 29, 2007 @ 09:21:43

    Mari kita rapatkan barisan kita,agar terciptanya exalt to coituz yg berintelekstual n berkualitas tinggi.bravo xtc jawa barat n tetap semangat…….!!! salam xtc sexyroad rck@cikazo.

    Reply

  44. PUZT N VIEQ n sireum adu666
    Oct 29, 2007 @ 09:27:02

    tetap semangat bwt sahabatku……..mulyani hasan!!!!! kami tetap mndukungmu…..slam xtc sexy road rck@cikazo01

    Reply

  45. aBuy
    Oct 31, 2007 @ 06:12:15

    reportasi yang keren, saya setuju ama om moe tuhh…gmana klo digali lagi tapi dari para sesepuh…sejarah nya teh..

    * salam buat Donnie popot…damang…kamana wae atuh mas don teh…..
    * juga buat former Brigez turangga….laluncatan kamana euy..:p

    Reply

  46. John Mulyadi
    Oct 31, 2007 @ 13:29:45

    Gak jarang terpikir oleh saya, kalo klub dan genk motor itu cuma sampah…….
    Dah hampir 3 tahun saya diajakin gabung dengan salah satu klub motor, tapi dah 3 tahun (sampai sekarang) juga saya masih memikirkan apa gunanya.

    Reply

  47. XTC SEXY ROAD IT CENTER
    Oct 31, 2007 @ 16:52:26

    XTC SEXY ROAD atau lebih singkat XTC yang artinya Exalt To Coitus lahir di BANDUNG, 31/12/1982
    Ciri warna khas kebanggaan yaitu Putih (atas) Biru Muda (tengah) Biru Tua.
    XTC tertulis seperti sebuah balok es yang tengah mencair krn lahir di bulan Desember.

    Reply

  48. XTC SEXY ROAD IT CENTER
    Oct 31, 2007 @ 17:06:28

    Berlambangkan Seekor LEBAH yang mengandung arti Solidaritas, Kekompakan, Kesatuan, Kekeluargaan, dan Keberanian.
    Lebah berguna penghasil madu, sangat disegani tidak takut sekalipun berhadapan dengan seekor gajah.

    Reply

  49. XTC SEXY ROAD IT CENTER
    Oct 31, 2007 @ 17:17:17

    Motto:
    KITA SEMUA SATU..
    SATU KITA SEMUA
    XTC SEXY ROAD..
    E义下e巴e

    Reply

  50. Hells Angels Indonesia MC
    Nov 01, 2007 @ 00:32:15

    yach………………..kalau bisa positif lah……………………janganlah selalu tawuran dan membuat resah warga, kasihan, bangsa kita ini lagi kacau masak mau dikacaukan oleh bangsannya sendiri……………….kalau bisa perang jangan ama soudara sendiri kita bangsa indonesia, kalau bisa perang ama negara lain kayak malaysia…………..hancurkan aja malaysia………….dia menjelek-jelekkan Indonesia, bela donk…………jangan perang ama sodara sendiri : kita bangsa indonesia satu tanah air, satu tumpah dara Indonesia masak aling perang, jangan terulang kejaian tahun 1998 konflik Poso, maluku……jangan……

    oks…………

    Hells Angels Forever – Forever Hells Angels

    Reply

  51. adytia
    Nov 04, 2007 @ 18:12:50

    thanks banget buat artikelnya mbak. saya sedang tracking soal gang motor bandung…sebaran wilayah…op-nya…modusnya…equipment…member…etc.

    sekali lagi Thanks a lot

    Reply

  52. Shafary Golden
    Nov 06, 2007 @ 02:23:46

    Gangster…… thaikuciang

    Reply

  53. kito (ipang)
    Nov 06, 2007 @ 08:24:08

    Bwat pepi nie ipang ketua xtc padalarang skarang gw baru kluar dari lp cipinang
    gw datng ke bandung mo nyate si daun monracer
    mumpung anak 234sc ngasih gw senjata.

    bwat smua xtc jabar jangan takut sama geng lain
    ipang selalu ada bwat bantai orang2 gbr,bgz,m2r

    ntar ipang maen ke cibay mo ngerahin anak2 cibay
    salam bwt smua xtc bandung ok. ntar ipang telvon pepi

    bwat lo smua yang ngerasa geng harus punya nyali and jangan kaya pngecut,

    jangankan polisi ynag haruz gw bantai.
    kalo perlu polda ngeganggu gw gw bom

    Reply

  54. rizman tole
    Nov 06, 2007 @ 09:10:17

    xtc takan pernah surut melainkan menjamur salam kompak xtc bandung timur………….thanks jg buat sahabatku mulyani hasan……………

    Reply

  55. Shanti
    Nov 06, 2007 @ 13:44:20

    Salam buat anak2 XTC yg ganteng.. yg jelek kelaut aje he.he

    Reply

  56. roni
    Nov 07, 2007 @ 08:09:53

    aduh aa gengster upami tiasa mah tung seur ribut nya di jln hariwng ah ka murangkalih bisi aya nu jadi korban…….
    nya da bararageur………;]

    Reply

  57. Dan
    Nov 07, 2007 @ 10:36:56

    Gwa dulu sekolah di SMP 2 Bandung. Disana banyak banget coretan2 dan grafiti GBR. Gwa kira apaan ternyata GBR ini tooh.

    Gwa setuju aja dengan adanya Gang Bermotor asalkan tidak menganggu rakyat sipil dan anak2 sekolahan. Emang enak siih pake motor rame2 jalan2 di malam Minggu. Dulu gwa suka keluar pake motor malam2 terutama di malam Minggu. Tapi sekarang udah rawan banget, malah jadi bahaya. Paling berani keluar paling klo pake mobil.
    Terakhir2 keluar malam2, gwa malah ketemu gang motor yang mau nyerang daerah gang motor yang lain..

    Reply

  58. Prabu Siliwangi
    Nov 07, 2007 @ 10:42:42

    SAYA TIDAK PEDULI PERANG ANTAR GENG.
    MALAH MENURUT SAYA BAGUS, SEMAKIN BANYAK YANG TEWAS MAKIN BAGUS. SELAMA YG JADI KORBAN PARA ANGGOTA GENG TOLOL ITU. ITUNG2 MENGURANGI KEJAHATAN TANPA POLISI HARUS CAPEK2…

    TAPI KALO COBA2 MELUKAI WARGA YG TIDAK BERSALAH, ULAH COBA2 KA WARGA BANDUNG… SPT KEJADIAN DI PASIR POGOR, WARGA MEMANCING ANGGOTA GENG MASUK KOMPLEK, TERUS WARGA MENUTUP SELURUH PORTAL, SELURUH WARGA SUDAH SIAP DENGAN BERBAGAI MACAM SENJATA…AKHIRNYA PARA GENG NGIBRITTTTT….HAHAHAHAHAAH..KACIRI LAH…KALIAN ITU PENGECUT SEMUA TERNYATA…

    SOK ATUH… GEURA DERRRR PERANG ANTAR GENG. SAYAH REK LALAJO….
    NGALALAJOAN JELEMA TOLOL SILIH PAEHAN PASTI SERU….

    HEHEHE.EHEHEHEH

    Reply

  59. insane designer
    Nov 07, 2007 @ 13:01:41

    ini cuma pesen buat yg mengaku gengster, mu XTC, GBR, BRIGEZ, atow MOONRAKER..
    HIMBAUAN !!!
    gw pernah ngerasain jadi gengster, bukan sombong gw bilang gw banyak dikenal orang..
    tapi tolong orang ga salah ‘n ga punya dosa jangan diganggu, hak kalian untuk ngumpul atow show force di jalanan tp inget klo lu nyentuh orang yg ga salah itu salah banget !
    misal mu ribut, ribut aja sm musuh kalian tp jangan ganggu orang” yg ga salah atow masyarakat umum..
    maen bersih dong, sekolah ga sih atow punya otak ga sih ??!!!
    buat anak-anak yg baru ngerasa jd gengster, ga usah blagu ‘n bangga krn “real gengster is never show for what its done” !!!
    angkatan gw di GBR dl ga pernah kriminal, klopun ribut maennya bersih jgn cari pamor tp cari harga diri eksistensi kalian !!!
    khusus buat anak” GBR yg sk kriminal ma orang” ga salah, tolong jgn pake atribut ‘n jgn bikin malu geng kalian !!!
    dulu gw ma genda, puchut, anti kriminal ganggu orang ga salah kecuali Qta yg diusik !!!

    insane designer, vancouver, BC

    Reply

  60. Ahmad Dani
    Nov 07, 2007 @ 18:39:47

    punya pengalaman buruk ama geng motor… gua lg macet di sekitaran jln cipaganti… tiba2 ada 2 pemuda (masih smp).. ngebut ga pake helm nyenggol mobil gua… gua seh cuman ngeliatin dan gua klakson panjang karna kaget…. eh.. dia malah suruh gua turun… lagi macet ga mungkin turun gua diemin aja… dia sengaja perlambat motornya… dan berjalan sejajar dgn gua… trus gua buka kaca, trus dia malah bilang “APA LOE? KALO GA SENENG TURUN AJA SINI!!!”.. ya ampun.. ini masih anak smp lho… at least say sorry or something..
    trus gua blg, “mau ngapain turun? mau gantiin?” trus dia malah blg, “AWAS LOE yah!!!”
    ga beberapa lama.. ada beberapa motor ngikutin gua…
    gue diemin aja.. dalam hati udah curiga.. ini mah orang2 yg tadi jg….
    kesabaran mulai hilang setelah mobil gua digebuk beberapa kali…. akhirnya gua pinggirin mobil dan turun…
    trus gua blg, “apa? ngapain mukul2 mobil gua.. udah ga gua suruh ganti..” eitss… ada dedengkot yg lgsg mau nonjok aja… sempat menghindar… trus gua blg, “loe kalo sampe mukul… urusan ini ga akan berakhir…” trus dia diem…
    trus gua tanya, “MAU LOE APA?”… semua nya diem… (gua jg bingung kok diem semua)…
    akhirnya ada yg ngomong, ” loe nyenggol motor temen gua yah..?” … bingung gua jawabnya… trus gua blg, “loe tanya aja ama temen loe?” trus dia minta ganti rugi… ngancam mau nge-rusakin mobil gua… (dalam hati… sabar nak.. sabar nak… bentar lg mau kawin… sabar.. sabar…)
    ya udah.. kalo temen loe ngerasa gua yg nyenggol… neh gua kasi Rp. 50.000 buat ganti rugi… eh, dia malah blg, “Hah.. cuman segini???” .. emosi jg yah… Gua blg “loe kalo mau ambil.. kalo ga mau balikin… terserah habis itu mau ngapain… gua ladeni” eh, diambil jg… trus dia nanya,”ikhlas kan?” ya ampun…. loe mending pergi jauh2 dah… gua diemin trus balik ke mobil kabur… (uji kesabaran terakhir..) pingin tau masih diikutin ga…. yah.. akhirnya nyampe rumah dengan kekesalan yg over dosis…

    sekali lagi… gua bkn takut atau sok berani… tapi masalah ini ga akan berakhir kalo diladeni dgn kekerasan atau dendam… mungkin ini bisa jadi pengalaman teman2 yg lain di jalanan…. saya tak perlu menyebutkan geng motor yg mana… cuman dari sini bisa dilihat kualitas sumber daya dan tujuan yg sungguh “rendah”

    masa depan anak itu (anak smp) masih panjang…. mungkin bisa menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan keluarganya…

    sekian & terima kasih (khususnya mbak mulyani)

    Salam Republik Cinta

    Reply

  61. pencintaGANKSTER
    Nov 08, 2007 @ 03:29:00

    Saya punya mimpi, seandainya seluruh genk motor bersatu kemudian membuat sebuah misi menindak setiap ketidakadilan dengan cara kita sendiri …. kita buat maklumat kepada penguasa “seandainya koruptor dilepaskan, seandainya koruptor tidak di adili maka kita yang akan mengadili mereka dengan cara kita sendiri” …. dengan cara itu genk motor akan lebih terhormat dan berwibawa ….. kita lampiaskan kemarahan kita terhadap perampok yang mengaku intelektual ….. mari kita anggap menggebuki para koruptor sebagai bakti sosial.

    Reply

  62. berantas gang motor
    Nov 08, 2007 @ 05:18:34

    halah mo kek gmn jg namanya geng motor ga ada yg punya otak, plaing segede biji sawi otaknya wekekeke. go to hell yeah

    Reply

  63. budiwan
    Nov 08, 2007 @ 06:11:52

    terlebih dahulu saya mau bilang buat “mulyani” kereeenn bgt tulisan ente ….
    gw adalah pentolan moonraker thn 90an yg waktu itu saya sekolah di smp22 … kami sering gumpul dengan senior2 di samping sdn ciujung … kangen euyyy … salam buat moonraker sejati … piss

    Reply

  64. Tandora
    Nov 08, 2007 @ 07:38:36

    Hmmm
    sebenernya bagi wa gang motor itu merupakan sesuatu yang konyol.
    menurut wa mereka anak2 SD yang di balut dengan daging dewasa, luar nampak dewasa tapi dalemannya bocah ingusan.
    ini lah akibatny kalu kebanyakan nonton film mandarin yang berbau gangster. jadi lah mereka ngehayal kaya di film hahahaha
    sungguh konyol asli.
    mereka bilang kalu mereka membela temen2, rasa solidaritas yang tinggi, tapi kenyataan nya mereka juga merebut tmn2 lain dari tangan tmn yang lain,
    mereka g pernah memikirkan bagaimana kalu kejahatan terjadiny ke keluarga mereka sendiri, seperti Orang tua mereka atau saudara.

    kalu komentar wa sih, merka itu orang2 yang tidak otak ke depan,

    hahahaha

    Reply

  65. Prabu Siliwangi
    Nov 08, 2007 @ 11:30:41

    Heran aja… koq bisa bangga jadi member geng kampungan gitu. Buat Ipang, otak kamu ditaro di dengkul apa di kontol?
    Koq bangga banget keluar dari LP? Bangga itu kalo elu keluaran pesantren….astagfirullah..

    btw, sang Prabu tunggu show force kalian ya… saling bantai…yuhuuuuu biar kalian cepet modar…

    Ipang.. IP lu udah gw record… posisi lu lg disisir aparat…mati lu!!!!

    Reply

  66. Prabu Siliwangi
    Nov 08, 2007 @ 11:55:20

    LAST NEWS…..
    Senin malam 5 Nop 07.
    Sebuah kelompok geng motor keluyuran di daerah dago atas, sekitar jam 12 malam.
    Sekitar warung pinggir jalan, mereka menendang jatuh sebuah sepedamotor yg dikendarai JS seorang karyawan swasta di Lembang. JS dipermak babak belur sebelum akhirnya hp plus dompetnya dibawa kabur.

    Keesokan harinya diketahui bahwa JS adalah orang tua DD salah seorang anggota geng yg menyerang JS semalam.

    Bisa dibayangkan… bagaimana perasaan DD …melihat ortunya dipermak habis oleh teman2 se-gengnya yg kerap dibilang penuh solidaritas itu…

    mungkini ini karma dan contoh nyata buat para gengster tolol itu, kelakuan kalian telah secara langsung menohok keluarga kalian sendiri…ibaratnya senjata makan tuan…

    Kesimpulan…
    KALIAN PARA TAI GENG… TOBAT LAH…

    Reply

  67. okon_jublai
    Nov 08, 2007 @ 11:56:26

    untuk anak xtc jawa barat….

    setiap kita melihat lingkungan sekitar….
    kita selalu belajar satu hal,
    dan hal itu adalah selalu jadilah dirimu sendiri expresikan dirimu dan yakinlah akan dirimu

    maju lah xtc…

    tampakan kebaikan jadilah yg berguna untuk masyarakat…
    hancurkan musuhmu…

    jadilah xtc sebuah gangster yang berguna…

    Reply

  68. Prabu Siliwangi
    Nov 08, 2007 @ 12:02:31

    Prabu kutip puisi A. Iwan…
    disadur lagi biar tambah cantik…
    =======================

    Aku adalah TAI
    Aku adalah TAI di dalam SEPTIKTANK
    Walaupun aku adalah TAI di dalam SEPTIKTANK
    Warna biruku tidak akan pernah memerah TAI….
    Aku tetaplah TAI…
    Karena walau bagaimanapun TAI tidak akan pernah sama dengan KONTOL.
    Walaupun aku adalah TAI di dalam SEPTIKTANK
    Aku akan selalu jadi TAI
    Aku akan semakin menjadi TAI
    Karena aku adalah TAI di dalam SEPTIKTANK
    Aku ingin kembali kepada SEPTIKTANK
    SEPTIKTANK tempat asalku

    Salam rindu buat para TAI
    dari A.Iwan Chikaso di SEPTIKTANK..

    KESIMPULAN: ELU ITU TAI … MULAI DARI UJUNG RAMBUT SAMPAI UJUNG KAKI…

    Reply

  69. kapten
    Nov 08, 2007 @ 14:19:55

    buat para gankster geura tobat…….
    babaturan aink paeh gara-gara maraneh………
    naha jelema teu boga dosa ku maraneh di bacok…….
    dasar emang jiga anjing……..
    getihna wae emang geus jiga anjing………

    ARAK (Aliansi Remaja Anti Kekerasan Bandung)

    Reply

  70. NarutO
    Nov 08, 2007 @ 15:38:49

    hahahahaha…keren amat komen2na.(t’rutama bwt prabu).
    p’rcma jg sh dblngin ama mereka bwt tobat.
    Mdh2n YANG MAHA KUASA lngsng turun tngn bwt nobatin mereka(amin….)
    btw slm knal bwt prabu siliwangi.

    Reply

  71. publik
    Nov 08, 2007 @ 17:52:27

    tolong donk buat para gankster.jangan ganggu orang-orang yang tidak berdosa.kalian punya hati nurani kan?? kita sama-sama punya hak untk punya rasa aman dan nyaman. seandainya kalo pas kalian ngeganggu orang di jalan dan ternyata itu masih kerabat dekat kalian, dan orang itu sampai meninggal.gimana perasaan kalian. sakit kan?? jangan menyakiti kalo tidak mau di sakiti. kalian semua hebat kog karena punya rasa kreatif yang tinggi dengan membentuk kelompok. tapi jangan kotori kreatifitas itu dengan tindakan kriminal….salam damai buat semua gankster.

    Reply

  72. publik
    Nov 08, 2007 @ 17:55:40

    TOLONG JANGAN GANGGU ORANG YANG TIDAK BERSALAH ATAU BERSIH DARI ANGGOTA GANGSTER. dan buat kalian sendiri apa gak cape ribut mulu????

    Reply

  73. publik
    Nov 08, 2007 @ 17:59:12

    hormati hak kami yang tidak ada sangkut pautnya dengan dendam kalian. JANGAN GANGGU KAMI ORANG YANG TIDAK BERSALAH!!!!! bayangkan suatu saat orang yang harus bekerja sampe larut malam demi anak istrinya yang kalian ganggu.bagaimana nasib mereka kalau di tinggal karena kalian aniaya orang tersebut!!!!! PIKIRKAN ITU!!!!!

    Reply

  74. publik
    Nov 08, 2007 @ 18:00:35

    JANGAN KOTORI INDONESIA DENGAN DARAH YANG KALIAN TUMPAHKAN HANYA DEMI EKSISTENSI KALIAN!!!!!!

    Reply

  75. publik
    Nov 08, 2007 @ 18:05:04

    Gimana kalo kalian bikin bengkel motor kayak di pimp my ride versi motorcycle.dan adu kreatifitas dengan adakan kompetisi modif. mungkin hobby kalian bisa di salurkan.just little idea

    Reply

  76. cHipluk
    Nov 09, 2007 @ 02:39:11

    nice report mba…
    two thumbs up…..

    ga ok bgts brarti bandung yah, cm krn ulah geng mtr yg kata na “brani” ntu…
    gak masalah kl antar anggota geng loe pd MATI or even in jail…(bagus juga ngurangin populasi di bandung)
    t’serah….

    yg masalah ntu kl u guys perang d tengah warga…
    kasian warga yg ga tau menau…
    tau diri dikit keQ kang…

    jakarta az ga sgetu2 bgts
    malah kl on d road mreka saling kasih klakson
    (sorry, bukan na cemen or gak punya nyali..)
    tapi krn msH punya OTAk….

    kata na banyak yg berpendidikan…
    koQ bgitu hasil na….

    cHeers bwt teh mulyanihasan..
    bRavo mba

    Reply

  77. Onta Anak Bandung Cinta Damai
    Nov 09, 2007 @ 02:58:05

    Kalau kata saya, sah-sah aja masuk geng itu.
    Saya juga sebagai warga Bandung yang netral, jujur seneng banget liat kekompakan geng-geng itu, tapi klo sekali-kali nyentuh masyarakat gak berdosa “KU AING DI DAGOAN DI NARAKA SIA ANJING!!!”

    Urus mah urusan maraneh antar geng deui, nanaonan neunggeulan warga? berarti pengecut, boga kawani teh keur mabok hungkul, eta oge neunggeulan warga!!

    Buat para senior kasih tau para cacing cau-nya atau juniornya, krn saya tau yang menyalahgunakan nama geng tuh kebanyakan cuma junior2nya yang smp&sma.

    Kalau mau ribut, sekalian aja 4 geng besar, biar korbannya juga banyak, biar urusannya langsung beres, warga gak khawatir lagi. Tapi tempatnya jangan di Pasupati, Dago, etc. Tapi di naraka.

    Reply

  78. PunisherGengMotor
    Nov 09, 2007 @ 03:39:21

    Berlakukan operasi Tembak di Tempat bagi geng motor, jangan takut urusan HAM, emang geng2 motor itu menghargai juga HAM orang lain? Jika masih tidak ampuh, tiba saatnya tim PETRUS beraksi! Bagi para pentolan geng, jangan pake alesan tidak bisa mengontrol situasi di lapangan…percuma kalian jadi ketua geng jika ga bisa mimpin atau ngontrol kurawa2 kalian. Yang namanya pimpinan musti tanggung jawab!!! Kesabaran kami ada batasnya!!! Tunggu tanggal mainnya!!! Satu per satu dari kalian akan hilang!!!

    Reply

  79. indhie
    Nov 09, 2007 @ 07:27:53

    setuju ama prabu … klian mustinya malu (anak2 gank)… berbuat jahat kok malah bangga … umur masih bau kencur kelakuan udah kayak penjahat … mau jadi apa kalian ..???? mbok ya belajar yang pinter .. sekolah … gak kasian ama ortu yang udah kerja keras buat nyekolahin kalian ????

    buat aparat, setuju banget klo gank motor ditindak tegas … malah mendingan yang berbuat onar tembak aja sekalian … anak2 muda gak guna kayak gitu, bukannya membangun bangsa malah merusak masa depan negara …. mending ancurin aja sampe lummaattt ….

    Reply

  80. Cyberon
    Nov 09, 2007 @ 08:18:34

    yang saya amati dari genk motor di kota cirebon adalah rata-rata dari mereka anggotanya gak ada yang berprestasi di sekolah maupun di masyarakat. Malah kebanyakan nyusahin orang tua, minta ini itu, modif sana-modif sini, kalo gak dikasih ngambek dan mungkin ini cikal bakal “aksi rampok”.

    Mungkin generasi terdahulu para genk motor sekarang bisa tersenyum. Gwe udah ngerasain yang lu rasain, gwe udah lakuin yang lu lakuin. Nah, mungkin ada baik para sesepuh genk ini memberi sedikit “wejangan” para juniornya jangan brainstorming terus.

    anyway, nice artikel.

    Reply

  81. sapa yah?
    Nov 09, 2007 @ 09:35:15

    HIDUP GENK MOTOR!!!!!!!!!!!
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    DI NERAKA!!!!!

    Reply

  82. budiwan(M2R)
    Nov 09, 2007 @ 09:56:08

    gw mau nambahin .. bener yg di bilang “insane designer” dan senior2 lain di geng motor .. kita ngak pernah ganggu org yg ngak salah! gw mau ingatin adik2 di geng motor .. hati2 bertindak .. jng lo coreng nama geng yg udah kita2 rintis dari awal … jng sampai kami yg senior turun buat brantas kalian si pencoreng nama baik club yg kami bangun dari awal !!!!!

    salam damai dari kami …

    Reply

  83. Cecep "de Ve3nus"
    Nov 09, 2007 @ 10:11:27

    dah aja drpada bikin polusi dalam segala bidang! lebih baik mari kita galakan “save the earth” naik sepeda lebih enak, budayakan hidup sehat sebelum menyesal di hari tua……..
    kebul uy bandung teh…….
    geus mah pinuh ku bapa2 atw ibu2 nu mawa motorna sareuksek aya deui klub motor MIO lah Tiger lah naon….
    Asa gaya qtu mawa motor teh…
    kajeun teuing numpak angkot mun aya nu geulis bisa dinikmati…..
    bari jeung suara klakson motor bunyina kre……diiiiiiiittttt…. wae loba gaya!!!!!!!
    Aya deui mahasiswa nu mawa mobil…..meuning lobaan di mobil ieu sorangan,,,,beuki pinuh yeuh,,,, komo mun awewe nu mawa,duh urang mun di angkot nu numpak ge sok keuheul…..

    btw baguslah artikel teh…….
    tapi gw ngliat ini bukan untuk pengguna jalan atw warga bandung
    tpi untuk DUNIA “save the earth”
    Sakali kali budak gangster ngayakeun acara 10k atuh
    meh sehat jalan kaki tong ngudud,mabuk dll wae atuh….

    Mbak Mulyani Hasan I love You

    Reply

  84. kapten
    Nov 09, 2007 @ 12:06:47

    demi nama baik bandung

    demi teman baikku dendi(alm) yg meninggal oleh ulah gank motor

    demi semua orang yang tidak bersalah dan menjadi korabn

    kami siap mati demi menghanguskan gank motor yang bikin rusuh….. di kota bandung maupun di kota lain di indonesia…

    buat rekan2 yang anti kekerasan ayo bergabung……

    ARAK (Aliansi Remaja Anti Kekerasan Bandung)

    Reply

  85. The Angel Of Dead
    Nov 10, 2007 @ 09:27:27

    Buat mba mulyani hasan makacih udah buat forum seperti ini,,,,,,bisa buat sesi dialog antara sesama warga negara Indonesia….

    kapan ya dunia ini bisa damai,aman,dan tentram (alah PPKn banget)….untuk para anggota geng motor yang baru masuk,jangan asa aing lah…..liat sisi positif dari para senior kalian yang udah tobat dan kembali ke jalan yang benar,

    nggeus ah,sieun ka lacak euy ID urangna….melihat teknologi yang makin canggih sekarang ini….

    once again..
    LiveForPeace/

    Reply

  86. maung 'lain' macan
    Nov 10, 2007 @ 11:07:09

    tolong jangan kotori nama bandung dengan hal ayng aberbau genster…
    pang-pang na mah merusak nama baik PERSIB euy…

    Reply

  87. fadhli
    Nov 10, 2007 @ 12:24:15

    tulisan yang bagus dan sangat menarik…
    awalnya gak begitu memusingkan masalah genk motor ini tetapi setelah dilihat ternyata saya hidup dikota dimana genk motor ini berkeliaran…

    hanya saja ini pendapat pribadi dan beberapa teman…publikasi seperti ini justru akan semakin membuat mereka besar kepala..meningkatkan eksistensi…

    bisa dilihat dari hasil wawancara yang ditulis

    tapi overall tulisan yang sangat informatif

    Reply

  88. agus
    Nov 10, 2007 @ 19:17:41

    Reply

  89. nchie
    Nov 11, 2007 @ 10:08:13

    dear writers…mulyani hasan

    cuma bisa komen “U R SO BRAVE”
    kebetulan gw anak FIKOM yang lumayan ngerti ama kerjaannya jurnalis, so…ditunggu artikel berani lainnya…

    gw jd inget ama ‘veronica guiren’ waktu gw baca semua tulisan lo, cuma bahasan kasusnya beda aja…
    gw sendiri alumni SMA yang punya reputasi cukup jelek akibat merk genk ini…
    kadang pengen banget nanya…apa mereka punya nyawa 13 ya,sampe ga pernah takut ama samurai dkk. tapi tulisan lo ini…HEBAT BANGET…SALUTH!!!

    nice…
    cheers….

    Reply

  90. airhujan
    Nov 12, 2007 @ 00:39:04

    Suatu hari ada seorang remaja yang masuk rumah sakit karena kepalanya terluka, kemudian dokter rumah sakit memeriksanya … ternyata dari hasil pemeriksaan dokter kepalanya harus di operasi, maka di operasilah remaja tersebut setelah sekian lama, selesailah operasi tersebut siremaja di bawa ke ruang rawat inap .. tetapi tak lama kemudian si dokter baru ingat bahwa dia lupa memasangkan kembali otak si remaja … buru buru sang dokter membawa lagi si remaja ke ruang operasi … tapi sebelum dokter mengoperasi lagi si remaja, ada seseorang yang bilang kepada dokter, ” Dok hati-hati remaja itu seorang anggota genk motor.” Si dokter kemudian tersenyum sambil keluar ruang operasi dan berkata kalau begitu otaknya nggak usah di pasang lagi, sebab anggota genk motor hidupnya nggak usah pake otak,” hehehehe …….

    Reply

  91. bimasakti
    Nov 12, 2007 @ 02:29:41

    salut lah ka budak motor bandung teh.. :D

    lamun dijalan keur ribut antar genk bacok2an..
    tapi pas nonton persib mah.. akur euy.. hahaha..

    geus atuh, ayena mah geura tobat..

    sadar hente sih ? kalo setiap perbuatan kalian tuh
    akan dihukum sama ALLAH SWT ??

    daek asup ka NARAKA ??

    diteulem di LAHAR PANAS selamanya ?? mau ??

    sok atuh geura bertobat..

    Reply

  92. bandit baik hati
    Nov 12, 2007 @ 02:35:49

    KALO CUMAN GENG-GENG MOTOR KAYAK GITU MAH GAK ADA BAGUSNYA SEDIKITPUN. CUMAN BERANI MAIN KEROYOK. KUMPULAN ORANG0ORANG DAH PADA STRESS DAN FRUSTASI. MENDING GENG SEPEDA ANTIK AJA. GAK BIKIN POLUSI BADAN JADI SEHAT.

    Reply

  93. Arya Perangsang
    Nov 12, 2007 @ 02:55:01

    hidup lah masyarakat
    hidup geng motor
    hidup aing
    mati kutu

    Reply

  94. b2ban
    Nov 12, 2007 @ 03:02:23

    ka kabeh jelema anu nyieun zalim
    rek gengster, copet, teroris, koruptor, saha welah
    hayu urang TOBAT mumpung urang masih bisa ngarenghap, mumpung dunya can kiamat, saacan MALAIKAT panyabut NYAWA ngajemput, saacan panto SORGA nutup….

    WAKTU LAIN MILIK URANG….
    OK………

    ALLAHU AKBAR…..!!!

    Reply

  95. PunisherGengMotor
    Nov 12, 2007 @ 03:16:45

    Tai lah senior2 geng motor…Udah ga ada alesan lagi cuma menghimbau junior2-nya…percuma! Dah banyak org ga berdosa MATI! Langsung turun aja ke lapangan, HAJAR DI DEPAN PUBLIK kurawa2 kalian yang suka bikin ulah! Gantung di ALUN-ALUN! ga usah bawa2 atribut geng kalian, pake nama PRIBADI aja, buktikan sebagai tanggung jawab pada masyarakat. Apa yang terjadi sekarang adalah buah kelengahan dan dosa kalian sendiri! Ditunggu aksi nyatanya sampai akhir taun 2007. Canangkan gerakan 2008 Bandung BEBAS geng motor! Yang boleh ada cuma klub2 motor yang tertib administrasi dan jelas kegiatannya, diawasi oleh aparat dan IMI. Yang ilegal siap2 aja diKARUNGin!

    Reply

  96. Pangeran GARUT
    Nov 12, 2007 @ 03:35:27

    wahai anak-anak yg menamakan dirinya sebagai anak gank yg setia terhadap ganknya masing2.
    kalian tuh masih sangat teramat muda, kalian itu seharusnya menjadi penerus bangsa kita yang tercinta ini, yaitu bangsa INDONESIA.
    kalian hidup dalam wadah yang sama, visi & misi yang sama yaitu untuk men-sejahterakan bangsa INDONESIA.
    kalian mungkin tau bagaimana perjuangan para pejuang kita dulu untuk menegakan kemerdekaan bangsa kita ini,mereka bahu membahu untuk memperjuangakan kemerdekaan bangsa kita ini.
    untuk apa mereka berjuang??tidak taukah kalian arti atau nilai dari perjuangan para pendahulu kita
    mereka berjuang dan berperang dengan alasan yang sama diseluruh INDONESIA mereka mengatakan
    “kami berperang semata-mata untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa INDONESIA supaya dikemudian hari kelak anak dan cucu-cucu kami bisa hidup dalam damai.”
    kini kemerdekaan sudah kita raih, peperangan sudah berlalu.lalu…??untuk apa kalian yang masih sangat muda-muda masih saja bertikai tanpa alasan yang jelas.
    apa yang kalian perjuangkan?kalian hanya berbuat DOSA yang suatu saat nanti kalian akan pertanggung jawabkan.tidak atas nama gank kalian, tidak atas nama senior gank kalian, ataupun tidak untuk ketua gank yang kalian banggakan.
    untuk bisa mempertanggung jawabkan DOSA yang kalian perbuat melainkan kalian sendirilah yang akan mempertanggung jawabkan DOSA kalian masing-masing.
    bukankah kalian umat yang beragama, bukan kalian orang-orang yang berpendidikan dimana akal dan pikiran kalian yang sehat itu berada.
    cobalah berpikir dengan hati nurani, ketuk hati dan perasaan kalian dan kembalilah kejalan yang benar.
    hidup itu terlalu singkat untuk dilewatkan dengan suatu pilihan yang salah.ingat setelah kematian ada kehidupan.
    disana kita akan mempertanggung jawabkan atas apa yang t’lah kita perbuat didunia ini.
    ingat dan percaya akan hari akhir, ingat dan percaya akan hari pembalasan. ketahuilah siksa disana 99% lebih kejam dari 100% kekejaman yang ada didunia ini.
    kalau sudah begitu apa ketua Gank kalian akan bisa menolong karna rasa solidaritas yang dijanjikan
    apa senior-senior gank kalian akan bisa menolong juga.apa nama gank kebanggaan kalian akan turut menolong juga.
    jawaban TIDAK! kalo sudah dialam sana kalian cuma membawa diri kalian dan amal perbuatan kalian.
    bukankah kalian percaya dengan adanya SURGA DAN NERAKA kalian tinggal pilih.
    dan satu hal lagi yang mesti kalian ingat, kalian masih memiliki orang tua yang mencintai dan menyayangi kalian.
    kalian masih memiki sanak saudara yang juga mencintai dan menyayangi kalian.hiduplah dan berbahagilah dengan mereka.
    tinggalkan masa kelam kalian.bukankah kebahagian yang selama ini kalian inginkan.
    bertobatlah!!sebelum ajal menjemput.

    salam damai untuk semua umat manusia.

    Pangeran GARUT

    Reply

  97. Pangeran GARUT
    Nov 12, 2007 @ 04:01:07

    saya disini sifatnya hanya memberikan pesan moral
    tidak ada maksud untuk melecehkan dan merendahkan kalian.
    saya tidak membenci keberadaan kalian.
    justru saya mengharapkan dengan adanya kalian bangsa ini bisa tambah maju.
    dan bukan malah tambah semberawut, cukup sudah bangsa ini ter-aniaya oleh oknum-oknum politikus yang rakus akan harta kekayaan.
    sudah saatnya kalian para muda-mudi membenahi semuanya itu.
    kalian dididik bukan untuk menciptakan teror.tapi untuk saling bahu membahu membangun bangsa kita ini.
    banyak cara yang lebih baik untuk menyalurkan hoby, inspirasi, dan keinginan kalian.
    tidak dengan melakukan kekerasan.kalianpun bisa hidup dengan normal tanpa harus merasakan perasaan gundah dan takut bertemu dengan orang yang kalian anggap musuh.
    sekali lagi saya ingatkan tinggalkanlah hidup ala gank2an seperti yang kalian lakukan sekarang ini.
    semuanya itu tidak ada gunanya.masih banyak persoalan yang lebih penting yang mesti kalian pikirkan
    daripada sekedar ugal-ugalan,tawuran dan pengrusakan.
    masa depan bangsa ini ada ditangan kalian.bangunlah bangsa ini dengan penuh cinta dan kasih sayang perdamaian.
    bukankah damai itu indah.

    salam perdamaian untuk umat manusia

    Pangeran(GARUT)

    Reply

  98. kokolot GARUT
    Nov 12, 2007 @ 04:29:02

    lain sing sombong urangmah ngarumasakeun urang Garut.
    anu turut prihatin kana tingkah-lakuna barudak ayeuna anu geus ngareusahkeun masyarakat.
    lamun mah teu ningali kakolotna sewang-sewangan atuh da ngan satai kukuna urang lamun kudu ngalumatkeun eta barudak
    anu geus ngarasa jago,anu geus ngarasa moal aya nu ngelehkeun.sok seuri weh urang mah.
    “em..barudak leutik ngomongna geus pamohalan.”
    bener pisan tah omongan Pangeran GARUT teh urang mah satuju pisan.
    da saheunteuna barudak teh cikal bakalna dina kamajuan bangsa urang ieu.
    emh..jang geura aringsyaf geura balik deui kanu jalan anu leumpeung.tong parasea wae.
    da jelema mah euweuh anu jago.

    Reply

  99. joni
    Nov 12, 2007 @ 06:44:25

    bahhh……
    geng mtor…..
    ada-ada aja kalian ini…

    cari2 keributan saja kaw pandainya

    kalo suka brutal pergi kaw ke timur tengah sana, berperang kaw disana. jgn berperang sama saudara kw sendiri.

    “BERANI KOQ CUMA DIKANDANG”

    kebanyakan makan TAIQ ( uang korupsi bapak kaw) jadi pikiran kaw tu yg haram2 saja macam SETAN kali ya…!!

    tapi menurut aku yg lebih bodoh itu ya anggotanya atau anak 2 yg dari keluarga biasa. disuruh berperang mau saja, tiba masuk sel merana lah kaw. teman kaw anak taiq itu gampang nya keluarnya bapak nya penjahat ehh pejabat maksud aku ya ga…. !!!
    teman kok bisa dibeli dengan uang, hanya dia berduit kaw mau jadi tapak kaki nya , kena paku mampus lah kaw.

    bodoh nya kalian…

    think smart dunk…..
    ingat kita semua akan bakalan mati nanti jadi niat kan mati di jalan allah kaw. supaya ketemu nanti kita di surga.

    salam damai

    Reply

  100. Brigez 7 - 97
    Nov 12, 2007 @ 08:17:01

    Call Me “A” Alumni SMUN 7, saya mantan panglima perang Brigez Bandung periode 95 – 97 , hidup saya kini sudah cukup lurus dengan jabatan penting di perusahaan, anak dan istri yang baik..so sy tidak mau ikut mengungkapkan sesuatu yang saya rasa justru akan perkeruh suasana. Saya ucapkan thanx to penulis atas hasil explorasinya walaupun sepertinya ada beberapa yang sedikit berlebih – lebihan, jika ingin lebih menyelami apa dan bagaimana brigez itu cobalah hubungi langsung akang – akang petinggi kami dekade 85 – 95, anda akan menemukan sejarah yang sebenarnya tentang berdirinya brigez atau gank – gank lain karena pada periode itulah awal kekacauan dan konflik2x besar antar gank ini terjadi.
    Terus terang saya agak khawatir dengan seringnya expos media terhadap aksi – aksi gank di Bandung malah akan semakin meningkatkan rasa kebanggan mereka pada gank di bandung, jangan sangka aksi media beserta himbauan /ancaman dari aparat keamanan yang diulang berkali – kali di TV akan menciutkan para gangster tersebut, justru yang terjadi akan sebaliknya,percayalah karena saya mengalami masa – masa dimana otak saya telah penuh doktrinasi gank.
    Terus terang saya juga ingin menuntaskan hal ini, tapi kita semua tidak bisa,.. tidak ada yang bisa menghilangkan atau menghancurkan 4 gank besar tersebut, biarkan mereka hidup sesuai masanya dan menjadi bagian dari bandung ini,karena 20 – 30 tahun bukan umur yang mudah untuk mengubah sebuah doktrin gank, yang perlu kita pikirkan adalah bagaimana 4 gank besar ini bisa membuat sebuah kesepakatan – kesepakatan damai yang tujuannya justru menjaga bandung agar tetap aman, aparat bisa menjadi penengah dalam permasalahan mereka, coba salurkan ide – ide positif yang mereka ajuka seperti kegiatan bakti sosial yang pernah diajukan XTC, keinginan melakukan pengecatan ke semua pos polisi untuk membersihkan coretan yang pernah diajukan Brigez tahun 96. Sebenarnya banyak ide – ide positif yang diprogramkan setiap tahun oleh setiap gank, tapi kami para grankster saat itu selalu dianggap sebagai Oknum kekacauan oleh semua kalangan.

    Demikian kiranya, mohon maaf kalau saya terlalu sok bener dalam komentar saya,.. tapi saya yakin semua orang yang mantan atau masih andil gankster saat ini merasakan manfaatnya dalam kehidupan, hampir semuanya bisa sukses dalam karir karena masalah mental sudah tidak diragukan lagi, kehidupan gankster bisa membentuk mental yang tahan banting saat bekerja atau berusaha, itu yang saya rasakan saat ini dimana saat ini saya sudah punya 1 perusahaan sendiri dan juga dipercaya untuk memegang jabatan branch manager di beberapa cabang dari sebuah international, sekalipun saya hanya pegang ijasah diploma.
    Brigez telah membuat saya sukses dan saya tidak menyesalinya telah bergabung dengan gank besar ini !

    salam,

    NB. Mohon penulis coba lacak para dedengkot dan alumni Brigez / gank lainnya saat ini, saya yakin mayoritas mereka sudah jadi orang besar

    Reply

  101. The Angel Of Dead
    Nov 12, 2007 @ 08:57:50

    Iya bener tuh (naon sih??)….

    Iya yang ide tentang tentang kembali menetramkan Bandung sebagai kota yang gemah ripah loh jinawi..

    Inget kata John Lennon juga “Imagine all the people,living life in peace”…

    jadi kapan tah bisa kayak gitu teh?,,eta geus nyiptakeun lagu ti baheula tapi nepikeun ayeuna can kawujud tah kahayang si bang John teh,,,,

    bener-bener salut buat pentolan gangster yang udah tobat trus sukses di dunia yang mereka sekarang jalanin,,,,tah contoh dedengkot maraneh (kanggo nu anyar asup),,,tong nyieun ribut wae,,,coba organisasi eta teh nyieun proker kanggo masyarakat nu selama ini selalu terdzalimi oleh ulah-ulah kalian padahal maranehna teu nyaho nanaon…..

    LifeForPeace/

    Reply

  102. mr.t
    Nov 12, 2007 @ 09:07:19

    heheh…gank? waktu jaman saya dulu ya cuma balap2an di gedung sate dan sepanjang jalan supratman ada kepuasan kalau melihat orang2 beratraksi (salut atas nyalinya)apalagi kalau polisi datang..seru banget pada mabur sampe kocar-kacir utk membubarkan balapan liar nggak lebih dari itu…
    (kalau sekarang ..gank yang aneh….mungkin doktrin sekarang memang harus bikin ulah dan ngerampok, saya kira oknum2 itu tidak mempunyai otak..kalau pun punya nggak pernah dipake untuk berfikir, coba aja kalau keluarganya yg diperlakukan seperti itu atau ngga usah keluarganya deh coba aja samurainya di tempelin ke salah satu anggota badannya pasti nggak akan mau)

    gank sekarang..banci semua….beraninya keroyokan dan pake senjata….memang bangga jadi pengecut ya? kalau perang sesama gank sih masa bodoh mau mati mau benjut..asal jangan ganggu publik yang tidak tahu apa2…

    oh iya biasanya yg belagu begitu anak2 yang punya posisi mis, tentara, polisi , pejabat lainnya…karena merasa punya backing…maaf agak-agak gimanaa gt abis muak liat muka2 bego yang sok jago.

    tabik!

    Reply

  103. Pangeran GARUT
    Nov 12, 2007 @ 09:29:36

    meskipun banyak sudah yang dikatakan para pendiri gank seperti XTC,BRIGEZ,M2R,GBR ataupun yang lainnya
    bahwa maksud mereka mendirikan gank ini baik tidak pernah mengganggu orang.tapi dengan adanya struktur organisasi seperti adanya ‘panglima perang’ itu sudah mendoktrin orang untuk berperang.jadi bukan tidak mungkin kalo sudah ada ‘panglima perang’ pastilah akan terjadi peperangan.dan itu bisa mengganggu orang yang tidak bersalah.apalagi ditambah dengan pembaitan yang saya rasa itu sudah tidak manusiawi orang dididik untuk siap bertempur mencelakai orang dengan dicelakai terlebih dahulu oleh senior gank nya gimana perasaan orang tua mereka ketika anak mereka diperlakukan dengan semena-mena.
    kita hidup bukan lagi hidup pada zamannya peperangan.kita hidup dalam era kemerdekaan.dimana tugas dari pada kalian anak-anak muda ialah untuk saling bahu membahu membangun bangsa ini kebangsa yang sejahtera aman,tentram dan damai.
    alangkah baiknya kalo jabatan sebagai ‘panglima perang’ itu diganti menjadi ‘ketua bakti sosial’mungkin dengan jabatan itu gank motor ini menjadi baik dan tidak beringas seperti sekarang ini.

    salam perdamaian bagi umat manusia

    Pangeran GARUT

    Reply

  104. Pangeran GARUT
    Nov 12, 2007 @ 09:44:54

    seharusnya kalian para gankster mulai instropeksi diri kenapa public tidak mau menerima keberadaan kalian?
    bukanya malah menyalahkan public karena tidak mau menerima keberadaan kalian lantas beringas membabi buta melakukan tindakan anarkis yang melawan hukum.
    karena sifat dan tingkah laku kalian yang tidak menyenangkan itulah makanya public tidak mau menerima keberadaan kalian.kalaulah kalian masih ingin terus exist di ganknya masing2 tentunya kalian harus membenahi gank kalian menjadi gank yang terorganisir dengan baik dan di padati dengan kegiatan-kegiatan bakti sosial guna membantu rakyat2 kecil yang dibawah garis kemiskinan.dengan begitu kalian sudah membantu tugas pemerintah dalam memberantas kemiskinan.
    saya yakin kalian para gankster ini sebagian besar dari keluarga yang mampu sehingga bukan tidak mungkin kalau kalian bisa membantu orang yang membutuhkan kalaulah kalian memang bersedia berbuat sedikit kebaikan saja.

    salam perdamaian untuk umat manusia

    Pangeran GARUT

    Reply

  105. Prabu Siliwangi
    Nov 12, 2007 @ 09:58:08

    TO: Brigez 7 – 97

    Pernyataan lu absurd banget, BRIGEZ yg bikin lu sukses…
    TAI KUCING KEPANASAN banget sih lu…!!!
    Sebutin ke blog ini, manfaat apa yg udah geng kampungan lu kasih ke warga bandung? trus manfaat apa yg udah lu dapet dari geng kampungan lu ini?
    SEBUTIIIIN ANJING!!!

    Reply

  106. Go to Hell!!!
    Nov 12, 2007 @ 10:22:07

    pantesnya sih emang mesti dilumatin itu yang namanya gank2an TAI ANJING!!!!

    elo2 pada yang ngerasa sebagai pendiri atau pendahulu gank2 yang sekarang kesetanan.jangan merasa bangga dan tidak bersalah gitu donk.karena ulah kalian juga makanya gank2 edan ini ada.kenapa juga kalian diriin gank2an yang ga da gunanya ini.untuk apa sih apa manfaat yang kalian dapat dengan gank2 yang kalian dirikan pantesnya tuh ya lo bikin negara sendiri yang khusus penduduknya tuh gank setan semua.bikin aja sana di NERAKA JAHANAM.apa masih bisa ngejago disana.

    buat XTC tai anjing!, Brigez sinting!, M2r cacing!, dan GBR maling!dan konco-konconya.
    kalian tuh mendingan mati aja deh ‘MAMPUS’!!!!
    percuma idup juga cuma jadi sampah masyarakat yang mesti dibasmi!!!!!kerjaanya cuma bikin resah orang aja.

    Sialan lu pada ngerusak nama baik setiap kota yang lo singgahi…Dasar SETAN!!!!!!!!!!!!

    Reply

  107. orang bogor
    Nov 12, 2007 @ 14:25:25

    saya orang bogor selalu membayangkan kalau bandung itu kota yang paling indah di jawa barat. suasana adem, tempat jajanan numpuk, mojang2 na gareulis, jajakana garanteng. dan satu lagi terkenal dengan kota pelajarnya jawa barat.

    setelah membaca artikel yang luar biasa ini (trims Mulyani Hasan), saya jadi mikir 2 kali kalo mau maen ke bandung. Ternyata semua keindahan dan kenyamanan yang saya bayangkan banyak tercoreng sia2 oleh kalian yang katanya para “JAGOAN”. Semoga tidak ada wisatawan yang menjadi korban di kota kembang ini, buat semua warga bandung semoga kalian tetep terjaga kesabaran,

    salam dari bogor, kita semua adalah saudara

    Reply

  108. up yours
    Nov 12, 2007 @ 20:44:33

    damn rednecks, sempit banget pikiran lo pada yah? yg diotak cuma sekitar maksiat sama wilayah geng.
    manusia indonesia sampah! buka pikiran dan mata lo semua! pencarian jati diri bukan dari jalanan tong! elo semua aja yg gampang nyerah sama hidup jadi paling banter cuma jadi sampah.

    apa yg lo banggain dari hidup lo kalo semasa muda aja udah nyusahin orang? sampah2 yg ngambek kalo ga dikasih duit sama mami papinya! yg seniornya juga, kalo lo semua berasa jagoan, kasih contoh ke junior2 lo, jangan bikin sengsara hidup junior lo, mereka punya pilihan hidup yg lebih baik dibandingkan jadi elo senior2 geng. masa gara2 umur tua sama modal nekat aja dihormati? udah gila kali anak2 muda bandung. kalo mau hormat tuh hormati orang2 yg udah berjuang bela bangsa ini, orang2 yg berusaha mensejahterakan hidup sampah2 kayak elo semua.

    ga nyangka gw udah tahun 2007 tapi masih banyak benalu di indonesia.

    btw, good report.

    Reply

  109. WargaBiasa
    Nov 13, 2007 @ 02:00:26

    http://www.pikiran-rakyat.co.id/cetak/2007/112007/13/0206.htm

    Saya mengamati permasalahan ini adalah dampak dari kegagalan fungsi institusi keluarga, keagamaan maupun pendidikan. Dilematis memang, namun inilah kenyataan yang harus diterima semua orang. Bagaimanapun juga anggota2 geng yang masih muda usia itu, selama tidak berbuat anarkis/kriminal/jahat pada anggota masyarakat lain, tetap wajib dibimbing oleh semua pihak agar terjaga dari aksi2 yg menyimpang.

    Buat gangster2 : Usahakanlah untuk mengurangi kegiatan minum-minum Miras sewaktu kumpul2, karena diawali oleh kondisi mabuk itulah banyak perkara terjadi. Tidak semua orang kadar “sadarnya” sama saat dalam kondisi mabuk.

    Bagi para eks gangster yang telah “sukses” (meskipun untuk sukses tidak hrs selalu melalui jalur geng), anda harus berperan aktif dan bertanggung jawab atas ekses2 yg terjadi di masyarakat. Setahu saya peranan senior geng itu katanya malah lebih tinggi dari para pimpinan-pimpinannya. Buktikan jika anda-anda telah berhasil membina keluarga sendiri dengan dengan cara membimbing secara aktif adik-adik juniornya. Jangan sampai ada anggapan anda-anda hanya meninggalkan “dosa” di belakang saja. Sulit memang, tapi harus terus diusahakan. Mengapa? Karena hanya anda-andalah yang mengerti dan tahu bagaimana pola pikir dan sikap mental para gangster2 muda itu. Jadi tolong, jika anda-anda tidak bisa mengelola “institusi” yg dulu anda bangun dan membesarkan anda, maka jangan salahkan jika anggota masyarakat lain yang merasa terganggu oleh junior2 anda mengambil cara sendiri dalam mengatasi permasalahan ini.

    Reply

  110. mr.t
    Nov 13, 2007 @ 02:37:32

    -90- setuju banget..biar pun jantung sehat betis bejat tapi tidak mengganggu ketentraman umum….dan pastinya lebih mempunyai moral….

    ngomong-ngomong punya sepedah apa aja nih…(OOT deh :D )

    Reply

  111. vision of death
    Nov 13, 2007 @ 04:26:33

    nuhun ka Mulyani hasan…..
    SALUTe………………………………………………..

    Reply

  112. bimasakti
    Nov 13, 2007 @ 09:11:39

    @Brigez-7

    kang, sadar.. buka mata akang atuh..
    yg bikin akang berhasil mah bukan karena brigez..
    karena TYME.

    sok atuh ?
    jadi akang nganjur keun lamun dek berhasil
    asup brigez/ gangster ??

    minum darah anjing ?
    bunuh orang ?
    ngerampok ?

    gitu ??

    sadarlah.. mungkin generasi dahulu tidak seperti sekarang,
    sekarang mungkin sudah semakin parah..

    please sadar lah..

    jgn bikin suasana ini makin keruh,
    mestinya sebagai senior mengingatkan para juniornya..

    Reply

  113. bimasakti
    Nov 13, 2007 @ 10:10:02

    @brigez 7

    cuman sekedar mau tanya aja ?
    kalau memang geng motor bagus, anda berarti siap
    untuk memasukan anak anda kedalam gang motor brigez.

    andai ada sodara/kerabat anda yg tertusuk hingga tewas
    oleh geng motor brigez apa yg anda rasakan ?

    andai ada sodara/kerabat atau adik/anak anda putus tangannya,
    dan masa depannya hilang oleh geng motor brigez apa yg anda rasakan ?

    Reply

  114. hidayat
    Nov 13, 2007 @ 11:45:31

    Mereka menjadi buas,brutal,berani,karna pengaruh alkohol dan obat2an..memprihatinkan pisan,euy!bagaimanapun mereka adalah generasi penerus bangsa ini.namun sayang sekali,mereka bisa bersatu,kompak,kuat,tapi jalan yg mereka pilih salah..keberadaan mereka dgn mudah bisa ditumpangi oleh premanisme..akhirnya pelajar2 belia ini menjadi brutal dijalanan setelah dicekoki alkohol,narkoba..sedih pisan aing..bangsa ini lebih cepat menerima budaya luar tanpa bisa menyaringnya..pemerintah daerahpun seyogyanya bisa mengatasi,melihat masalah ini dari berbagai aspek,misalnya menyediakan sarana,arena fasilitas bagi pengembangan hobby remaja atau pelajar.mereka selalu cari tempat buat balapan,karna ga ada jadinya dijalanan..kucing2an dgn polisi..emang kota Bandung makin panas,sempit,gersang,pejabat2 kota Bandung hanya bisa menjadikan kota ini penuh dgn MAL MAL,pusat belanja,pohon2 yg rimbun telah hilang..misalkan,satu buah MAL yg luas menjadi tempat buat yg hobby balapan,arena buat remaja..buat nongkrong mereka..mereka tidak akan menjadi seperti ini..asal ada pemasukan proyek bisa jalan..anggota geng yg ketangkap asal ditebus bisa lgsg keluar..akhirnya beginilah.makin banyak..ratusan anggota jadi ribuan..emang semua masalah bisa diselesaikan dgn uang??? nggak bisa euy…

    Reply

  115. Prabu Siliwangi
    Nov 13, 2007 @ 11:54:34

    Buat bimasakti:
    Sudahlah… mahluk2 spt itu emang sudah gak punya otak dan hati…
    percuma..
    Isi kepalanya tinggal seonggok TAI
    hatinya sendiri udah hilang…

    Reply

  116. Prabu Siliwangi
    Nov 14, 2007 @ 11:34:00

    2 Anggota Geng Motor Bandung Diancam 10 Tahun Penjara
    Erna Mardiana – detikcom

    Bandung – Dua anggota geng motor yang melakukan pengeroyokan diancam 10 tahun penjara. Keduanya dinilai telah melakukan penganiayaan dan perampasan.

    Kedua anggota geng motor itu adalah Yoyo Okta (18) dan Gimgim Ramdani (19). Mereka menjadi pesakitan dalam sidang yang digelar di PN Bandung, Jl RE Martadinata, Jawa Bart, Rabu (14/11/2007).

    Selama persidangan yang berlangsung 30 menit itu, Yoyo dan Gimgim terus menundukkan kepala. Tidak ada kuasa hukum yang mendampingi mereka. Sidang dipimpin oleh Majelis Hakim Syamsul Komar dengan JPU Emanuel Ahmad.

    Dalam dakwaannya, JPU mengungkapkan Yoyo dan Gimgim bersama 10 temannya yang kini masih buron, melakukan pengeroyokan dan perampasan terhadap Reno Adi (16), Dadan Makdan (16) dan Erfan Setiawan (16),pada tanggal 2 September 2007 lalu.

    “Tanpa bertanya terlebih dahulu, kedua terdakwa bersama 10 temannya
    mengeroyok korban yang saat itu tengah bersama teman-temannya di Jl Pasopati,” tutur Emanuel.

    Akibatnya, Reno Adi luka robek terkena senjata tajam di bahu kanan. Sementara Dadan Makdan luka memar di bagian kepala karena benda tumpul. Yoyo cs juga merampas HP milik Erfan.

    Beruntung pada saat kejadian melintas anggota polisi yang melakukan patroli. Mereka langsung mengejar para pelaku dan berhasil menangkap Yoyo dan Gimgim. Sedangkan 10 anggota geng motor lainnya kabur. Dari tangan Yoyo ditemukan satu bilah golok dan belati panjang.

    Emanuel menegaskan, khusus Yoyo dijerat UU darurat No.12/1951 karena membawa senjata tajam. Dia diancam hukuman penjara maksimal 10 tahun. Yoyo juga dijerat pasal 170 ayat 2 KUHP dan pasal 169 ayat 1 KUHP. Sedangkan Gimgim hanya didakwa dua pasal, yaitu pasal 170 ayat 2 KUHP dan 169 ayat 1 KUHP.

    Sidang juga menghadirkan tiga saksi korban yaitu Reno, Dadan, dan Erfan. Ketiganya mengaku tidak mengenal kedua terdakwa sebelumnya. Mereka pun menyatakan tidak ikut salah satu geng motor.

    “Kami hanya nongkrong saja menunggu teman. Kami baru selesai makan-makan,” ujar Reno. Mendengar hal ini, mejelis hakim mengingatkan agar para saksi tidak pernah lagi keluyuran di malam hari. (ern/djo)
    ===============================
    …KURANG PAK JAKSA…. HUKUM MATI AJA…

    Reply

  117. kapten
    Nov 15, 2007 @ 13:57:02

    Alhamdulillah teman2 kami yang anggota gank motor sekarang sudah banyak yang tobat dan menyadari kesalahan2nya dan bergabung bersama komunitas kami disini termasuk teman2 dekat saya yang dulu sempat bermusuhan dan saya benci di karenakan mengikuti gank motor tersebut.

    walaupun salah satu dari mereka ada yang harus di potong jari kelingkingnya karena apabila mau keluar dari gank tersebut harus mengikuti ritual potong jari.

    mereka rela dari pada harus terus menerus berbuat dzalim terhadap orang lain.

    sekarang mereka diarahkan ke bidang bisnis diantaranya bisnis warnet di ko bandung ini.

    buat para anggota2 gank motor lainnya kapan kalian menyusul memang mati cuma sekali tapi hidup itu dua kali kalian harus pikirkan itu “HIDUP STELAH MATI”

    Reply

  118. Brigez 7 - 97
    Nov 16, 2007 @ 04:15:26

    Hatur nuhun ka akang air hujan atas pesannya,… memang benar sekali bahwa masyarakat saat ini dibuat resah dengan tindak – tanduk kenakalan adik – adik kita di gank ini., saya dan teman – teman seangkatan yang peduli sudah melakukan pendekatan positif sejak tahun 98 dengan seringnya kami melakukan pertemuan dan silahturahmi internal dan akhirnya dari pertemuan – pertemuan tersebut setelah 8 tahun membuahkan hasil yaitu dengan dibuatnya LSM yang bergerak dibidang pengentasan kemiskinan serta lingkungan hidup yang berlokasi di Bandung dimana anggotanya sebagian besar adalah alumni brigez , sedangkan pembenahan mental lainnya tetap kami lakukan dan kami pantau terhadap adik – adik brigez kami saat itu , saya mungkin tidak bisa menyebutkan nama – namanya , tapi sebagian besar juga adik -adik binaan kami alumni brigez yang masih saya hubungi via friendster atau email kebanyakan justru telah menjadi praktisi – praktisi hukum , baik jaksa ,pengacara, atau aparat keamanan, hanya saja aktifitas kumpul dan silahturahmi ini berhenti di tahun 2002 karena saya dan teman – teman lainnya seangkatan sudah sibuk dengan pekerjaan dan bisnis masing – masing.

    Intinya adalah.. kita tidak bisa menghimbau, mengancam, menyerang atau bahkan membantai para gankster ini untuk sekedar membinasakan mereka, jawabnya tidak bisa, sudah puluhan tahun cara ini dicoba oleh aparat dan pemerintah tapi hasilnya nihil malah jumlah mereka semakin besar dan kuat. perlu diingat bahwa mereka punya doktrinasi – doktrinasi yang bagi warga sipil tidak bisa diterima secara nalar namun bagi mereka itulah pegangan hidup saat mereka ada di jalanan, pendekatan terbaik adalah arahkan mereka ke hal yang positif seperti yang pernah saya bilang bahwa setiap gank punya program kegiatan yang bersifat masal dan positif setiap tahunnya seperti bakti sosial, pengumpulan dana untuk bencana alam dan sebagainya, hanya saja sikap publik selalu menghakimi duluan akan apa yang akan mereka lakukan.

    Saya selama tahun 97 – 2002 tidak pernah sekalipun menghimbau , mengancam atau melarang mereka adik – adik brigez saya untuk berhenti perang , malak, dan sebagainya tapi juga tidak pernah menyuruh untuk melakukan pekerjaan kriminal itu lagi, karena bagi saya itu mustahil karenanya yang saya lakukan saat itu adalah sering – sering mengajak mereka dalam kegiatan – kegiatan yang positif, bahkan pada saat masih menjadi office boy dan tukang tempel poster di perusahaan tempat kerja pertama saya , saya suka mengajak beberapa adik – adik brigez tersebut untuk ikut membantu saya, mereka senang dan tidak mengeluh, sekalipun hanya saya bayar dengan sebungkus rokok dan makan malam

    Itulah kang yang jadi permasalahan saat ini, cobalah untuk mulai merangkul program positif mereka , saya yakin mereka bisa berubah sesuai yang masyarakat kita inginkan tanpa harus melakukan tindakan – tindakan yang justru akan membuat mereka semakin liar dan tak terkendali.

    Sekali lagi hatur nuhun ka akang air hujan atas masukannya. Mohon maaf kalau ada kata – kata yang masih juga menggurui.
    Saya hanya manusia biasa saat ini yang sudah terlalu banyak dosa di masa lalu dan sedang memperbaiki diri untuk menjadi bermanfaat di masa sekarang atau masa depan. Aminn

    * Untuk mba Mulyani hatur nuhun atas artikelnya, mohon maaf juga kalau keseringan ngomentar, buat masyarakat silahkan kritik atas apa yang saya ucapkan sebanyak – banyaknya, tapi punten mungkin komentar ini adalah respon terakhir saya , supaya masyarakat atau saudara – saudara kita yang lain bisa ikut memberikan pemikirannya secara positif atas permasalahan ini tanpa harus terpengaruh dengan komentar – komentar saya yang mungkin terlalu sok menggurui. sekali lagi hatur nuhun kasadayana dan ke mba mulyani.

    Wassalam,

    Brigez 7 – 97

    Reply

  119. Prabu Siliwangi
    Nov 16, 2007 @ 06:43:21

    Kang Brigez7, sok atuh
    ulah loba catur.
    Mulai dari hal2 kecil, misalnya kerahkan anak buah anda itu untuk menghapus tulisan2 yg sudah ditorehkan pada gengster di tembok2, dinding2 sakuliah kota bandung. Sebab, tulisan2 itu adalah salah satu pangkal mula terjadinya konflik antar geng (saya gak peduli soal ini, asal jangan ganggu warga tidak bersalah…). Kalau anda selaku mantan jejegud yg sudah sukses, tentu akses anda tidak terlalu sulit untuk mengajak cucunguk2 geng anda yg menurut anda geng besar dan penuh kebanggaan (sanajan geus loba nyilakakeun jelema teu boga salah).

    Sang prabu menunggu kiprah anda…mun heu euh anda serius. Sekalian kumpulkan juga para jejegud geng lain yg jadi rival brigez. Kan menurut anda para jejegud pasti sudah jadi orang besar…pasti lebih arif dan bijak (ceuk sayah mah justru henteu…loba anu jadi residivis malah… lain jadi orang besar..)

    Mampukah anda?
    Kalau tidak mampu, jangan berkicau seolah2 geng anda yg membesarkan anda…

    Reply

  120. Gontai@rancaekek
    Nov 18, 2007 @ 07:29:59

    Mba Mul.. ini bukan informasi tapi bentuk doktrin
    lain untuk membangun image baru di masyarakat (terlepas dari baik/buruk tema yang diangkat). anda hanya menyediakn wadah bagi mereka yang sudah terpengaruh oleh doktrin anda.

    gank motor memang sudah meresahkan. tapi ini hanyalah wadah yang mba ciptakan untuk lebih memperparahnya!

    saya lahir, besar dan hidup di bandung. saya tidak pernah terlibat dengan gank apapun. tapi teman kuliah saya banyak yang bergabung dan beberapa diantaranya memang memiliki jabatan di gank-nya masing2. tapi itu tidak menjadikan perpecahan diantara kami. pengakuan mereka pada saya, itu hanya ulah oknum anggota yang memang sulit dilacak oleh teman2 saya itu.

    apakah anda tidak merasa berdosa bila membaca komentar2 diatas. itu adalah bukti anda telah menanamkan bibit konflik baru di masyarakat.

    seandainya ada ormas atau pihak kepolisian yang menjembatani untuk diadakan perundingan saya yakin akan ada titik temu dan akan tampak jelas, mana yang oknum dan mana yang gank sejati. para senior tiap2 gank pun pasti akan hadir dalam ruang dan forum yang sama.

    demikian komentar saya. mohon maaf atas segala kelancangan ucapan saya di forum ini.

    Reply

  121. Lukman Bray
    Nov 19, 2007 @ 15:35:53

    Tulisannya cukup bagus…. alangkah baiknya jika ditambahkan Photo Kejadian, WAjah Para JAwara JAlanan dan sebagainya.

    Agar para aparat ga susah nyomotnya. Mudah2an aparat yang nyomotnya juga punya tanggungjawab yang tinggi untuk melindungi masyarakat.

    Reply

  122. apa arti sebuah nama
    Nov 20, 2007 @ 05:27:39

    Buat Prabu ga semau nak genk jahat,,

    dr dulu udah ad yg nama y jambet,,prampokan,,tauran,,,

    jd jangan salahin nak genk donk,,,,

    itu cuma dr oknum2 tertentu yg mengaku anak genk,,,

    yg saya tau nak genk yg paling d takuti d bandung y XTC

    genk yg paling besar se indonesia,,,,,

    walupun saya blm pernah ikut gt,,,

    Buat Nak2 XTC jaga nama baik Mu,,,,

    Reply

  123. ooh
    Nov 20, 2007 @ 09:59:24

    Barudak-barudak genk motor geura tobat karunya indung bapa nungguan d imah hariwang sieun anakna paeh d jalan…..saran neneng mah…..kpd semua para club2 motor gede sabandung raya hayu urang brantas genk motor nu ngahariwangkeun jeung nu ges nyoret image kota bandung jd goreng teh babarengan……….

    Reply

  124. MOONRAKER Purwakarta
    Nov 20, 2007 @ 23:49:27

    AQ salut yg namanya geng besar cuman satu di indonesia di formulir pendaftarannya ada istilah SEL 13 (hukuman yang paling berat)yang bunyinya :
    1. Mempuyai kendaraan roda 2
    2. memiliki surat kendaraan yang lengkap
    3. hindari segala hal yang berbau pencurian (SEL 13)
    4. tidak diperkenankan memakai NARKOBA apalagi jenis
    obat (SEL 13)
    5. kumpul setiap malam minggu tepat jam 9 malam toleransi
    waktu terlambat hanya 5 menit.
    6. bagi anggota yang telat dikenankan sanksi push up 10
    kali
    dan masih byk yg penulis lupa diinggatkan…yang jelas tinggkat kekerasan sangat minim di moonraker.penrekrutan anggota pun tidak ada saling pukul.hanya kami kebanyakan dites fisik misal lari,push-up,shit up,dan terakhir direndam di air selama kurang lebih 3 menitan.balapan mtr yang kami jungjung tinggi di organisasi moonraker.mknya ada tes membawa mtr tanpa rem dr lembang sampai setiabudhi.mungkin tanggapan masyrakat beda tentang organisasi moonraker ini.. segitu aj dr MooNRakeR Purwakarta——-

    Salam buat MooNraker Dhago 97 yg dah ngk eksis lagi di bandung…Se-Indonesia tau MooNraker dhago kawasan yang paling disegani…AQ percaya incuna PRABU SILIWANGI mah WANIEUN……LanNgSunX….

    5.

    Reply

  125. soeqi
    Nov 26, 2007 @ 11:40:05

    urang pernah boga 2 kali pangalaman pait tah jeung genk motor….
    kahiji balik foto kelas di jonas,kajadianana di daerah simpang dago….aing sebel sabab nu ngamimitian neunggeul aing budak pendek,beke,ceper sigana maskotna eta genk,,,,mun kondisi hiji lawan hiji geus dileyek tah…
    ka dua balik dago festival dek ka kostan,eta di monumen…untung bisa lumpat jadi salamet

    satu kata,,,,,,,naha bandung dek kieu wae ieu teh

    Reply

  126. the PepZ
    Nov 26, 2007 @ 14:33:50

    buat para komentator yang sok tau!JANGAN MENILAI DARI SISI SEPIHAK TANPa TAU PERMASALAHannya.kalian yang cuma ngomong tentang genkster cuma di lihat dari sisi negatifnya saja.tanpa tau hal2 yang positifnya.jgn cuma hanya bicara tanpa melihat realita di lapangan.berbicaralah secara bijak dan jgn menambah keruh suasana!kalau mau tau yang namanya genkster itu tdk ada!buat prabu sinting!jgn menjudge seenak perut aja.anda sendiri mungkin genkster arogan!yg ngebacot ngawur!GENKSTER JUGA MANUSIA PUNYA RASA PUNYA HATI.seharusnya anda sendiri memberi masukan yg positif dan jgn jadi provokator tukang ngobok2 anak bandung.kami ini manusia yg msh bisa d bina dan di luruskan.krn kami jga bagian dr masyarakat.UNTUK XTC,BRIGEZ,GBR,M2R tetap maju untuk menuju hal yg lbh positif dan bersatu ngalawan prabu sinting!dan ciptakan bdg yg kondusif!mungkin ini awal dari sesuatu yg lbih maju.HIDUP BANDUNG!!!!

    THE PEPZ SEXYROAD

    Reply

  127. dot com
    Nov 29, 2007 @ 08:26:33

    good article, is very interesting if we discuss about the bad phenomenon growth in my lovely city, thank you ! the article give me another opinion motorcycle gangster in bandung, caused before i read this aricle i just have information only from my brother and my self experience.
    He told me about the all heroes experience when join with once of the club in 1979(M@R), age of my brother 45 right now.
    I m very proud to my old bro, that’s why in my generation i follow him to join with once of club motor cycle (XTC) in bandung.
    i’37 age old right now,
    For mulayanihasan please not just talk with the young generation for your source. make balanced article with the success story from the member of “Genk” (like U say)

    Maksudna naon etateh?….
    bahasa Inggris can becus, jaba ngaku2 geus sukses ku XTC. Tai pedut siah.

    Reply

  128. Prabu Siliwangi
    Nov 29, 2007 @ 12:58:27

    BUat Bung Pepz. Anda ini Bung Pepi ketua XTC Bandung itu bukan? Mudah2an apa yg anda utarakan mengenai XTC adalah benar adanya. Kita masyarakat hanya mendengar sisi negatif dari XTC dan geng sejenisnya. CUma yg saya heran, koq sisi positifnya mana ya? Apa karena gak di expos? Coba tunjukan ke kita semua apa yg sudah dilakukan para gengster buat kemajuan kota bandung. Tunjukan pada kami…agar kami warga bandung sedikit bersimpati pada rekan2 gengster anda.

    Apabila belum ada, saya hanya usul kpd para gengster. Coba anda bersihan tulisan2 geng anda di seluruh kota bandung. Mulai dari XTC aja dulu deh yg diketuai Bung Pepi, kerahkan anak buah anda untuk mengadakan bakti sosial yg nyata, membersihkan kota bandung dari coretan2 yg tidak berguna. Saya yakin, dengan demikian XTC menjadi bukan sekedar geng motor, tapi menjadi ORMAS yg akan disegani dan dihormati. Sisi psikis yg timbul dari efek positif tindakan spt itu adalah moral para anggota akan menjadi lebih bagus, menjadi bisa berbangga karena perbuatan berguna yg dilakukan thd warga kota, bukan berbangga karena berani berbuat kriminal yg menimbulkan rasa antipati dan benci seluruh warga.

    Mampukah anda?
    Apabila XTC berbuat spt yg saya usulkan, saya yakin…geng yg lain akan ikut berbuat hal serupa. Dan kalian akan menjadi saudara bukan menjadi musuh.

    Kekuatan persaudaraaan antar geng yg sebelumnya bermusuhan akan menjadi kekuatan kota bandung untuk maju membangun bersama. Dengan sumberdaya muda yg terdidik, bermoral dan peduli.

    Siapkah anda?
    Jika anda sanggup, saya angkat topi, akan saya bangun sebuah web khusus buat para gengster yg telah berbuat banyak bagi kota bandung. I promise…

    Sampaikan kepada Ochan BRIGEZ, Henda/Elke GBR dan Pembesar M2R…
    Mudah2an mereka bisa sejalan…

    Salam
    Prabu Siliwangi – Pencinta Kota Bandung dan Tatar Sunda

    Reply

  129. Sang Prabu Siliwangi
    Nov 29, 2007 @ 13:00:30

    BUat Bung Pepz. Anda ini Bung Pepi ketua XTC Bandung itu bukan? Mudah2an apa yg anda utarakan mengenai XTC adalah benar adanya. Kita masyarakat hanya mendengar sisi negatif dari XTC dan geng sejenisnya. CUma yg saya heran, koq sisi positifnya mana ya? Apa karena gak di expos? Coba tunjukan ke kita semua apa yg sudah dilakukan para gengster buat kemajuan kota bandung. Tunjukan pada kami…agar kami warga bandung sedikit bersimpati pada rekan2 gengster anda.

    Apabila belum ada, saya hanya usul kpd para gengster. Coba anda bersihan tulisan2 geng anda di seluruh kota bandung. Mulai dari XTC aja dulu deh yg diketuai Bung Pepi, kerahkan anak buah anda untuk mengadakan bakti sosial yg nyata, membersihkan kota bandung dari coretan2 yg tidak berguna. Saya yakin, dengan demikian XTC menjadi bukan sekedar geng motor, tapi menjadi ORMAS yg akan disegani dan dihormati. Sisi psikis yg timbul dari efek positif tindakan spt itu adalah moral para anggota akan menjadi lebih bagus, menjadi bisa berbangga karena perbuatan berguna yg dilakukan thd warga kota, bukan berbangga karena berani berbuat kriminal yg menimbulkan rasa antipati dan benci seluruh warga.

    Mampukah anda?
    Apabila XTC berbuat spt yg saya usulkan, saya yakin…geng yg lain akan ikut berbuat hal serupa. Dan kalian akan menjadi saudara bukan menjadi musuh.

    Kekuatan persaudaraaan antar geng yg sebelumnya bermusuhan akan menjadi kekuatan kota bandung untuk maju membangun bersama. Dengan sumberdaya muda yg terdidik, bermoral dan peduli.

    Siapkah anda?
    Jika anda sanggup, saya angkat topi, akan saya bangun sebuah web khusus buat para gengster yg telah berbuat banyak bagi kota bandung. I promise…

    Sampaikan kepada Ochan BRIGEZ, Henda/Elke GBR dan Pembesar M2R…
    Mudah2an mereka bisa sejalan…

    Salam
    Prabu Siliwangi – Pencinta Kota Bandung dan Tatar Sunda

    Reply

  130. anti genk motor
    Nov 30, 2007 @ 03:49:11

    BUAT THE PEPZ SEXYROAD DAN SELURUH ANGGOTA GENK MOTOR DI INDONESIA (APAPUN ITU NAMA KELOMPOKNYA) CAMKAN INI DAN RENUNGKAN DALAM HATI

    “GENKSTER JUGA MANUSIA PUNYA RASA PUNYA HATI”

    APA IYA ????, kalau memeng bener genkster juga manusia punya rasa punya hati, terus disimpen dimana rasa dan hati kalian ????…..

    Apa disimpen di toilet kalian masing-masing di rumah, apa kalian tidak berpikir jauh ke depan, bagaimana kalian akan meraih masa depan kalian sendiri, sedangkan masa muda kalian dihabiskan untuk hal-hal yang tidak berguna.

    Apa kalian tidak ingat bahwa malaikat maut dapat menjemput kalian sewaktu-waktu, bahkan ketika kalian sedang beraksi dijalanan. Apakan kalian tahu berapa lama lagi kalian akan hidup di dunia ini ????. Sepuluh tahun lagi kah?, satu tahun lagi kah? satu bulan lagi kah?, satu minggu lagi kah?, satu hari lagi kah?, atau satu jam lagi kah?. Lalu bekal apa yang dapat kalian bawa untuk ke akhirat nanti???

    Apakah kalian pikir setelah meninggal nantinya tidak ada pengadilan yang menimbang amalan baik dan amalan buruk kalian?

    Para Nabi dan Rasul pun yang sudah dijamin masuk surga oleh Alloh SWT, masih beribadah semaksimal mungkin dan menjauhi perbuatan tercela karena mereka takut pada api neraka, sedangkan kalian yang hanya setitik debu tak berguna di hadapan Alloh SWT masih saja bangga dengan kelakuan kalian yang merugikan banyak orang tidak berdosa, apa kalian tidak takut dengan api neraka? atau memang neraka jahanam menjadi cita-cita kalian?

    Coba renungi lagi, kalau perbuatan jahat kalian itu menimpa Ibu dan Bapak kalian, apa yang akan kalian rasakan?????

    Tolong renungi lagi, Ibu kalian yang dengan susah payah mengandung kalian 9 bulan lamanya dengan segala sakit dan perasaan yang letih dan lemah dari hari ke hari mencoba untuk mempertahankan kalian agar dapat lahir ke dunia ini dengan selamat dan menjadi orang berguna

    Bapak kalian mencari nafkah untuk membiayai selama kehamilan kalian dan untuk biaya persalinan kalian dengan mengerahkan segala daya dan upaya sampai tetesan keringat mengucur dan segala kelelahan dan keletihan yang tidak dirasakan hanya untuk dapat memenuhi segala kebutuhan kalian selama dalam kandungan dan saatnya melahirkan.

    Tetapi setelah kalian besar dan dewasa, bukannya kalian sadar dan menjadi orang yang bisa berbakti dan membalas budi pada Ibu dan Bapak kalian, kalian malah membuat masalah yang membuat Ibu dan Bapak kalian kecewa.

    Kalau Ibu dan Bapak kalian sebelum kalian lahir mengetahui bahwa kelak kalian akan menjadi orang-orang yang mencelakai dan merugikan orang lain serta membuat resah masyarakat umum, tolong tanyakan lagi kepada Ibu dan Bapak kalian apakah mereka akan membiarkan janin kalian itu tetap dipertahankan untuk kemudian dilahirkan atau akan menggugurkannya karena meraka takut dengan aib yang kalian akan berikan pada mereka saat kalian dewasa nanti?????

    Sadarlah, insyaflah, tobatlah sekarang juga mumpung masih ada waktu sebelum warga Bandung jengah dan mengambil keputusan yang akan merugikan kalian. Jangan tunda-tunda lagi segera kembali ke masyarakat, bergaullah secara wajar, seluruh warga Bandung akan menerima dengan tangan terbuka dan lapang dada andai kalian kembali ke kehidupan normal dan wajar.

    Ingatlah!!! Kalian semua punya masa depan yang harus kalian bangun, kalian akan mempunyai keluarga, kalian akan punya anak-anak yang lucu-lucu dan menggemaskan, apakah kalian akan mewariskan perilaku tidak baik ini kepada anak-anak kalian?????, Apa istri kalian akan menerima kelakuan kalian yang meresahkan masyarakat ini????

    Apakah kalian tega suatu saat melihat anak-anak atau istri kalian menjadi korban atas kejahatan yang dilakukan oleh teman-teman kalian sendiri atau oleh musuh-musuh kalian sendiri…..

    RENUNGILAH WAHAI SAUDARA-SAUDARAKU………

    Reply

  131. didinrahmidin
    Nov 30, 2007 @ 13:33:28

    buat kang prabu jangan banyak cingcong kita langsung aja turun ke lapangan gabung bersama kami tidak punya motor gede juga ga apa2 asal aya kawani ngabantai para gengster tai anjing
    kami ga akan menyerang geng2 yang konvoi teratur dan tidak membuat kriminal tapi kalo sampai ketahuan dan ada bukti kami ga akan segan2 untuk menghabisi kalian
    kang prabu jangan banyak cingcong akang kan tau anak geng mah di dunia maya mah wanian jeng mun lobaan kawanina teh
    tapi mun di ajak sparing hiji lawan hiji mah kalahkah sujud bari ngaletakan dampal suku menta di hampura
    di ajak balap lawan arah karabur cariut tarai anjingen hungkul
    cek sayamah budak geng teh naon kreatifna????????
    ngaku2 budak motor ari ngomean jeng ngamodifmah angger weh ka bengkel2 keneh
    jeng make motor siga gebog cau keneh,di ajak adu bongkar pasang mesin motor teu barerul si anjing teh
    naon kabisana salain mabok jeng garelutmah bari jeng lobaan gelutna ge
    tah kang prabu langsung weh turun
    hub saya taiyo_tsuki@yahoo.com
    tapi hampura saya ker tugas di jepang jadi ente ka barudak nu di indo hela weh
    ganbatte kurereba minna zettaini ureshi zo

    Reply

  132. didinrahmidin
    Nov 30, 2007 @ 13:34:52

    10 bulan deui saya balik ka indo
    selamat bergabung

    Reply

  133. didinrahmidin
    Nov 30, 2007 @ 13:48:54

    uingmah asa terharu uy ningali indonesia teh
    mun di jepangmah yakuza atau genglah cek org indomah jahatna teh langsung kanu koruptor2 negara anu ngahakan duit rakyat
    ka rakyat biasamah malahan sok ngabantuan jadi security,jeng anak buahna ge sarukses baroga bisnis sorangan2 nepi cacing cau2 na ge
    ieumah di indo jelema teu salah teu nanaon maen bacok wae asa teu baroga otak si anjing tehnya cek saya mah
    duit ti kolot keneh
    motor motor nu kolot keneh
    ges waranian jadi jagoan di jalan
    aduh asa hayang cerik uy ningali indonesia ayena teh
    gesmah ancur ku leluhur2na anu sok KKN ditambah benalu2 penerus bangsana
    ke teh tambah ancur atuh indo tehnya
    kumaha ieu teh kudu di tembak mati da barudak keneh cenahmah{padahal nu karolot ge loba}
    da kudu di bantai seh nu kitumah
    mun nungguan polisimah lila deui atuh
    apal polisimah lila beraksina ge

    geng wa shinda houga ii to omou kedo mada kodomo dakara orenimo wakarehen de jibun no yarikata de ii to omou zo,dakara sa ore PGC wo tatette geng wo shinde ageruzo shinde kure zo omae tachi

    Reply

  134. urang bandung
    Dec 01, 2007 @ 09:27:24

    cik atuh barudak- mun maraneh nyieun group dijaga nu alus- ulah ngarugikeun batur. Sok pikirkeun ku hidep, lamun salah satu korban kolot – dulur maneh , kabogoh maneh…nu teu boga dosa. Jaga martabat warga bandung…sabenerna mun jagoan …jagoan naonna? Gelut raramean? wani mun sorangan?. Mun jago gelut abus sasana tinju…mun jago ngebut…ngilu balap nu resmi. Cik atuh euy… bayangkeun ku maneh… ku urang luar bandung sampai ka luar negeri …bandung ayeuna terkenal genk motorna…anu kasar/sadis. Mungkin wae teu goreng kabeh…tapi beritana kitu. Sok perbaiki citra maraneh…(uing di amrik)

    Reply

  135. Sang Prabu Siliwangi
    Dec 05, 2007 @ 12:26:59

    Tah geuning…
    ditantang kitu ku sayah.. boh si Pepi boh si Brigez7.. ngabetem kabeh… kaharti lah.. geng kalian emang gak ada manfaatnya… kalaut brur….

    Reply

  136. didinrahmidin
    Dec 05, 2007 @ 12:56:20

    kang prabu sanes kitunya
    da saya mah kehel atuh ka barudak geng teh
    matakna nyieun club ge inget lain geng motor
    da babaturan saya ges loba nu paeh ku geng
    terserah seh etamah rek gabung rek heunteu
    jeng sayamah teu nyebutken kang prabu nantang si pepi jeng si brigez7

    Reply

  137. Kepretz
    Dec 22, 2007 @ 16:34:02

    Kanggo kang Pepz sareng dedengkot genk anu sanesna! cik di telaah deui!!…..”GENKSTER JUGA MANUSIA PUNYA RASA PUNYA HATI”

    Naon bukti na!!……..
    kalaupun kami tidak tahu permasalahannya dan berfikir sepihak, naha atuh warga sipil rea anu jadi korban!!…..

    nya ge masalah jeung genk lain tonk mawa2 masyarakat anu teu boga salah atuh lah (pliss dech)

    Reply

  138. bnde_sufferage
    Dec 24, 2007 @ 07:21:33

    salam sexy road….bwt smua rekan2 xtc se indonesia.jadikanlah xtc sebagai simbol persatuan,kekeluargaan,solidaritas dan lahan interaksi sosial yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan juga intelextual.tetap semangat……!!! kita semua tidak bodoh………..
    suthufuckup my enemy……..kalian semua akan berakhir di tong sampah…………!!!!

    Reply

  139. bnde_sufferage
    Dec 24, 2007 @ 07:24:08

    bwt mba yani …………….thanks bgt…….99% good article bro!!!

    Reply

  140. edd
    Dec 26, 2007 @ 13:39:02

    …walopun sudah “sangat sering sekali” didengar, secara turun temurun dan bukan hal yang baru, tapi “teteup” tidak menjadi tulisan yang membosankan untuk jadi temen minum es teh manis di sore hari….tulisan yang menarik, keep on going sis, sukses selalu =)

    …untuk para geng motor, salam damai, semoga semakin “rahmatan lil alamin” selalu, amiiin

    peace

    sesama orang bandung dan bobotoh persib

    Reply

  141. Budi Bikers
    Dec 27, 2007 @ 03:48:45

    Dear Miss Mulyani,

    Saya membaca artikel Anda sangat bagus mengena dan mungkin akan sedikit menyadarkan pembaca yang merupakan pengendara bermotor …

    Namun tidak semua pengendara bermotor roda dua yang berkelompok yang berkelakuan seperti yang di urai kan di dalam artikel Anda …

    Saya merupakan pengamat Klub Motor Besar independent yang ada di Bandung, Jakarta dan umumnya Indonesia ….

    Umumnya mereka memang punya sifat ingin menguasai jalan pada saat rollin’ …. namun mereka rollin’ dengan tidak merusak seperti Klub motor kecil di bandung yang memakai senjata …. justru merek yg bermotor besar tidak suka kekerasan dan memberantas kekerasan ….

    Saya rasa sekian Commentnya …. PEACE and RESPECT and BROTHERHOOD FOREVER.

    Reply

  142. pusing dah
    Dec 28, 2007 @ 03:19:43

    buat para geng motor, jangan buang2 bensin, mending ngumpul2 buat belajar bikin motor sendiri, biar ga import mulu.

    ga usah susah2 bikin geng buat alasan persatuan, persaudaraan, solidaritas, skk, satu kata INDONESIA sudah cukup untuk semuanya. ga inget apa susahnya MERDEKA diperjuangkan oleh leluhur kita???

    Reply

  143. manuk
    Dec 28, 2007 @ 06:21:13

    apa perbedaan geng motor dengan klub motor?
    hmm,,menurut saya sih cuma berbeda pada ‘tata cara’ mereka merajai jalanan dan melampiaskan arogansi mereka yang sama-sama besar. Hanya pada cara mereka ‘membuka jalan. Kalau HDCI,,raungan motornya, yang terkadang ditambah sirene ala patroli, sudah cukup untuk membuat pengguna jalan lain menyingkir. Sedangkan klub motor lain yang kebanyakan,, dengan mengayunkan-ayunkan light stick (lagi-lagi ala polisi), sementara Brigez, XTC, GBR, Moonraker dll,, dengan ‘meneriakkan mesin’ mereka ditambah ayunan katana atau stik baseball.

    Sama saja. apapun caranya,,mereka tetap ingin menguasai jalanan di saat mereka berlalu. Toh XTC pun di era 90-an merupakan klub motor yang (bahkan) terdaftar di IMI.

    Reply

  144. bagus rangin camp
    Dec 28, 2007 @ 08:08:31

    orang2 bodoh yg merasa dirinya hebat…..
    bangga akan genk nya, hirupna jadi naon ayeuna…
    RUNTAH DINA TONG SAMPAH!!!
    Aing oge urut M2R tapi teu bangga siga silaing, rakyat teu boga salah di teror. Mental siga naon eta? Jauh teu siga jaman baheula…
    Tobat jang…. rek mawa naon sia ka aherat?

    Reply

  145. Exxxon
    Dec 28, 2007 @ 22:48:31

    Wuihhh… 4 thumbs up artikelnya mbak Yani :)
    tapi yang paling penting sudah mewadahi temen2 yang lagi pada “panas” buat curhat :)
    Tapi yang pasti kekerasan tidak mungkin dilawan dengan kekerasan karena hanya akan membuat “lingkaran setan” baru yang dijamin ga akan abis perkaranya…

    Ana si bukan anggota geng ataupun anti-geng cuma cinta banget sama Bandung… kasian kali kalo “the real” Prabu Siliwangi liat kota yang dulu dirintisnya cuma jadi wadah darah yang tertumpah sia-sia…

    Betul???

    Reply

  146. PooRBoyZ
    Jan 05, 2008 @ 11:18:21

    hallow mbak,,,
    maaf saya agak terlambat baca artikel mbak yang menarik bahkan sangat menarik ini,,,
    dari yang mbak tulis banyak yang pengen saya tanyain mbak,,,bukan bwat apa” c mbak cuma pengen tau doank,,,
    mbak ap bener yang bedain geng motor ma club motor cuma dari kndaraan yang digunain,,,trus masalah lain nya gmn mba,,sprti struktur organisasinya,,?tujuannya,,?ma massa yang dirangkulnya,,,?klaw toh kesamaan lebih besar dari perbedaan bisa di generalisasikan klaw geng motor ma club motor tuy sama aj dumz,,!
    trus dari awal kmunculannya pelopornya apa mbak,,atau faktor kuat pendukung terbentuknya geng ataw club motor ini apa mbak,,,?ap karena ikut”an ma yang ada di luar negri sana mbak,,,ataw malah mungkin sejarah awal terbentuknya geng taw club motor ini dibawa ma orang luar mbak,,?
    trus kalaw masalah plantikan anggota baru ituy gmn mbak,,?ap karena brasal dari anak skolahan jadi modelnya seperti ospec gitu mbak,,kan staw saya ospec di lembaga pendidikan skitar 6-10 tahun lalu masih gunain kekerasan mbak,,,?

    mbak mungkin pertanyaan” saya agak koyol ataw mnurut mbak ngak penting bwat di jawab,,,tapi saya mrasa penting dan berharap skali mbak mau menjawabnya,,,
    mbak sdikit permohonan lagi,,,jawabnya langsung ke e-mail saya aja ya mbak,,,
    makasih banyak sebelum nya mbak,,

    PooRBoyZ
    Zhulay_syah@yahoo.com

    Reply

  147. x.soii.tc
    Jan 21, 2008 @ 11:50:15

    ooiah lupaa !!
    happy birthday 4 my FAMILY
    311280 .. !!!!
    maf gga ikut ..

    Reply

  148. gank senggol
    Feb 07, 2008 @ 07:02:10

    duh gw kmana aja br nemu tulisan ini. buat mbak Yani makasih infonya….
    buat gw genk motor bandung tuh gak ada apa2nya. gak lebih dari cecunguk2 ingusan. masih minta uang ke ortunya, motor rusak minta duit lagi ama ortunya. Bukan seperti itu yg diharapkan oleh orang tua kalian dalam membesarkan kalian. but you’re still my brother!… Insyaf men. Jalan kalian masih panjang.. Yani thanks again!

    Reply

  149. Urang Bandung
    Feb 28, 2008 @ 06:45:27

    Tahun 1980an. saya SMA di Bandung, ditemani motor kesayangan. Sudah ada Brigez, Moonraker, XTC dll. TApi rasanya Damaiiii…… Kalau didepan kita ada rombongan moornraker yg lagi jalan nyantai (biasanya konvoi tapi pelan-pelan aja jalannya…..biasa ngalegeg…Show of Force….) kita menyusul rombongan mereka, malahan lewat di sela2 anggota mereka sambil just say hi…. mereka welcome…sambil cengengesan. Ga ada kejadian apa-apa….. Begitu juga kalau ketemu anggota geng lainnya, sami mawon..Damai.

    Saya sekarang tinggal di Jakarta Akhr tahun 2007 Saya maen kemaleman di Bandung, yang namanya temen-temen ga ada yang ngasih ijin pulang sendiri……sampai ada temen yang rumahnya jauh banget dengan rumah saya mengantarkan kerumah ortu menggunakan mobilnya. Sambil di jalan beliau cerita bandung masa kini!

    Begitu terterornya kota Bandung, sehingga pulang malem saja sudah bukan hal yang nyaman lagi bagi warganya…itu suatu kehilangan yang sangat-sangat mahal harganya, tak akan tergantikan oleh rupiah berapapun nilainya.

    Kapan para gegedug berkumpul lagi, masih ingat era 80an yang adem….mari buat Bandung jadi kota kecintaan kita lagi.

    Reply

  150. To3kiCK
    Mar 05, 2008 @ 02:58:48

    kabeh budak genk mah ciut mun geus didatangan imah na

    Reply

  151. eOTz_666
    Mar 05, 2008 @ 07:36:31

    mju truz genk mtor aing d blakang muh..
    jangan takut m pkis.
    peraturan tuh tuk d langgaR BUKAN TUK
    D PATUHI…oke cuy

    Reply

  152. reno234
    Mar 17, 2008 @ 07:19:46

    ok whateverlah para geng motor,,salkan gag ganggu 234sc……
    who’s godfather in here huh?

    234sc
    “DONT BOTHER ME”

    Reply

  153. TeQ'z_Boby
    Mar 28, 2008 @ 07:00:05

    bwat….anak gang yang gak jelas yg ngaku2nya gang…ULAH NGABACOT WAE ATUH….AING BDAK….DGR…..”DIVINITY GLORIUS RHIBERT”LAMUN WANI…HAYU ATUH PERANGKEN…BOGA KAWANI TE…BERE WE TGL SABARAHA,JAM BERAPA,DETIK K BERAPA,DMANA?…LAMUN HAYANG PAEH KABEH MAH XTC,BRIGEZ,GBR..!!!!SALAM BWAT ANAK2 DGR WARRIOR BIRU,MERAH,HIJAU…KHUSUSNYA TEAM WAR….KIBARKAN SANG BIRU,MERAH,HIJAU…..JAYALAH SELALU….DGR NUMBER.1 NEVER DIE..SALAM RACER BWAT ANAK2 MOONRAKER…MARI KITA BANTAI BRIGEZ,XTC,GBR…KARENA TIDAK ADA GENG SELAIN KITA!!!!

    Reply

  154. agiied234
    Apr 10, 2008 @ 14:19:28

    sip!! mau geng apa juga peduli amat…

    asal gag ganggu 234sc…

    PANCASILA ABADI

    Reply

  155. Ronni a.k.a Ucok
    Apr 16, 2008 @ 06:25:02

    Salam buat semuanya.

    Terima kasih atas tulisannya, sehingga mendatangkan respon yg cukup menarik, meski hanya sebuah blog yang mungkin tidak terlalu banyak orang memperhatikan.

    Dari semua kilasan dan tangapan-tanggapan yang muncul, baik tanggapan positif dan negatif, masing-masing masih memunculkan ego masing-masing. Dalam hal ini semua bisa dianggap benar dan semua bisa dianggap salah, karena penyampaian hal baik dengan pernyataan yang kasar, dan ada pernyataan rusuh yang cukup fulgar. Semua ini cuma retorika sekilas dari sebuah perjalanan kehidupan anak muda yang serba ingin paling “wah”, suatu hal yang lumrah meskipun dalam penyampaian dan reaksi yang “salah” kaprah.

    Banyak hal negatif yang telah kita dengar dari adanya beberapa “Gangster”, tapi kebanyakan orang hanya menilai saja, tanpa mau mengambil hikmah dan hal positif dari keberadaan “Gangster”. Kita bisa ambil contoh satu hal seperti rasa solidaritas antar sesama anggota “Gangster”, kalau saja masyarakat punya rasa solidaritas atas masyarakat yang lain tentunya akan menimbulkan keharmonisan. tentunya masyarakat jangan mengambil bentuk solidaritas yang negatifnya.

    Dalam kehidupan “Gangster” ada satu hal yang mungkin saya bisa ambil, pembentukan mental yang kuat dalam menghadapi apapun, ini bisa saya praktekan dalam kehidupan sekarang dimana persaingan usaha dan persaingan kerja semakin keras, dalam hal ini saya bukan dalam artian mental untuk bersaing kasar, tetapi mental ketika banyak tekanan dan perdebatan, mental kita lebih bisa menerima, karena kita pernah merasakan posisi tekanan paling keras dan sakit sekalipun.

    Jadi untuk sekarang, kita hanya bisa menyaksikan dan mengurut dada atas perkembangan tindak kekerasan “Gangster”, karena memang tidak banyak yang kita bisa lakukan kalau hanya dengan berkomentar dan memberi nasihat. Biarlah semuanya berjalan, karena semuanya ada “masanya”.

    *Salam buat:
    - Keluarga Besar GBR angkatan 90an
    - Keluarga Besar Brigez angkatan 90an
    - Keluarga Besar Moonraker angkatan90an
    - Keluarga Besar XTC angkatan 90an

    NB: saya pernah konflik dengan BRIGEZ, M2R dan XTC di medio 90an, tetapi akhirnya saya jadi berteman dengan mereka meskipun saya pernah dilukai dan melukai mereka.

    Doa Buat:
    “Alm Endang a.k.a Boke”, “Alm Komat”, “Alm Rajen”, “Alm Dodi”, “Alm Adi a.k.a Jenong”, “Alm Anton a.k.a Hugo”, dan semua teman saya yang telah “Almarhum”.

    ” Semoga Bisa Bertemu pada akhirnya di Alam Surga atas ijin ALLAH SWT. Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin.”

    Reply

  156. genggong anjing
    May 16, 2008 @ 07:10:30

    nanaonan jadi gengster .. jiga anjing kalakuan maraneh ..

    brigez : kalian semua ga punya nyali cuma bisanya keroyokan .. mun edek asup tinju di adu nyali maraneh ..
    xtc : udah lah tobat aja kalian semua , ingget dosa ..
    m2r : si raja balap , kalo pengen kekebutan di sirkuit lah .. hnte modal maraneh mah u/ asup sirkuit..
    gbr : anjing mneh mah .. tobat sia ..

    kalian semua pecundang di kehidupan .. lebih baik bubarkan geng yang ga jelas tujuan ya ..

    Reply

  157. anti geng
    May 16, 2008 @ 07:17:56

    gengster mah anjing … semua gengster ga ada nyalinya ?

    Reply

  158. JHG!
    Jun 04, 2008 @ 08:37:02

    ayoooo bangkit sexy road!!!

    “THE HATEGOD FAMILY”

    Reply

  159. JHG!
    Jun 04, 2008 @ 08:56:30

    tuk mulyanihasan :

    keren tulisannya,skaligus ngebangkitin lagi semngat2 kami para gangster2 yang sudah lama tidak aktif,.

    thx ya,.tulisannya

    Reply

  160. naiph MKC
    Jun 21, 2008 @ 13:49:51

    Long Live For 234SC!

    I’m a MAFF,Not a Wangsta…

    Reply

  161. GBR
    Jun 29, 2008 @ 08:22:52

    bwat smwa GBABER di mna ajj
    tlong jgn ksarii mrka yg tdak brslah ksian mrka .

    klian gengster hanya mladeni gengster jgaa jgn mlibatkan org org yg tdak brdosa .
    sya setuju jika klian mmbsmi geng geng lainnya jdii polisii gausa cpee .
    jdikan GBR brmanfaat bgii msyarkat .
    hancurkan smwa geng mtor yg mrugkan msyarakat .

    jgn bdayakan aksii keroyokan .
    GBR pnya nylii jdi lwan mrka dgn duel itu bru klian bkan pngcut

    dan jika msuh klian tdak dduk di ats mtor jgnlah klian usiik
    karna klian adalah geng mtorr .
    jdii hancukan msuh msuh klian yg sdang dduk di ats mtor .

    sya pling ga ska ank yg ngku ngku GBR tpii ga pnya nyalii
    pngcut diem aja tduur aja di rmah .

    GBR NU AINK

    Reply

  162. kehed sia gengster
    Jul 16, 2008 @ 11:42:18

    Yang ikut gangster cuma orang2 yg ga bernyali. beraninya keroyokan, klo satu2 juga ga ada yang berani… :))

    Reply

  163. dudung
    Jul 26, 2008 @ 13:35:35

    trimz atas tulisannya udah bantu ane bwt paper…..

    Reply

  164. ate
    Aug 05, 2008 @ 19:56:15

    keren bgt nih yg buat artikel..ampe khatam gw baca..
    lumayan nambah ilmu..thx

    Reply

  165. GBR LBG
    Aug 14, 2008 @ 02:57:07

    ASALAMUALAIKUM,,,,,,,,,,,,,,
    HY,, AKANG” GRABER SALAM KENAL BRAVO GBR.
    GBR IS MY LOVE SAYA GRABER BARU ASAL LBG SALAM KENAL AJA UNTUK SEMUANYA.
    “KITA GAK NGEJUAL TAPI KALO ADA YANG JUAL KITA HARUS BORONG”
    BRAVO GRAB ON ROAD

    SALAM ON ROAD

    TAK ON ROAD

    Reply

  166. IRON'X GBR
    Aug 16, 2008 @ 06:57:13

    Hi Semua nya…..

    Uda deh ngapain musti ribut-ribut mulu”’kasian bokap-nyokap kite pade….just take it easy for this life bro…

    What ever happend before!that is only memories for us and no need to remainded again please.

    Apa gak malu di liat negara orang!!!penerus bangsa nya pada baragajul dan sembrawut????!!!!!Who can stoped this unpleasantness!!!???only us my friends and power praying

    I now all of us is have a much of experiences on the road comparatively me!!!!But im conscious that is only my journey to become majority people in this world.

    Thing again….Thing again….this life is Hard………..

    My Best Regards to all gangster,Grab on Roard,M2R,XTC,Breigez.

    Sollidarity of powerful

    IRONX,Graber

    Cheers Mate

    Reply

  167. aDHE tUJI
    Sep 03, 2008 @ 05:25:50

    JANG BARUDAK BANDUNG……
    MENDINGAN OGE DAMAI…………………..
    SALAM TI AING KABEH…..

    MASIH INGET TEU KA GENK ” TUJI KANE”………………………..
    TAHUN 1987-1989

    Reply

  168. PP Bandung
    Sep 07, 2008 @ 07:32:37

    mang ga ada lg kgiatan selain masuk gangster?!!!
    msh banyak uy kgiatan positif selain gabung ma gangster…

    PANCASILA ABADI

    Reply

  169. Tremor
    Sep 08, 2008 @ 01:02:59

    Eh om2 XTC skalian klo isa XTC jgn di Bandung doank donk di besarin aja sekalian ke Jawa Timur soalnya banyak nih yg pengen gabung am XTC di Malang, masa smua yg pengen gabung am XTC harus ke Bandung…., Lagi pula sambil lebarin kekuasaan lebah biar tambah di segani…

    Reply

  170. cui
    Sep 12, 2008 @ 09:08:51

    orang bandung alias sunda…kebutuhan kalian akan ‘pengakuan’ dan semua yg berbau hedonis besar sekali ya…segala yg ‘brengsek’ dari preman sampe pelacur di NKRI dominan di drop dari etnis ini (kata statistik low)…kalah set ya sama etnis laen?…cerminan ngga bisa berprestasi di bidang laen yg lebih ‘humanis’ atawa ‘adiluhung’…cuma sifat kebinatangan wae yg diumbar..karunyak euy…

    insap brow…malu atuh sama kang iwan abdulrahman..kalian cuma ditakuti ngga lebih org takut sama ANJING!!!!
    yah memang sampe segitu aja derajat low pada….hehehehe

    guk guk ..

    Reply

  171. 1622 at
    Sep 13, 2008 @ 07:50:57

    salut bwat pepz atas pembelaannya pada kehidupan geng motor di bdg…

    kalian yg menghina tidak lebih dari seorang penjilat…
    saya yakin anda jg pasti pernah berhubungan dengan geng motor….

    daripada kalian jd penjilat…mending jilat aja pantat saya..
    hhahahahaha…..

    Reply

  172. z-bret
    Oct 10, 2008 @ 19:41:57

    haiiiiiiii ko orang ha wat susah orang lain aj mau kemana2 takut coba ko pikir bandung daerah wisata,kenapa kau kotori dg kelakuan setan kamu ah dasar babi xtc terutama

    Reply

  173. z-bret
    Oct 10, 2008 @ 19:57:59

    tapi, saya mah lieur euy,naha aya gang anu bageur,lamun bageur mah bere atuh saeutik duit jang ulin kakota ih,,,,,ka akang2 gank sterrrrr nyungkeun cicis ih,,,,, hahahahah

    Reply

  174. Tet_BRZ
    Oct 13, 2008 @ 03:09:25

    Halo semuanya ulah ngomong doank…ngahuntu ngahuntu komo sia XTC(exel to cucus), aing hayang di serang sok datang sia ka BANJAR
    !!!!!!!! monyet TAI
    aing nyaho sia bencong….. lewat ka banjar baju pake anjing lain di sumputken dasar anjing TAI… trus barudak XTC banjar mana aing hayang neleu …. bencong sia saruana jeng BLACK BARON ngaku geng ster teu nyaho club motor lokal anu loba cucungah…………………………………

    minal aidin………………………………………….. keluarga bandung
    salam bwat Abang CPt di bandung, Tet Kangen… baksosnya seru bwangt walaupn jauh tp Tet bangga bisa bareng abang…

    BANJAR.

    Reply

  175. z.bret
    Oct 16, 2008 @ 16:29:20

    hiiii… Tremor tolol gue z,bret.lho memang tolol yah,udah tau xtc bikin onar di bandung,ini minta mau di besarin ke jawa timur,kalau kamu mau kita berantas premanisme di negri kita,kolo lho mau ktemu gue lu kirim email nanti aku kol lho,gue zbret dari bandung yang anti dg gangsterrrrrrrrrr,aku mau duel dg ketua xtc ato gua mau balap dg ketua xtc ini no tlp gue 0223662842

    Reply

  176. z.bret
    Oct 16, 2008 @ 16:30:09

    hiiii… Tremor tolol gue z,bret.lho memang tolol yah,udah tau xtc bikin onar di bandung,ini minta mau di besarin ke jawa timur,kalau kamu mau kita berantas premanisme di negri kita,kolo lho mau ktemu gue lu kirim email nanti aku kol lho,gue zbret dari bandung yang anti dg gangsterrrrrrrrrr,aku mau duel dg ketua xtc ato gua mau balap dg ketua xtc ini no tlp gue 0223662842

    Reply

  177. z.bret
    Oct 16, 2008 @ 16:31:44

    haiii GBR LBG salam kenal,aku mau jual tai anjing kamu mau beli ga

    Reply

  178. z.bret
    Oct 16, 2008 @ 16:40:01

    haiiiii cui betui eui saya dukung lho punya tulisan gue mememag suka,kita jangan tkt dg anjing yang menggonggong sebetul nya ia ga gigit-sperti gangster dia berani karena banyak masa,tapi kalo di ajak duel satu2 di ga berani,tapi kita punya masyarakat yang lebih banyak qty nya,kenapa kita ga bersatu untuk memberantas gangsterrrrrrrr bandug dg dukungan yang berkuasa,sekalian kita libat kan,tentara kita,demi keamanan negri kta yang indah ini,cui tlp aku

    Reply

  179. zbret
    Oct 17, 2008 @ 15:30:51

    haiiii BRIGEZ selamat atas tertangkap nya otoi.hahah.ko ada panglima gang seorang tukang parkir,yang saya tau,gang ditangkap,karena kasus nar koba,ini di tangkap masalah rebutan tempat parkir,dasar bodoh,sama dg pengikut nya,dan saya saran kan untuk gang motor,cepat lah ko mampus gue ga suka ada gang di indonesia,dasar babi lho pade

    Reply

  180. zbret
    Oct 17, 2008 @ 15:37:02

    haiiiii. Tet_BRZ lho juga babi,ngomong aja kalo lho berani datang lah.aku orang nasyonal bukan gang,tapi kalo hanya mau lumpuhin gang gua mau gabung dg siapa pun tapi, dg cara yang betul,siapa saja ajak perang dg gang di bandung aku mau,ajk aku,sodara ku,kalo mau berantas gang,kita jangan takut,kita kumpulin masyarakat bandung kita tangkap preman dan gang di bandung,kita jadikan bandung yang aman dan indah tanpa ada nya gang.jangan lupa kalo ada yang mau berantas gang tolong tulis dalam forum ini,kita jangan takut mati,nyawa kita ada yang mengtur nya,berdo.alah mudah2han para gang di bukakan hati nya untuk bertobat

    Reply

  181. zbret,,
    Oct 17, 2008 @ 15:46:05

    haiiiii. Tet_BRZ lho juga babi,ngomong aja kalo lho berani datang lah.aku orang nasyonal bukan gang,tapi kalo hanya mau lumpuhin gang gua mau gabung dg siapa pun tapi, dg cara yang betul,siapa saja ajak perang dg gang di bandung aku mau,ajk aku,sodara ku,kalo mau berantas gang,kita jangan takut,kita kumpulin masyarakat bandung kita tangkap preman dan gang di bandung,kita jadikan bandung yang aman dan indah tanpa ada nya gang.jangan lupa kalo ada yang mau berantas gang tolong tulis dalam forum ini,kita jangan takut mati,nyawa kita ada yang mengtur nya,berdo.alah mudah2han para gang di bukakan hati nya untuk bertobat..

    Reply

  182. Brigez Sarijadi
    Oct 17, 2008 @ 21:10:59

    Oi….. kabeh geus ah era lamun pa loba2 nga bacot, kadieu wani mah SARANG AINK DI HANDAPEUN SMPN 26 BDG

    Reply

  183. ......
    Oct 21, 2008 @ 14:52:04

    salut, keren and pemberani.

    tapi kalo saya memahami tulisan anda masih ada yang kurang kira kira 10%, menurut penilaiyan saya anda telalu banyak bertanya kepada anggota geng dan yang ditanyakan adalah gengnya sendiri, kalou menurut saya akan berbeda dan lebih lengkap jika anda melihat secara dekat dan menterjemahkanya sendiri agar bisa menjadi pertimbangan dari apa yang andadapat.
    itu mungkin masukan dari saya
    saya bisa memberi nilai karna saya pernah terjun dalam anggota geng pada tahun 90han.
    sukses terus geng motor bandung jangan tawuran melulu yang di utamakan balapnya donk mana tajinya kota bandung di dunia balap nasional masa sekarang kalah ma kota lain. mari kita cari nama lewat prestasi

    Reply

  184. The PepZ
    Oct 27, 2008 @ 13:45:06

    buat para pembacot2 ngawur udah deh,skrg bandung lg kondusif.jgn lg dkotori ama omongan2 yg cuma bikin kacau lg bandung.lo liat semua bandung skrg adem ayem.napa coba?krn genkster bandung cinta bandung dgn dibuktikan kurangnya angka kriminalitas di bandung tp itu bukan berarti semua kriminalitas di bandung genkster yg buat.oknum bro!!!!makanya para pemirsa jgn dulu ngejudge genkster itu pada jahat.Tiap organisasi pasti slalu ada yang namanya oknum baik itu di kepolisian,pemerintahan,kejaksaan dll.apa para petinggi2 kepolisian ato pemerintahan dan kejaksaan mau di salahin cuma gara2 kesalahan anak buahnya?jwbnya pasti TIDAK!!!jd itu menandakan bahwa genkster itu cma manusia.seorang ulama jg pasti berbuat salah kok…
    boleh lah akang2 komentar seenaknya tp pake otak donk,ngomong sih gampang tp kalo ngak tau mslhnya wong jgn bicara seenaknya…
    buat anak XTC,M2R,GBR ato Brigez jgn kepancing ama omongon kosong doank!believe what u do and make this town proudly and peace…with some thing positive.dan jgn mau disebut genkster!
    peace need sacriface…so let your family,friend be proud
    XTC,M2R,GBR,BRIGEZ itu sama kita adalah saudara,sa ranah sunda.
    dan knpa kita ngak bikin aja “club motor bandung anti korupsi”biar yang korupsi tau akibatnya di eksekusi ama kita.di pengadilan boleh bebas tp di jalan MATI!!

    peace and love
    The PepZ SEXYROAD

    Reply

  185. tongo gandola
    Nov 08, 2008 @ 15:53:42

    menurut sayah……….
    gangster di bandung pada tai kabeh,,,,,,,,,,,,,,,!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    kumargi ngaganggu katertiban sareng osok ngarempug…………..yuk akh at0zzzzzzzzzzzzzz..
    salam sport t0ng0 gandol4….sang pengganggu kanjut

    Reply

  186. GBR IRON'X
    Nov 15, 2008 @ 09:13:27

    Masih belum selesai juga aksi kebrutalan di bandung yach….Malu donk-malu donk……Toh apa pun yg kalian perbuat semua itu hanya memperkeruh suasana….Gimana mau aman indonesia ku….

    Kalo bisa kepada pemula2 grab on road and para senior nya gak usah kepancing ama amarah2 yang tidak menentu..biarkan polisi yg menuntaskan semua ini ok…..jangan nambah memperkeruh suasana kalo tidak mau ketiban batunya.Cheers Mate

    Kinds Regards

    Iron’x

    Reply

  187. saha wee
    Nov 21, 2008 @ 21:52:33

    buat mbak mulyani hasan, terima kasih atas reportasenya.
    reportase yang anda buat cukup investigatif, dan inspiring, terlebih saya adalah mahasiswa yang sedang mendalami ilmu jurnalistik.
    terus terang saya mengenal beberapa kawan yang sejak smp dan sma adalah “punggawa-punggawa” di “geng”-nya. tapi tidak berapa lama, mereka kapok karena mereka mulai menyadari apa yang mereka dapatkan hanya akan membawa mereka ke titik nol kehidupan mereka.
    bisa dilihat bahwa tidak semua anggota geng motor adalah orang bodoh, mereka hanyalah korban pergaulan di antara kawan-kawannya.
    lihat saja bahasa mereka yang terkesan, menantang satu sama lain dengan ajakan yang provokatif. hanya saja, satu, bahasa nya “bodoh”, dan tidak terpelajar.
    mereka ingin diakui bagaimana mereka adalah orang yang berpendidikan, dan peduli sesama, tapi apakah mereka bisa membuktikan itu kepada masyarakat bila bahasa yang mereka gunakan untuk perdamaian adalah bahasa binatang? tentu tidak.
    ya, mungkin dengan teman sepergaulan, bahasa binatang itu adalah semacam penghubung keakraban di antara mereka. egaliter, dan tidak ada hierarki.
    mereka memeiliki semacam keterkaitan satu sama lain.
    tapi kepada orang lain, persepsi pasti langsung buruk.
    itu yang selalu saya terima, kawan-kawan saya memulai di usia 13-14 tahun, lalu berhenti di usia 16-17 tahun.
    di mana jatidiri yang mereka cari ternyata bukan di sana.
    mereka pun bisa membuka pikiran. bahkan malu untuk disebut mantan anak geng, bahkan “icon” geng sendiri menjadi lelucon di antara mereka bekas anggota.
    sekali lagi, terima kasih bagi mbak mulyani hasan.
    reportase investigatifnya menginspirasi saya untuk lebih belajar mendalami jurnalisme investigatif, dan bisa memulai dari permasalahan gankster ini juga. mungkin apa yang terjadi di bandung belakangan ini adalah proses menuju bandung yang lebih baik. atau bahkan, tenggelam?
    kita lihat saja.
    semoga fenomena gankster ini bisa berhenti seiring dengan berjalannya waktu dan pendewasaan diri di antara mereka.
    semoga.

    PS: saya kerap ditawari masuk geng, tapi apalah gunanya? seribu teman terlalu sedikit, satu musuh terlalu banyak.

    Reply

  188. seven auto racing team 98
    Dec 02, 2008 @ 17:28:13

    buat anak gank jadi lalaki saetik, tonk ngaganggu nu te ngiluan, teang lawan maneh sorangan, buat riza and brother, abah, andri (xtc anatpani), tile 7 (brigez 7), kumaha daramang, insaf kang geus kolot, aing oge lieur neangan duit keur jajan budak………Karade dijalan salam ti aink.

    Budak 7 angk 98

    Reply

  189. DON VICENTO
    Dec 06, 2008 @ 09:20:22

    jeng sakabeh nu ngarasa jago.ngarasa gagah boga titel genk sagala macem, kudu inget papatah “diatas gunung yang tinggi pasti ada yang lebih tinggi”.
    aing salaku katurunan ti panguasa tatar sunda ges te nyaman daerah aing di jien onar ku barudak gang letik miskin tapi ngaku ges jaya.
    aing mere peringatan, ayena gera BUBARKEN organisasi teuguna nu diaragungken ku saria.saacan aing nu turun tangan.

    ULAH NGAREMEHKEN IEU PARINGTAN AING.
    PANYESALAN MOAL DATANG DI AWAL !!!!!

    Reply

  190. AZKIA
    Dec 18, 2008 @ 02:20:50

    GW BENCI BANGET MA YG NAMANYA GANGSTER APALAGI GBR TAI ANJING LO SEMUA GARA2 LO GW PISAH MA COWO GW N DIA SELINGKUH MA CW GBR SETAN TUH PELACUR DAH NGEREBUT COWO GW EH BIKIN COWO GW TERJERUMUS AMPE COWO GW HARUS NGAWININ DIA GARA2 HAMIL! NAMA CW TUH INTAN DESI ( IDES ) ANAK PADALARANG DULU DIA SEKUL DI PASUNDAN 1 CIMAHI TAHUN 2006-2007 BUAT PARA COWO DIA JABLAY GBR YG SUKA DI GILIR GW HARAP SI PELACUR TUH MATI! AND COWO YG PERNAH GW SYG N KEJEBAK NAMANYA ANDI SUWARDI ANAK CIBOGO CIMAHI GW KASIAN MA DIA KARNA TEMEN2NYA DI SMA 2 CIMAHI DIA JADI IKUT GBR DENGER HEI BUAT LO PARA SO JAGOAN GANGSTER MIKIR BOKAP N NYOKAP LO TUH SUSAH PAYAH NGURUS EMANG LO PIKIR DENGAN KAYA GITUH LO JADI JAGOAN? GAK TAU LO PENGECUT !!!! KLW LO JAGOAN GAK MUNGKIN LO IKUT GANG YG BERANINYA GEROMBOLAN BENER GAK APA KATA GW? YAKIN BANGET GW LO PADA BAKALAN TETEP SENGSARA! ALLAH MAHA ADIL GW SLL BERDOA MA ALLAH SUPAYA LO SEMUA PADA SADAR N NINGGALIN GANG INGET KASIAN BONYOK LO KLW LO MASIH IKUT GANG BONYOK LO SEMUA GAK BAKALAN BISA MASUK SURGA COS ALLAH BAKALAN NYALAHIN BONYOK LO KARNA GAK BISA DIDIK LO SEMUA! ALLAH BAKALAN MURKA BUKAN GW SO SUCI N NGERTI AGAMA TAV TUH NYATA YG GW ALAMI
    KEJADIAN TUH

    TERJADI SAAT GW MASIH SKUL TAHUN 2005-2006 GW PACARAN MA ANDI AMPIR 2 TAHUN DIA ANAK SATU2NYA N GW DH DEKET MA SELURUH KELUARGANYA AWAL HUBUNGAN GW M ANDI BAIK2 AJA AMPE DI JANJI PENGEN NIKAH MA GW PAKE NAMA ALLAH! APALAGI BONYOK DIA DH SETUJU N ORANG TUA QT BERDUA DH SALING TAU 1 1/2 TAHUN QT HUBUNGAN SEMUA BERUBAH MLM MINGGU DIA GA K RMH LAGI GW SEMPET CURIGA PAS GW SELIDIKI GW KECEWA DIA IKUT GANG GBR N TUH AWAL MULA DIA BUAT DOSA DIA NINGGALIN GW DEMI CW NAMANYA IDZ GW SEMPET GAK NERTI N BONYOK DIA JUGA SEMPET GAK NERIMA APALAGI GW TAU DARI TEMEN SEKUL SI IDEZ KLW IDEZ SUKAMINUM2 N DIGILIR MA TEMEN2 GBRNYA GW KECEWA N KASIAN M ANDI!
    KARNA GW GA TAHAN MA SEMUA NH AKHIRNYA GW PINDAH KE LUAR KOTA AMPE SAAT NH GW MASIH SYG MA DIA GW SEMPET DENGER KABAR DIA MERIED M TU PELACUR BEBERAPA BULA SETELAH CW TH LULUS SEKUL TAHUN 2007 PAS GW BARU PINDAH 5 BULAN DARI BANDUNG DENGAN UMUR ANDI YG MASIH 19 TAHUN HARUS NGAWININ TUH PELACUR COS TUH PELACUR HAMIL GW MAKIN ANCUR AJA PRUSTASI GW SL BERDOA SUPAYA MEREKA DAPET BLSANNYA N TERJADI DIA SEKARANG IDUP SENGSARA SEORANG ANDI DARI ANAK BERADA N IKUT GANG SEKARANG HARUS KERJA DI PABRIK! N 8 OKTOBER 2008 K MAREN GW MUTUSIN TO MERIED DIA KAGET DENGER GW MERIED
    BAHAGIA BANGET ALLAH ADIL ORANG YG TERANIYAYA DULUNYA DI BLS DENGAN KEBAHAGIAAN DAN MEREKA YG BERBUAT DOSA AND TELAH NYAKITIN GW SENGSARA . ( GW CERITAIN INI SEMUA SUPAYA JADI CONTOH BUAT LO SEMUA SUPAYA CEPET SADAR AND NINGGALIN NAMANYA GANGSTER KARNA LO SEMUA MASDIH DI KELABUI MA YG NAMANYA JATI DIRI YG BELUM KOKOH LO SEMUA PERCAYA NH NYATA N GW HARAP LO SEBAGAI COWO JANGAN JADI PENGECUT YG NYAKITIN CW SUATU SAAT LO SEMUA BAKALAN JADI ORANG TUA BAKALAN PUNYA ANAK GIMANA PERASAAN LO KLW DI LUNJAK M ANAK LO KLW ANAK LO JADI ANAK GAK BERGUNA KLW ANAK LO JADI PENJINAH, PEMBUNUH DAN PENCURI LO MAU GAK KAN SADAR SEBELUM LO MATI PERNAH JUGA KAKANYA TEMEN GW DIA IKUT GANGSTER XTC MATINYA SIA2 ADA YG BILANG OVERDOSIS N ADA YG BILANG DI TEMBAK MA GANG LAIN
    PENGALAMAN PAHIT NIH BKLN GW SIMPEN

    ( ANDI GW MASIH SYG MA LO AMPE SAAT NIH WLW GW DH MERIED N LO JUGA GTH TAV JAUH DI LUBUK HATI GW, GW SYG BANGET MA LO ANDI N MAKASIH ATAS CINTA, KASIH SYG N ROMANTISNYA LO MA GW SEMOGA ALLAH NGAMPUNIN LO ) W174ND!

    Reply

  191. AZKIA
    Dec 18, 2008 @ 02:26:23

    W174ND – DITA – TOT NDOT
    GW MASIH SYG MA LO

    Reply

  192. peaceLovers
    Jan 01, 2009 @ 08:21:34

    assalamu’alaikum wr.wb.

    bwat mbak MH, articel’a bgus…n_n
    bwat smwa yang BENCI gankster, kalo gak bisa diskusi mah EKSEKUSI langsung!!!!

    hidupkan cara tembak mati seperti rezim suharto dulu!!!

    mereka gak akan inget tujuan idup karena doktrin gankster..

    peaceandlove…bandung the dream city will going down if the gankster still alive…so send they to the HELL

    Reply

  193. IRON"X GBR
    Jan 06, 2009 @ 04:01:19

    Hi to everyone,

    Happy new year 2009,take the best in 2009 until forever…..
    no body is perfect in the world,every thing is need to do it…which way you want for this life….(BLACK or WHITE),the black can be white and white can be become black………conditional on our self……!!!

    Luck on the front always to all you there…

    My Best Regards to:GBR,BRIGEZ,XTC,M2R,BROTHER HOOD and to all of motor club in flower city bandung…..peace is the better way..

    Cheers Mate

    IRON’X

    Reply

  194. muklis
    Jan 06, 2009 @ 04:27:13

    Hy…bWt sMua gEnk mTr..
    Ap enak’y ce ikt gEng????
    lbih baik klian damai…

    by anak indonesia…

    Reply

  195. incu_sasmitha
    Jan 06, 2009 @ 08:12:32

    ken we atuuuch……………
    bandung mah kotana barudak ngora!!!wajar we atuuuuh Lur!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    sanes jakarta.sanes jawa..
    tp parijs van java………..

    Reply

  196. AZKIA
    Jan 07, 2009 @ 08:32:59

    HI GIMANA NH KABAR KALIAN SEMUA ANAK2 GENK DH PADA SADAR LM? CPT2 TOBAT NTAR KEBURU KIAMAT

    Reply

  197. teamsector32
    Jan 08, 2009 @ 14:46:16

    met ultah bwan nak2 xtc… dar1 aq penggemarmu
    xtc cimahi sector32

    salam bwat alm kang odang
    semoga qt bertemu ditemat yang lebih baek…
    amien..
    salam
    bwat nak2 nanjung
    bwat the dados
    bwat tile
    bwat bendot
    bwat alvin the bolor hehe si nyali yahut
    tp ktnya dag tobat (bagus2)

    Reply

  198. LORD OF SUNDA BESAR
    Jan 15, 2009 @ 12:59:59

    APA BEDANYA GANGSTER SAMA PARTAI?
    GANGSTER MAH BUDAKNA PARTAI MAH KOLOTNA
    SARUA WAE SALING SIKUT LOBA CONSPIRACY…RIWEUH LAH

    ANU “RADA” TEU RIWEUH MAH NYIEUN KASENIAN, BUDAYA

    CIK ATUH GANGSTER & PARTAI TEH RADA PEDULI KANA
    SADAR BUDAYA…MEH URANG JADI KOTA BUDAYA,
    LUMAYAN AYA PEMASUKAN TAH KA KOTA BANDUNG…

    SOK ATUH TI MULAI AYEUNA
    DEDENGKOT GANGSTER & PARTAI TEH JADI RIVAL DINA SENI DAN BUDAYA, MINIMAL URG TEH GEUS SUMBANGSIH KA MASYARAKAT…

    SABULAN SAKALI ATUH NYIEUN KARNAVAL ATAU FESTIVAL, MISALNA FESTIVAL NGINUM TEH ATAWA KEUR PENGHIJAUAN JEUNG TATA KOTA…

    MINIMAL GANGSTER & PARTAI TEH BISA NGABENAHAN TATA KOTA

    SOK TAH MUN CEUK URG MAH PIDUITEUN HUNGKUL TAPI BAROKAH…
    MUDAH2AN BISA NGUNDANG TURIS MANCANEGARA ATUH…

    to prabusiliwangi: MENING ARAHKEUN KADINYA ATUH
    BARUDAK TEH…ARI SENI & BUDAYA MAH PUGUH JADI TONTONAN JEUNG PIDUITEUN

    SOK ATUH LAH NU NGARASA JAGOAN URG NGARARIUNG…CIKAN URANG TES KAJAGO URG TEH…NAON YEUH SUMBANGSIH KEUR BANDUNG TANAH URNG TEH?

    KOMO MEUREUN PARA PARTAI NU GEUS DAREWASA
    HAYU AH URG BABARENGAN

    URG MAH EUWEUH NANAONAN LAH DI PAYUNEUN GUSTI MAH…
    MINIMAL URG GEUS SUMBANGSIH JANG MASYARAKAT..

    Reply

  199. alldian
    Feb 05, 2009 @ 01:11:21

    we lu wa kasi tau aja y buat geng itu tidak akan menjadikan kita menjadi sukses jadi lo buat geng yang bener ok ingat -ingat tinggggg!!!

    Reply

  200. dennis
    Feb 23, 2009 @ 11:16:41

    untuk para anak bandung sadayana,udah atuh arenggesan,buat xtc,brigez,gbr dll,tetap exist,tapi positifnya,tah sakitu weh…………… hatur nuhun

    Reply

  201. Seseorang
    Feb 27, 2009 @ 04:56:32

    Mbak Mulyani Hasan are The Best of The Best!! two thumbs up!!

    just a lil’ bit word for those Gangs,

    daripada ngerusuh,bikin onar dll dan bikin sakit hati masyarakat, mending XTC,GBR,M2R & Bridgez gabungan,hilangin dendam bikin perdamaian. trus jadi organisasi pelindung masyarakat deh,ngelindungin masyarakat dari ketidak adilan hukum di negeri kita,menurut gw prbidadi sih begitu. yaaa bisa diliat sendiri deh,Maling Ayam ketangkep bisa dikurung bertahun-tahun,Pejabat Korupsi bisa cuma sebulan langsung lepas lagi hahaha gokil ye sob! trus belum lagi oknum” polisi yang maen tangkep” ajah trus (maaf) Polisi yang dijalanan yang maen tilang” ajah demi terisinya perut ckck oh iya! para (maaf) satpol- pp juga begitu,maen rusuh” ajah tapi yang dirusuhin tuh masyarakat yang gak berdaya,kasian tau hahaha. emang sih menurut gw untuk mewujudkan KHAYALAN SEORANG ANAK BERUMUR 15 TAHUN INI,gak semudah membalikan tangan. yaaa tapi paling nggak bisa jadi masukan kaan buat abang” Gangster? oh iya satu lagi! gw ada ide! kenapa gak kalian yang anggota” gangster bertindak kayak para anggota gangster di amerika sana? menumpahkan kekesalan,cerita dan pengalaman pahit&manis selama menjadi gangster ke dalam musik Rap! hehe :D berkarya sambil nyari uang gaada salahnya dong! HALAL LAGI! yeekaaan sob!? ;) yaaa itung” mengangkat image hiphop indonesia keatas biar lebih diakui sama masyarakat negeri dan juga international! (duh jadi promosi nih) btw, di amerika udah gak asing lagi tuh yang namanya GANGSTA-RAP! naah saatnya kita juga gak mau kalah yeekaaan bro! ;) hehehe

    buat semua Gangsters XTC,M2R,BRIGDEZ,GBR

    YOU ARE SO DAMN COOL!! keep it real! and G’s Up! Government Down! and Fuck The Street Police!

    O.B.F 4 LIFE!

    Reply

  202. Frank Schultz
    Mar 09, 2009 @ 05:26:40

    ah pokoknya mah itu yang namanya geng2ngan bantai abis aja sampe ke akarnya…! tanem lagi ideologi nasionalis pancasila! biar mereka gak lawan orangtua…!

    siapa yang bilang gak kampungan! wong orang kampong aja gak suka malak orang kok! bahkan orang kampong lebih menghormati 1 sama laen!

    lo brenainya keroyoklan… beranionya lawan orang sedikitan…

    gua pernah dirampok hape gua… padahal gua mau jalan ke sekolah gua… gua niat baek mau belajar eh si fu*cked his mother dateng bawa motor 2 an… malak dia! bawa lari hape gua (kayaknya mau dipake malem mingguan ) kan sial juga tuh!

    cik atuh geng motor teh… dibikin organisasi yang bener2 MENGHARUMKAN Nama kota bandung!!!!

    gak sadarkah kalian! coba tanya masyarakat tentang image genk motor…. baikkah? atau burukk!!! apanya yang solidaritas…. dengan membunuh kah? ingat siapa kalian…! mungkin

    SAAT MUDA KALIAN RAJA JALANAN…..

    INGAT SAAT UDZUR… RAmBUT PUtih menjelang ajal

    DAn iNGAT SAAT DI LIANG KUBUR!!! kalian bakal liat siapa “raja” yang sebenernya…..!!!!!

    hi… bersatulah para gank!!!!!!!!!!!

    lindungi kota bandung! jangan banyak bacot sambil ngentot pacar lO! bikin onar… gua salut pada ex-gangster yang tobat…

    gua harap lo semua pada insap… jangan pernah lo rusak kota bandung kebanggan indonesia!!!!

    Reply

  203. MAHARDIKA
    Mar 16, 2009 @ 09:54:51

    Daripada ribut dengan bangsa sendiri, mending ribut dengan ISRAEL…..

    Reply

  204. kaka
    Mar 16, 2009 @ 12:45:14

    goblok abis!!!!!!!

    klo emng mreka suka keributan, kirim aja ke israel jd bom bunuh diri… drpda di negri sendiri… bego!!!!

    Reply

  205. ekky
    Mar 17, 2009 @ 09:37:36

    anjing lah geng motor mah..cuman bikin susah..

    Reply

  206. XTC_KEMBAR
    Mar 19, 2009 @ 10:03:35

    XTC is number 1

    Buat semua yang berjiwa XTC tetap berjuang dan semangat utk mengibarkan bendera putih-biru muda-biru tua di bandung.
    kita saling mendukung krn kita adlah satu organisasi XTC.

    .GILENT THE SXY ROAD.

    Reply

  207. XTC_KEMBAR
    Mar 19, 2009 @ 10:03:40

    XTC is number 1

    Buat semua yang berjiwa XTC tetap berjuang dan semangat utk mengibarkan bendera putih-biru muda-biru tua di bandung.
    kita saling mendukung krn kita adlah satu organisasi XTC.

    .GILENT THE SEXY ROAD.

    Reply

  208. ZEVretz
    Mar 24, 2009 @ 11:01:23

    Saya anak taziek,saya sebenar’y resah banget am gang mtor
    apa lg skarng geng mtor udh merambat ke kota tazik,smw warga taziek trutama pd orang tua yang memiliki anak lelaki,saya minta tolong agar anak’y di jaga jangan sampai mreka masuk geng mtor yang ank2′y pd aranjing semua.
    …………….PEACE IN TAZIEK………………

    Reply

  209. viola
    Apr 08, 2009 @ 09:05:34

    mudah2an para anggota gengster manapun cepat sadar dan bertobat… kasian orang tua kalian yg menyekolahkan dan membiayai sekolah kalian bukan untuk jadi orang yg tidak berguna… jangan mengikuti langkah setan yg akan membawa kepada kesengsaraan yg nyata.. ingat hari pembalasan di akhirat nanti… semua manusia akan berkumpul dan di mintai pertanggung jawabannya selama hidup di dunia… sebelum malaikat mencabut nyawa lakukanlah yg terbaik hanya semata-mata untuk mencari ridha Allah swt… semoga Allah melimpahkan rahmatnya ke pada orang-orang yg mencari kebenaran dan memperbaiki diri… amin.

    Reply

  210. udeh
    Apr 17, 2009 @ 08:16:03

    ceuk urang mah,mun ereng tarung hiji-hiji atuh.
    tong wani na maen kroyok wae..eta gengster sajati..

    Reply

  211. romi
    Apr 17, 2009 @ 08:22:00

    paeh wae sia gengster gengsteran… ingat agama.. bentar lg juga pada mati.. kapan mau tobat!!!! anjing kalian gengster babi!…hidup mulia di dunia belum tentu hdup mulia di akherat…pokonya paeh ajj lah dripada bikin dosa trus … pilihannya cuman dua , mati sekarang atau tobat sekarang …

    Reply

  212. romi
    Apr 17, 2009 @ 08:26:18

    buat anak gengster sjati,satu lawan satu,bukan kroyokan…kalian bukan seorang gentle man,kalo bisa nya rusuh dan kroyok …

    Reply

  213. Trackback: Geng Motor « Kupatahu28’s Blog
  214. gilarjodi
    Apr 28, 2009 @ 05:25:37

    ini nyata, saya pernah ngehajar 5orang anak geng motor entah apa namanya waktu taun baru 2005!
    waktu itu saya lagi dlm perjalanan pulang dari dago ke arah moch. toha, nganterin pacar saya waktu itu, trus kita berenti sebentar dideket sekolah saya di gardujati buat beli rokok di kios,,

    nah dari situ kita trus lurus lagi tapi waktu diperempatan cibadak tibatiba ada 3motor yg nyelonong dari samping dan nabrak motor saya, saya langsung berenti dong,,
    dan nggak pake turun dari motor, saya buka helm saya trus langsung hantam kepala pengendara motor1 sampe bedarah trus pembonceng motor1 turun tapi belum sempet dia ngedeketin saya, helm yg saya pegang uda mendarat dikepalanya, darah keluar lagi,,

    saya turun dari motor, pacar saya bawa motor saya kepinggir trotoar, ada 2motor lagi yg berenti dan mereka bertiga langsung lari kearah saya, beruntung karena pacar saya mutusin buat nggak diem aja dan jadi penonton setia, dia langsung ngebut dan nabrak salah seorang dari mereka dari belakang! she was great, dude, that’s awesome! sisa dua orang lagi, waktu yg pertama ngedeket langsung saya hajar kemaluannya dan waktu dia nunduk kesakitan sambil megangin kemaluannya, saya langsung kasi dengkul ke mukanya,,

    trus tibatiba orang terakhir, nendang saya dari belakang, saya kedorong tapi nggak sampe jatuh, waktu saya balik badan, dia uda siap nonjok saya, tapi saya uda siap, saya tendang dengkulya sampe patah trus saya balik lagi ke orang yg saya hajar mukanya pake dengkul, orang itu saya injekinjek mukanya, beres itu saya samperin orang yg ditabrak pacar saya, dia yg lukanya nggak begitu parah, saya bilang ma dia kalo mo eksis tolong jangan pake kekerasan, kita manusia, mikir dulu sebelum bertindak!

    waktu kejadian sekitar jam03.30pagi, saksi disitu beberapa orang tukangbecak dan satu pengemudi taksi yg lagi berenti buat ngaso, jumlah mereka ternyata lumayan banyak lho, tapi entah kenapa mereka takut buat bantuin kami waktu itu, tapi saya beruntung saya selamat!

    dan buat anakanak gengmotor, liat keluar teman, dunia itu luas, kalo kalian emang punya nyali buat ngebakar jalanan dg adrenalin kenapa nggak nyoba ngebakar api revolusi?!!

    Reply

  215. gilarjodi
    Apr 28, 2009 @ 05:29:42

    oiya, tulisan yg dibikin sama authornya ini juga nggak menjustifikasi, which is i couldn’t do dlm waktu dekat,,
    saya pengin nulis seobjektip mungkin tapi susah, saya masi harus banyak belajar,,
    buat authornya, mari kita bertukar link!~~~

    regards,

    jodieisme.blogspot.com

    Reply

  216. Meneer
    May 08, 2009 @ 02:58:58

    Nama Ane Taji Meneer pingin kontak yang namanya geng XTC dari SMA 7 bandung angkatan 89, mungkin ada yang bisa memberi informasi tentang nama nama sbb; Boneng, Sanders, Peot Ntu, Agung Bobeng, dll sebelumnya ane ucapin Tank you very much

    Reply

  217. smile to the moon
    May 08, 2009 @ 08:37:40

    kbtln sy tidak sebatas tahu tentang genx mtr dbndng,tp sy smpt exsis di dalam khdpn mrk?maaf sy ingin meralat dari artkel yang mba tulis tentang sejarah moonraker, bahwa? sejarahnya itu tidak ada istilah pake lmbng palu arit & kelalawar ? trz dari prtm berdiri wrn bnderanya merah putih biru,

    sy baca kaget “loh.. ko?anda menulis data sejarah tsb dpt drmn, tolong di refisi kmbl artklny “tntng sjrh m2r”

    sejarah tdk main-main loh..

    trimz..

    Reply

  218. GENK TAI MUNCRUT
    May 14, 2009 @ 11:00:52

    ketika melihat pola dan jaringan geng yang menjadi fenomena sekarang, ada tangan2 tak terlihat yang mencoba menghancurkan moral para remaja. saya pikir ini adalah kerja dan pola2 yahudi dalam menghancurkan moral enerasi muda bangsa ini. coba kita liat, anggota geng yang otaknya dipenuhi dengan tai kok bisa memenej organisasi yang begitu rapi sehingga jaringannya dengan mudah menyebar ke daerah lain. ketika umat islam dan bangsa kita sulit dihancurkan dengan kekerasan, maka startegi dengan pemikiran, budaya, brain wash dan indoktrinisasi dilakukan. akhirnya hanya orang2 bodohlah yang otaknya dipenuhi dengan tai yang bisa terpengaruh.. atau gegedugnya yang bernama pepi dan siapa saja yang disebut senior atau elit2nya adalah agen2 yahudi atau orang yahudi.. yang bertugas menghancurkan moral generasi muda bangsa ini, khususnya bandung.

    untuk XTC, GBR, MOONRAKER dan BRIGEZ terutama gegedugna, sianjing pepi.TAROBAT KOPLOK! SENE NARAKA GEUS NGADAGOAN SIA DIJAHANAM…!!!

    Reply

  219. Univ.WidyataMA
    Jun 17, 2009 @ 16:06:18

    Bwat AnggOta Genk Damai Lah.,.,.,.

    aing sorangan budak Brotherhood jarang perang.,.,.,

    Bandung harus bersatu dan membuat nama baik kota paris van java kembali baik !!!!

    BERSATU LAH BANDUNG TERCINTA !!!!!!!

    BERSATU LAH UNIV WIDYATAMA DAN BROTHERHOOD SELAMANY !!!

    Reply

  220. Sarjana Hukum
    Jun 18, 2009 @ 03:39:39

    Wah jadi inget jaman sma dulu pake motor Honda Tiger, sering disebut “belalang tempur” nyerang2 sma lain kayaknya gag ada rasa takut banget..beda banget ama sekarang yang sudah menegerti akan hukum dan sudah menjadi advocat..
    namanya juga kenangan,….

    @My van GRABBER…..

    Reply

  221. D-TeQ'z-GR
    Jul 10, 2009 @ 11:56:59

    yah..bandung lautan gangster..udah mendarah daging.karena udah ada dari dulu banget..disaat gangmotor&gangster dseluruh dunia lagi naik,seperti d jepang tahun 70 gangmotor lagi jaman,d america gangster tahun 70 baru – baru naek,d korea tahun 70 juga sama kaya d jepang sama halnya dengan d bandung tahun 70 ada moonraker..
    saya juga terlibat dalam dunia kaya gini,dan semoa orang juga pasti pernah ngersain nya ,karena ini dah terjadi lama sebelum kita2 lahir juga,jadi bapak2 d bandung pasti pernah ngerasa kannya.hidup didunia gangmotor seperti ngebuk orang &balap2an..
    rata-rata yang saya tanya orang2 tua yang ada d bandung pernah ngerasakan hidup didunia gengmotor..
    ya,setiap orang ada jaman nya mencari jati diri,masa-masa puber,bagi bapak2 yang ngejelek2in gangmotor,seharusnya interpeksi diri dulu,karena kalian juga pasti pernah,bukan hanya dari ikut gangmotor saja,pasti bnyak hal2 yang searah dengan..kya kehidupan gangmotor,
    kita berpikir dewasa ajah,percuma mencaci maki,menjelek2in,sok pembela keadilan,sok ngomongin dosa…kalian juga pasti pernah ngelakuin dosa,emang bagus kalian mengingat kan tapi caranya salah,jangan hanya lewat marah marah gak jelas gak tau tujuannya kemana,lebih baek kalian membuktikannya,dengan cara terjun kelapangan buat menyadarkan nak2 yang masih berusaha berjalan d dunia,kalian yang harusnya dah dewasa seharusnya lebih ngerti,nak2 yang masih belum tau apa2 kaya “api” kalian sebagai orang yang dah berpengalaman jadi “air”nya..buat orang2 yang ngcomment gak jelas maap sebelumnya,bukan nya sok ngajar2in..hnya mengingatkan..sesama

    saya sebagai orang yang ngerasain kerasnya hidup djalanan,sedih,senang,sakit,hidup d dunia gangster,lebih tau dari pada orang2 yang hanya bisa mencomment lewat kata2 gak sopan,yang duduk d komputer,dan hanya hidup tenang,

    kalian tidak tau susahnya hidup,yang kaya gini,ini dah takdir d atas low kami2 masuk kehidupan kaya gini,kalau kalian emang gak suka,kenapa kalian ajah yang menyadarkan kami langsung,bukan lewat2 kata gak sopan,cerminkan dong sebagai yang dah tua dan berpengalaman..

    malu dong sama anak2 seperti saya,berarti anda semoa sama ja kaya nak kecil,ngomong tampa tindakan nol hasilnya,caci maki kata2 gak sopan.gak da gunanya

    tindakan ada gunanya,itu baru orang berpendidikan..dan dewasa

    salam DANGER warrior D-TeQ’z-GR
    salam buat anak2 DGR se indonesia-kita buktiin low kita berkualitas(otot dan otak)

    Reply

  222. D'dod
    Aug 27, 2009 @ 09:27:13

    Ari maneh arek kikituan wae . . . .
    naon resep na sih miluan kos kitu………

    salam dari pejuang pasundan

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: